Cara Apply VISA Amerika

Banyak yang bilang kalau cara apply visa Amerika cukup sulit. Namun bagi Kamu yang harus melakukan perjalanan bisnis ke Amerika atau mungkin tertarik berlibur ke Amerika, harus memiliki visa ini. Jika Kamu mengikuti prosedurnya, bukan hal yang sulit untuk membuat visa Amerika dan kemungkinan pengajuan visa-mu akan langsung disetujui.

Poin-Poin Pengajuan Visa Amerika

Jika Kamu ingin mengajukan visa Amerika non Imigran atau visa turis, ada beberapa poin atau ketentuan yang harus Kamu pahami berikut ini :

1. Bayar Biaya Pengajuan Visa Non Imigran

Kamu harus melakukan pembayaran pengajuan visa untuk non imigran, pembayaran untuk jenis visa turis yaitu USD 160. Cek kurs USD terlebih dulu ketika mau membayar, sebab biasanya berubah-ubah.

2. Lengkapi Aplikasi Visa Elektronik

Untuk apply visa Amerika, Kamu harus melengkapi aplikasi untuk visa elektronik DS-160 untuk non immigrant dengan lengkap.

3. Buat Jadwal Wawancara Online

Kamu harus membuat jadwal untuk wawancara online, sebab untuk sesi wawancara Kamu harus merencanakan jadwalnya lebih dulu.

4. Kumpulkan Dokumen

Harus mengumpulkan semua dokumen yang ingin dibawa ketika wawancara, lalu pastikan seluruh persyaratannya lengkap.

5. Mendatangi Kedutaan Besar Amerika

Jika semua sudah dipersiapkan, Kamu harus mendatangi Kedutaan Amerika Serikat sembari membawa aplikasi untuk visa elektronik DS-160 sebelumnya. Selain itu, bawa serta halaman konfirmasi untuk jadwal wawancara, foto terbaru, paspor yang berlaku dan paspor lama jika ada, serta seluruh dokumen yang dibutuhkan sesuai kategori visa-mu.

Terkait:  Cara Affiliate Shopee

Cara Apply Visa Amerika

Cara Apply Visa Amerika
Tutorial Apply Visa Amerika

Tutorial Apply Visa Amerika Mudah

Untuk Kamu yang ingin mengajukan visa turis atau non imigran, berikut step-step tutorial cara apply visa Amerika :

Step 1 : Pembayaran Visa Amerika Non Imigran

Kamu bisa melakukan pembayaran setelah membuat akun serta memperoleh virtual account yang terdiri atas 16 digit. Pakai 16 digit ini untuk menentukan jadwal wawancara serta pembayaran lewat tranfer via bank CIMB Niaga.

Pembayaran visa Amerika untuk non imigran ini dapat dilakukan di CIMB Niaga menggunakan virtual account dengan nama rekening Bank of America. Kamu harus melakukan pembayaran maksimal 12 bulan sebelum wawancara.

Selain itu, ada beberapa ketentuan yang perlu diikuti terkait tahap pembayaran ini :

  • Prosedur pembayaran visa Amerika dapat diunduh menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
  • Untuk pembayaran visa bisa dilakukan dengan cara perorangan. Kamu tak bisa menggabungkan prposes pembayaran untuk kelompok atau keluarga dalam 1 bukti pembayaran saja.
  • Nominal jumlah biaya pembayaran yang telah ditampilkan pada daftar biaya pembayaran, biasanya dalam bentuk mata uang dollar tapi ketika pemgbayaran harus berbentuk mata uang rupiah.
  • Sebaiknya jangan membayar biaya visa di bank lain, karena pembayaran hanya dapat dilakukan di bank yang telah resmi ditunjuk pihak Kedutaan Amerika.
  • Untuk pemohon visa berjenis C-3, A, G, J dan NATO, serta pemegang paspor diplomatik tidak dibebankan biaya pembayaran visa alias gratis.

Step 2 : Isi Aplikasi Visa Amerika Non-Imigran Online

Cara apply visa Amerika selanjutnya adalah isi aplikasi visa elektronik Amerika DS-160. Jika sudah selesai, silahkan cek lembar konfirmasi yang wajib dibawa saat Kamu wawancara. Pastikan halaman konfirmasi harus di print pada kertas berukuran A4 atau ukuran surat melalui format portrait yang dicetak menggunakan resolusi tinggi. Sehingga staf kedutaan bisa memindah barcode di dalam jadwal wawancaramu.

Terkait:  Cara Affiliate Shopee

Selama mengisi aplikasi pengajuan DS-160 online, pastikan untuk selalu menyimpan data di komputermu. Silahkan isi seluruh informasi yang dibutuhkan dengan benar dan lengkap, termasuk memilih visa non imigran dengan sesuai. Selain itu, aplikasi DS-160 Kamu akan langsung diperiksa staf kedutaan ketika Kamu datang untuk melakukan wawancara.

Jika aplikasi DS-160 kurang lengkap, atau terjadi kesalahan hingga 3 kali kesalahan, maka akan ada penundaan jadwal wawancara. Kamu tidak bisa mengisi tambahan informasi atau memperbaikinya di aplikasi DS-160 saat berada di Kedubes AS.

Berikut beberapa saran yang harus Kamu ikuti agar terhindar dari kesalahan penulisan :

1. Penulisan Nomor Paspor

Sebaiknya jangan diberi jarak atau spasi antara angka dengan huruf pada penulisan nomor paspor. Misal, Kamu harus menulis nomor paspor R111111, dan jangan menulisnya dengan R 111111. Jadi, cek dulu kesalahan spasi pada huruf.

2. Pakai Menu Dropdown

Pakai menu dropdown dalam penulisan kota tempat paspormu diterbitkan dengan benar dan lengkap, sesuai yang tertera pada paspor. Misalnya : Soekarno Hatta atau Jakarta Pusat, dan JANGAN menuliskan “Jakarta” saja.

3. Memilih Jenis Visa dengan Benar

Silahkan pilih visa yang benar, misal jika Kamu ingin melakukan pengajuan visa pelajar, Kamu pun harus memilih jenis F1.

4. Isi Sejarah Pendidikan Lengkap

Jika diminta, Kamu harus melakukan pengisian sejarah pendidikanmu lengkap. Silahkan tuliskan seluruh informasi tentang pendidikanmu, mulai dari pendidikan di SMA hingga pendidikan terakhir.

Step 3 : Atur Jadwal Wawancara Apply Visa Amerika

Langkah cara apply visa Amerka selanjutnya ialah mengatur jadwal untuk wawancara. Bagi yang hanya memperbarui visa, mungkin Kamu memenuhi persyaratan aplikasi tanpa harus wawancara, serta tak perlu lagi hadir untuk wawancara langsung. Kamu bisa membaca tentang informasi Program Apply Tanpa Wawancara. Pastikan apakah Kamu memenuhi syarat untuk tidak melakukan wawancara atau tidak.

Terkait:  Cara Affiliate Shopee

Adapun waktu wawancara sendiri ada setiap hari kerja, yaitu di jam 07.00 serta jam 09.00. Asalkan tidak di waktu hari libur baik untuk libur nasional Indonesia maupun Amerika.

Silahkan masuk ke sistem untuk jadwal wawancara secara online di ustraveldocs.com untuk pengaturan jadwal wawancara. Caranya klik “Go to Schedule Appointment” lalu ikuti beberapa instruksi di web tersebut.

Step 4 : Persiapkan Dokumen-Dokumen Pengajuan Visa Amerika

Cara apply visa Mandiri selanjutnya ialah, setiap pemohon wajib membawa serta seluruh dokumen berikut :

  • Paspor yang masa berlakunya selama 6 bulan.
  • Halaman konfirmasi untuk jadwal wawancara.
  • Bukti pembayaran Bank Permata atau Bank Standard Chartered bagi tiap pemohon visa.
  • Harus mencetak halaman konfirmasi untuk DS-160 di kerta berukuran A4 atau ukuran surat.
  • 1 lembar foto yang terbaru, berukuran 5x5cm dan menghadap depan, berlatar warna putih dan dibuat kurang dari 6 bulan terakhir.
  • Khusus bagi pertukaran kunjungan atau pelajar untuk visa berjenis M, F dan J. Harus melampirkan formulir asli DS-2019, I-20 atau I-20M, bukti kepemilikan dana pembiayaan pendidikan, biaya hidup, serta bukti untuk pembayaran SEVIS.
  • Bagi visa pekerja pindahan atau sementara, berjenis L,H, P, O,Q harus menyertakan dokumen berupa Notice of Action I-797.
  • Jika Kamu sebelumnya tinggal di Amerika Serikat, wajib memperlihatkan berkas yang bisa membuktikan status visa atau keimigrasian, dan dokumen resmi yang berasal dari DHS (Departemen Homeland Security).
  • Catatan pengadilan atau kriminal atas tiap hukuman atau penangkapan dimanapun, meskipun Kamu sudah dibebaskan.
  • Istri/suami dan anak wajib menyertakan akte nikah, akte kelahiran, serta fotokopi visa orangtua/istri/suami yang berlaku.

Itulah beberapa langkah cara apply visa Amerika yang harus dipenuhi, agar pengajuan visa langsung diterima oleh pihak kedutaan Amerika Serikat.

 

 

Related posts