Cara Reset Modem Indihome

Bagaimana cara reset modem Indihome? Indihome adalah kependekan dari Indonesia Digital Home, sebagai salah satu layanan komunikasi serta data internet. Adapun layanan tersebut meliputi internet, rumah, serta layanan TV interaktif. Bahkan kini sudah banyak rumah yang memasang jaringan internet wifi Indihome.

Hanya saja sayangnya, seringkali pengguna mengeluhkan kendala yang terjadi dalam koneksi internet wifi mereka. Adapun solusi untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan mencoba cara reset modem Indihome menggunakan hard reset.

Read More

Cara Reset Modem Indihome

Cara Reset Modem Indihome
Reset Modem Indihome

Reset Modem Indihome Mudah

Untuk mengatasi masalah jaringan wifi, ada beberapa panduan cara reset modem Indihome yang dapat Kamu coba dari berbagai merk modem berikut :

Metode 1 : Reset Modem Indihome Untuk Huawei

Sebelum melakukan cara reset modem Indihome Huawei, Kamu harus memastikan dulu modem dalam kondisi menyala. Selain itu, Kamu juga harus menyalakan modem memakai tombol power. Setelah menyala, silahkan ikuti panduan berikut :

1. Tekan Tombol Reset Modem

Silahkan tekan lubang atau tombol reset sekitar 3-5 detik memakai benda runcing, semisal tusuk gigi atau jarum jam. Lalu tunggu sampai modemnya mati, kemudian nyalakan kembali.

Terkait:  Cara Reset Indihome

Lalu buka web browser, kemudian login memakai IP 192.168.1.254 atau 192.168.1.1 menggunakan password dan username yang ada di bawah modem yang dipakai.

2. Menyesuaikan WAN Menggunakan Angka Tertentu

Kamu bisa menyesuaikan WAN menggunakan angka tertentu. Kemudian isi nama pengguna atau username memakai nomor internet.

  • Masuk dan Pilih Menu Basic

Jika sudah berhasil login, silahkan pilih “Basic”. Lalu sesuaikan “WAN, VPI/VCI dan isi memakai angka 3/63, dan enable WAN Connection. Lalu sesuaikan bagian pada “Port Binding”, NAT=NAPT, dan Connection type IPoe.

  • Isi dengan DHCP Pada Address Type

Silahkan isi DHCP pada “Address type, Encapsulation Mode LLC, Service type UBR without PCR, serta MTU Auto. Selanjutnya tekan “submit” dan isi 8/81 pada VPI/VCI.

3. Isi Dengan Nomor Internet Pada Username

Cara reset modem Indihome Huawei selanjutnya ialah beri centang di LAN 1 serta LAN 2 SSID 1 kemudian isi username menggunakna nomor internet-mu. Lalu masukkan password yang terdiri dari gabungan huruf serta angka dari pihak Indihome ketika awal berlangganan. Silahkan isi nilai dari PPP MTU menggunakan 1492, sebagai batas maksimal. Setelah itu, pilih opsi “Always on” pada “Session established by” lalu tekan “next”.

Setelah itu, tekan finish dan modem pun akan me-restart lalu tunggu hingga beberapa saat sampai proses selesai.

Metode 2 : Cara Reset Modem Indihome FiberHome

Bagi pengguna merk FiberHome, Kamu juga bisa mencoba cara reset modem Indihome FiberHome. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini :

  • Pertama-tama,pastikan modem dalam kondisi menyala.
  • Silahkan cari lubang berukuran kecil dan bertuliskan reset di bagian belakang/samping.
  • Pakai benda-benda berukuran kecil seperti lidi/pulpen/jarum.
  • Silahkan tekan 5-15 detik hingga lampu indikatornya mati.
  • Lalu tunggu sekitar 5-7 menit.
  • Jika wifi sudah dapat dipakai, sambungkan PC/laptopmu ke dalma jaringan Indihome, kemudian ketik alamat IP di 192.168.1.1 di browser laptop atau PC-mu.
  • Inputkan “admin” pada password dan username.
  • Kemudian lakukan pengaturan Internet Modem.
  • Kamu bisa mengatur ulang password dan username-nya yang baru.
Terkait:  Cara Nonton Drama Korea di Telegram

Itulah 2 metode cara reset modem Indihome yang bisa dipraktekkan ketika wifi Indihome yang Kamu miliki mengalami gangguan.

Cara Mengatasi Gangguan Modem Wifi Lainnya

Selain cara reset modem Indihome di atas, sebenarnya masih ada beberapa cara lainnya untuk mengatasi gangguan pada modem wifi itu sendiri. Ada beberapa kendala yang kerap terjadi pada modem wifi, yaitu tak dapat terhubungnya modem pada internet. Berikut ulasannya :

1. Merestart Modem Wifi

Persoalan yang kerap dijumpai bagi pengguna internet, seperti tak dapat mengakses internet atau kehilangan sinyal misalnya. Salah satu caranya, Kamu bisa mencoba me-restart modem milikmu. Mungkin saja ada masalah yang terjadi pada software modem Wifi milikmu. Jadi Kamu harus mematikannya terlebih dahulu sebentar, sebelum memakainya kembali. Masalah pada modem Wifi seringkali dapat diatasi secara langsung hanya menggunakan cara ini.

2. Restart Hp atau Komputermu

Kamu juga bisa me-restart ponsel atau komputermu. Jika Kamu memakai aplikasi VPN, Kamu dapat menonaktifkannya sementara waktu. Kamu juga dapat melakukan reset di hpmu melalui cara berikut :

  • Masuk ke Setting kemudian pilih General Management.
  • Lalu pilih opsi Network Configuration, lalu pilih reset dan pilih opsi reset network.

3. Melakukan Update Driver

Wifi Indihome connect tapi tak bisa menikmati jaringan internet, mungkin masalahnya tidak selalu pada modem, tetapi juga bisa jadi dari PC driver Wifi-nya yang bermasalah. Sehingga yang harus dilakukan cukup mengunjungi website resmi tergantung dari masing-masing brand laptop. Selanjutnya unduh driver wifi yang terbaru lalu install. Setelah itu, restart laptop kemudian silahkan coba lagi.

4. Memakai Wifi Extender

Kamu perlu mempertimbangkan pemakaian penguat sinyal atau wifi extender. Saat ini, ada banyak wifi extender yang dapat Kamu jumpai untuk membantumu dalam memperkuat distribusi jaringan wifi. Di samping itu pula, melalui penguat sinyal wifi extender, Kamu dapat menikmati jaringan internet melalui jangkauan lebih luas serta fleksibel tergantung kebutuhan. Hal ini tentu saja memberikan kabar baik bagi para pengguna Indihome.

Terkait:  Cara Cicilan Barang di Lazada

5. Letakkan Modem di Tempat Sesuai

Struktur rumah juga ternyata bisa menghadang sinyal ke dalam perangkat yang digunakan. Meletakkan modem di area ruang tengah di dalam rumah pada posisi cukup tinggi, pastinya bisa membantu distirbusi sinyal internet dengan lebih baik. Kamu juga bisa menghubungi teknisi Indihome agar memindahkan modem-mu ke area yang gampang dijangkau.

6. Pilih Paket Sesuai Kebutuhan

Dengan menyesuaikan paket yang Kamu pilih sesuai kebutuhan, tentu saja bisa membuat penggunaan internet menjadi lebih tepat. Tentu tak mungkin jika paket  widi Indihome 10Mbps bisa digunakan dengan nyaman oleh banyak pengguna hingga 10 user. Maka dari itu, Kamu harus menyesuaikan pemilihan paket wifi Indihome ini sesuai kebutuhan supaya tidak menyebabkan lemot atau bermasalah.

7. Jangan Pernah Memberi Password Wifi ke Orang Lain

Password atau kata sandi wifi memang telah menjadi privasi, sebab untuk melindungi sistem keamanan supaya tak banyak pengguna yang memakainya tanpa izin. Selain itu, tak jarang orang bahkan memanfaatkan momen ini. Sehingga penggina atau pemilik wifi Indihome mengeluhkan lambatnya akses internet saat digunakan.

Wajar jika wifi Indihome-mu kualitas jaringannya menurun, akibat banyaknya pengguna Wifi yang tidak Kamu ketahui sebelumnya. Oleh sebab itu, jangan pernah memberikan password wifi Indihome-mu ke orang lain.

8. Mematikan Auto Update

Kita tahu bahwa perangkat yang dipakai, baik itu komputer, laptop atau smartphone, biasanya sudah disematkan layanan auto update. Tak bisa dipungkiri jika fitur yang satu ini membantu meningkatkan keamanan perangkat. Namun sayangnya, dilihat dari isi lain layanan ini dapat menyedot kecepatan akses internetmu. Sehingga diperlukan pengetahuan berlebih apabila ingin menonaktifkan fitur auto-update, sebab setiap perangkat biasanya memerlukan cara berbeda.

Oke, itulah beberapa langkah cara reset modem Indihome dan cara lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi wifi Indihome yang bermasalah. Semoga bermanfaat!

Related posts