Cara Upload Video di Youtube

Popularitas Youtube rasanya memang tak pernah meredup. Bagaimana tidak, sampai saat ini Youtube tetap melahirkan banyak Youtuber yang mampu meraup pundi-pundi rupiah dalam jumlah yang fantastis. Inilah yang mendorong para pengguna Youtube merasa tertantang melahirkan video-video kreatif yang diunggah di Youtube. Sayangnya bagi para newbie, masih kebingungan dengan cara upload video di Youtube. Tapi jangan khawatir, karena Youtube termasuk platform yang user friendly, jadi Kamu pun bisa lebih mudah mengikuti tutorialnya.

Youtube memang memberikan angin segar bagi siapapun yang gemar berkarya, bahkan bagi orang-orang yang ingin selalu eksis sekalipun. Karena dengan Youtube, Kamu bisa membagikan aktivitasmu sehari-hari, hobimu, hingga berbagai video tutorial dengan tujuan berbagi atau mendapat ketenaran dengan menjadi seorang Youtuber. Dengan mengunggah video kreatif di Youtube, bukan tak mungkin videomu menjadi viral, atau mungkin saja Kamu bisa menjadi Youtuber terkenal menandingi seorang Atta Halilintar. It’s not impossible!

Read More

Lantas, harus dimulai darimana sih agar menjadi Youtuber terkenal? Tentu saja dengan membuat video-video menarik, menuangkan ide-ide brilian lewat video, dan menguploadnya. Untuk mewujudkannya, Kamu juga harus memiliki subscriber di atas 1000 agar videomu mendapat viewer lebih banyak. Selain itu, faktor lainnya agar videomu cepat terkenal ialah dengan jumlah tayang video. Selain itu, kalau bisa, jangan 1-2 video saja yang diunggah dalam sebulan misalnya, pastikan Kamu selalu mengupload video secara konsisten setiap hari. Buat video sekreatif mungkin yang bisa menginspirasi banyak orang. Ini tentunya lebih menghadirkan impact positif bagi subscriber-mu di samping menjadi terkenal!

Cara Upload Video di Youtube

Cara Upload Video di Youtube
Upload Video di Youtube

Tutorial Upload Video di Youtube

Satu hal yang pasti yang harus dipahami oleh seorang newbie Youtuber ialah, Kamu harus tahu cara upload video di Youtube. Ini adalah tutorial mendasar yang wajib dikuasai. Untuk selanjutnya, Kamu tinggal membuat planning atau merencanakan pembuatan video sekreatif mungkin yang ingin Kamu bagikan kepada subscriber-mu.

Terkait:  Cara Download Video Youtube di Android

Skill yang tak kalah penting lainnya ialah, pastikan Kamu memiliki kemampuan editing video. Seorang Youtuber tentu saja harus tahu bagaimana memiliki video berkualitas, dengan mengedit videonya semaksimal mungkin. Tak jarang, Kamu juga memerlukan software editing video terbaik untuk memberikan hasil video menarik yang mendatangkan lebih banyak viewers.

Dalam cara upload video di Youtube sendiri, Kamu bisa memakai 2 perangkat yang dapat dipilih, yaitu di PC maupun di hp. Untuk lebih jelasnya, mari simak panduan di bawah ini!

Metode 1 : Tutorial Upload Video di Youtube via PC

Pengguna PC bisa mengupload video di Youtube dengan mudah, Kamu hanya perlu mengikuti tutorialnya di bawah ini :

1. Buat Akun Youtube

Ya, langkah pertama yang mesti Kamu lewatin tentu saja Kamu sudah harus memiliki akun Youtube. Silahkan buat channel Youtube terlebih dahulu. Biasanya untuk membuat akun Youtube sangat mudah, asalkan Kamu sudah memiliki akun Google terlebih dahulu, seperti Gmail misalnya. Baru setelah itu, Kamu bisa mendaftar akun Youtube memakai akun Google milikmu. Langkah-langkah membuat akun Youtube lebih lengkapnya bisa Kamu coba di cara membuat akun Youtube !

2. Upload Video ke Youtube

Cara upload video ke Youtube selanjutnya mulai proses upload. Nah, untuk mulai mengunggah video yang sudah Kamu buat, tinggal tekan “upload” di samping kanan lalu pilih opsi “upload video”.

3. Tempatkan Video Pada Halaman Upload

Jika Kamu sudah masuk ke halaman upload di Youtube. Tinggal pilih “Selected Files to Upload”, selain itu bisa juga drag file yang ada di komputer. Kemudian, secara otomatis akan masuk ke layar pengaturan untuk videomu.

4. Isi Deskripsi, Judul dan Tag

Dalam cara upload video di Youtube, Kamu masuk ke halaman pengaturan video dan videomu akan otomatis diunggah ke Youtube namun belum memasuki tahapan post. Silahkan isi kolom deskripsi video, judul video serta tags. Kamu harus tahu bahwa tags dan deskripsi memiliki peranan penting sebagai penjelasan dari video yang Kamu posting/upload di Youtube.  Di sini, Kamu juga dapat mengubah tampilan pada thumbnail video. Caranya tinggal tekan “Video Thumbnail” yang ada di bawah layar.

Terkait:  Cara Klaim Hak Cipta di Youtube

Langkah selanjutnya, isi translation di samping “Basic Info”. Nah, Kamu harus tahu bahwa translation inilah yang nantinya sangat membantu apabila Kamu mempunyai target penonton dari luar negeri yang memakai bahasa asing.

Silahkan geser pada kolom yang ada di sebelah kanan menu translations, selanjutnya Kamu akan menjumpai opsi advanced setting, dan Kamu bisa memakainya untuk pengaturan videomu.

Silahkan atur perizinan komentar dari orang lain untuk videomu pada kolom comments. Biasanya untuk lisensi diisi oleh Standard Youtube License, kategori video, pengaturan batas umur, community contribution dan subtitle.

5. Publish

Jika Kamu sudah mengisi semua pengaturan sampai selesai, serta sudah yakin terhadap video yang ingin diunggah, selanjutnya tekan “publish” di sebelah kanan atas pada layar. Namun untuk bisa publish, videomu harus sudah selesai upload. Sesudah berhasil di publish, selanjutnya Kamu diberikan deskripsi link video yang bisa dibagikan ke temanmu lewat sosial media.

Metode 2 : Upload Video di Youtube Melalui Hp

Bagi pengguna hp juga tak perlu khawatir, karena cara upload video di Youtube menggunakan hp juga tak kalah mudah. Jika kebetulan ingin menyimpan video Youtube yang akan diunggah, Kamu tak perlu memindahkan file ke laptop. Jadi bisa langsung melakukannya lewat hp.

1. Buka Library

Setelah aplikasi Youtube terpasang di hp, dan Kamu sudah membuat channel Youtube, Kamu tinggal memasuki halaman aplikasi Youtube. Silahkan klik “Library” yang berada di samping kanan bagian bawah kemudian tekan Your Videos. Selanjutnya Kamu tinggal mengakses halaman baru. Tekan tombol “Upload Video”.

2. Pilih Video

Pilih “Allow Access” untuk mengakses kamera, file di hp dan microphone di Youtube. Lalu pilih mana video yang diinginkan. Selanjutnya Kamu pun bisa merekam video untuk diunggah di Youtube dengan memilih “Record”.

3. Upload Video ke Youtube

Cara upload video di Youtube selanjutnya ialah isi description, title, privacy, serta setel location. Biasanya hal tersebut berlaku secara opsional tapi cukup penting agar videomu bisa menarik orang lain untuk menontonnya. Tekan upload jika Kamu telah selesai menuliskan deskripsi dan judulnya. Silahkan tunggu sampai proses unggahan selesai.

Terkait:  Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

4. Share Video

Jika video sudah berhasil diunggah, Kamu pun bisa membagikan link url video tersebut untuk dipromosikan kepada orang lain. Pada halaman Videos, tekan menu berikon 3 titik berbentuk vertikal dan pilih share. Ada beberapa opsi untuk memilih platform yang digunakan untuk mempromosikan video tersebut.

Itulah 2 cara upload video di Youtube yang bisa dipilih, baik memakai hp maupun PC tergantung dari perangkat yang Kamu pakai. Selanjutnya, Kamu tinggal berkreativitas membuat video-video menarik di Youtube. Kamu bisa buat video tentang aktivitas keseharianmu, atau hobimu yang menarik yang menginspirasi banyak orang. Semoga membantu!

 

 

Related posts