Cara Unreg Kartu Telkomsel

Generasi sebelum kaum milenial, pasti sangat familiar dengan provider milik PT Telkom satu ini. Cari tahu yuk, bagaimana cara unreg Telkomsel. Tapi sebelum itu, kalian perlu mengenal lebih dalam perusahaan tersebut. Pertama kali berhasil diresmikan di tahun 1995, berpusat di kota Jakarta. Baik nama dagang, pemilik, dan organisasi induk semuanya sama. Telkomsel.

Cara registrasi kartu SIMnya tidak rumit. Kalian hanya perlu memasang kartu Telkomsel ke ponsel yang biasa kamu gunakan sehari-hari. Bukan smartphone juga bisa kok. Setelah itu, persiapkan NIK dan nomor KK sebagai kelengkapan informasi data diri. Berhasil melewati kedua langkah sebelumnya, langsung kirimkan SMS kalian ke 4444. Tunggu notifikasi SMS.

Selesai lakukan registrasi kartu, kamu bisa langsung daftarkan untuk keperluan log in ke apk. atau aktivasi m-banking. Karena data diri kalian yang valid sudah tersimpan di dalam sistem, pengguna harus berhati-hati dengan adanya penipuan. Soalnya, di era digital seperti sekarang ini, nomor kamu bisa digunakan sebagai jaminan permohonan kredit online. Bahaya kan?

Cara Unreg Kartu Telkomsel

Cara Unreg Kartu Telkomsel
Cara Unreg Kartu Telkomsel

Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

PT Telkom Indonesia atau yang kerap dikenal dengan brand-nya adalah Telkomsel, baru-baru ini bangun sinyal di Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Sayangnya, hal tersebut belum rampung 100 % dan masih dalam proses peningkatan infrastruktur BTS (Base Transceiver Station). Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang protes akan tangkapan sinyal.

Dinilai masih belum optimal, ya karena masih dalam proses pembangunan. Diharapkan, BTS akan selesai di pertengahan bulan Maret mendatang. Memang tidak bisa diselesaikan dengan cepat. Menilai dari kondisi geografis di daerah tersebut, cukup sulit untuk menerima sinyal. Posisi yang berbukit-bukit membawa challenge tersendiri bagi pihak Telkomsel. Optimalisasi.

Terkait:  Cara Kirim Kuota Telkomsel

Cara unreg kartu Telkomsel yang sudah mati, dapat menjadi solusi untuk mengoptimalkan data diri yang sudah tersimpan di dalamnya. Maksudnya, informasi nomor KTP dan NIK KK. Khawatir, data masih ada dan disalahgunakan oleh mereka yang menemukan. Mencegah, dan memastikan kalau semua datanya sudah terhapus. Ya melalui unreg kartunya. Simak disini!

  • Buka menu pesan yang terdapat di HP kalian masing-masing (bukan aplikasi seperti Telegram, Line, Whatsapp, dan lainnya)
  • Pilih “Buat Pesan Baru”, dan mulai isi bagian kolom teks SMS
  • Ketik format berikut: UNREG#NIK
  • Kirimkan SMS ke nomor operator di 4444 (sama seperti ketika kalian melakukan registrasi di awal aktivasi kartu Telkomsel)
  • Tunggu notifikasinya. Apabila kalian menerima pesan bahwa nomor tersebut telah dihapus. Artinya, proses unreg telah berhasil

Pengguna yang sempat kehilangan nomor tersebut sebelum sempat di unreg terlebih dahulu. Kamu tidak perlu panik. Coba lakukan cara unreg kartu Telkomsel melalui handphone lain. Format yang digunakan masih sama dengan instruksi yang telah dijelaskan di atas. Yaitu, UNREG#NIK KTP kalian. Kirim ke nomor 4444. Nanti, kamu akan menerima notifikasi.

Selain kirim pesan ke operator, kamu bisa membatalkan registrasi kartu SIM Telkomsel via panggilan atau telepon. Caranya, sangat sederhana. Buat kalian yang jarang mengisi saldo pulsa utama, juga tetap bisa mengaksesnya. Pastikan kartu SIM yang digunakan untuk unreg masih berstatus aktif. Bukan sudah hangus karena melewati masa tenggat aktif kartu tersebut.

  • Masuk ke menu telepon di handphone
  • Langsung ketik kode USSD *4444# dan tekan tombol “Call atau Panggil”
  • Layar akan menunjukan 3 opsi pilihan ftur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan
  • Cara unreg kartu Telkomsel berikutnya, dilakukan dengan memilih opsi nomor 3
  • Bertuliskan “UNREG” > tekan tombol “Send atau Kirim”
  • Masukkan 16 digit nomor KTP atau NIK dengan benar > tekan tombol “Kirim”
  • Tunggu sampai muncul adanya notifikasi kartu
Terkait:  Cara Gratis Nelpon Kartu AS

Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Hilang

Hal tidak terduga, memang kerap terjadi dan dapat menimpa siapapun di kondisi yang dirasa aman. Nyatanya, kejadian-kejadian seperti hilangnya dompet, handphone, dan barang-barang berharga lainnya bisa saja dialami di situasi yang tenang. Alhasil, pemilik barang lah yang mendapatkan kerugian besar. Termasuk, kehilangan kartu SIM yang didalamnya banyak data.

Terutama, kontak-kontak penting yang selama ini sering dihubungi. Entah itu untuk urusan pekerjaan, sekolah, maupun kehidupan sehari-hari. Belum lagi, bayangan ancaman kejahatan dari para pihak yang tidak bertanggung jawab. Penyalahgunaan data dan lain hal sebagainya. Menjadi momok besar dan ketakutan sendiri bagi pemilik kartu SIM tersebut. Berhati-hati lah.

Cara unreg kartu Telkomsel yang hilang, dapat kalian simak penjelasan selengkapnya di atas. Kali ini, kamu perlu tahu keuntungan apa saja yang bisa dirasakan oleh user setelah praktek caranya. Ya, selain mendatangkan sisi positif dan negatif. Pengguna dapat lebih aware atau sadar dengan segala kegiatan yang dilakukan olehnya. Terlihat sepele memang, tapi penting!

1. Menghapus Nomor Lama

Karena sudah terlanjur hilang, atau lupa meletakkan kartunya dengan kondisi fisik yang kecil. Soalnya nih, kebanyakan handphone keluaran baru sering kali menggunakan ukuran nano. So, jelas kalau dicaripun pasti sulit ditemukan. Daripada kalian pusing mencarinya, mending langsung hapus saja registrasi kartu SIM tersebut. Caranya, melalui proses unreg Telkomsel.

2. Mengganti dengan Kartu Baru

Ingin ganti kartu, tapi pemerintah telah memberikan batasan ketat kepada masyarakat. Bahwa, setiap orang memiliki maksimal kartu hanya sebanyak 2 saja. Apabila kalian sudah lakukan registrasi di kedua nomor sebelumnya, otomatis tidak dapat digunakan untuk kartu ke-3. Jadi, setelah memastikan data diri kamu terhapus sepenuhnya dari nomor lama. Baru bisa diganti.

Terkait:  Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel

3. Mempermudah Akses ke Berbagai Aplikasi

Selain mengutamakan keamanan yang bersifat privacy, kalian perlu sigap dalam mengambil sebuah keputusan penting. Misalnya saat mengetahui kartu SIM hilang, segera ganti dengan yang baru. Tapi, sebelum itu pastikan nomor sebelumnya sudah terhapus dari sistem. Supaya, bisa lakukan registrasi ulang di kartu baru. Nanti, ubah juga informasi di akun aplikasi kalian.

Umumnya, kebanyakan orang lebih memilih cara log in  ke dalam sebuah aplikasi melalui No. telepon. Selain lebih praktis, kode OTP bisa dengan cepat kalian terima. Contoh, masuk ke Dana. Pada halaman pertama, kalian akan menemukan kolom untuk sign in dengan metode ketik nomor HP. Selanjutnya, kode akan diproses dan dikirimkan sesuai opsi yang kamu pilih.

Cara unreg kartu Telkomsel, membuat akses ke aplikasi tersebut jadi sulit. Kamu perlu daftar ulang untuk memastikan operasional aplikasi berikutnya dapat berjalan dengan baik. Penting kan, melakukan registrasi dan menginformasikan nomor kalian ke platform. Apalagi, buat kamu pengguna m-banking, SMS banking, i-bankingm dan layanan digital perbankan lainnya.

Wajib, untuk melaporkan perihal pergantian kartu SIM atau kehilangan. Supaya, pihak bank dapat membekukan atau menghapus siapa saja yang berusaha mengakses rekening kamu. So, kalau mau tetap aman, memang perlu effort yang sedikit ribet. Kini, kalian sudah sadar kan? Ternyata SIM card memiliki peran yang krusial di kehidupan era digital. Stay safe ya semua!

Berhati-hati di segala situasi itu memang penting. Setelah kalian mengetahui cara unreg kartu Telkomsel, semoga dapat membantu meminimalisir kejadian buruk di kemudian hari. See you on the next topics. Enjoy your days, and love yourself. Bye bye!

Related posts