Cara Pengembalian Dana di Shopee

Shopee tak hanya menyediakan banyak pilihan produk menarik yang bisa dipilih oleh para penggunanya, tetapi juga menawarkan banyak fitur lainnya. Salah satunya ialah kemudahan cara pengembalian dana di Shopee. Karena Kamu dapat mengembalikan dana di Shopee melalui Shopeepay.

Biasanya ketika pembeli atau pengguna Shopee mengalami masalah terkait pesanannya, seperti kerusakan produk, produk tidak sesuai, orderan tidak sampai atau masalah lainnya, mereka kerap mengajukan pengembalian dana. Jika Kamu mengalami hal serupa, tak perlu khawatir, karena Shopee telah menawarkan cara pengembalian dana di Shopee dengan mudah.

Read More

Kemudahan memakai aplikasi Shopee sendiri membuat para penggunanya enggan berpindah ke lain hati. Sama halnya ketika Kamu dihadapkan oleh hal-hal yang tak diinginkan saat memesan produk di Shopee.

Cara Pengembalian Dana di Shopee

Cara Pengembalian Dana di Shopee
Pengembalian Dana di Shopee

Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee

Sebenarnya ada beberapa langkah cara pengembalian dana di Shopee yang dapat dilakukan. Cara ini tergantung dari kondisi orderan, yakni jika produk sudah diterima, produk belum dikirim, dan produk sudah dikirim. Karena kondisi inilah, metode pengembalian dana di Shopee-pun berbeda. Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa menyimak langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee Jika Produk Belum Dikirim

Untuk mengajukan pengembalian dana di aplikasi Shopee pertama adalah apabila kondisi produk belum dikirim. Apabila Kamu mengalami hal ini, Kamu bisa mengikuti cara pengembalian dana di Shopee berikut :

  • Langkah pertama, silahkan buka Shopee Apps dan login ke akun Shopee.
  • Apabila Kamu sudah masuk ke halaman utama di aplikasi Shopee, silahkan pilih opsi “Saya” yang ada di samping kanan bawah.
  • Lalu di bawah opsi “Pesanan Saya” Kamu akan menemukan opsi “Dikemas”. Silahkan klik pilihan tersebut.
  • Sesudah itu, Kamu akan muncul produk yang telah dipesan melalui rincian detail.
  • Selanjutnya, Kamu tinggal gulir layar ke bawah sampai menemukan opsi “Batalkan Sekarang” lalu pilih opsi tersebut jika dirasa sudah yakin ingin membatalkan pesanan.
  • Kemudian pilih alasan untuk pembatalan dan pilih opsi “Ajukan Pembatalan”.
  • Apabila penjual masih tidak merespon sampai batas waktu proses pengiriman berakhir, pembatalan pun akan terjadi dengan otomatis.
  • Jika pembatalan orderan terjadi otomatis, selanjutnya dana yang telah dibeyarkan pun akan lebih cepat dikembalikan.
Terkait:  Cara Gratis Ongkir di Shopee

2. Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee Jika Produk Telah Dikirim

Cara pengembalian dana di Shopee selanjutnya apabila kondisi produk sudah dikirim. Kamu bisa melakukan pengajuan pembelian dana di aplikasi Shopee dengan langkah-langkah berikut :

  • Kamu bisa membuka Shopee Apps yang telah terinstal di perangkat smartphone maupun perangkat lainnya.
  • Selain itu, login ke akun Shopee dan pilih “Saya” di tampilan utama di bagian pojok kanan samping bawah.
  • Kemudian akan muncul opsi “Pesanan Saya” melalui beberapa opsi di bawahnya.
  • Silahkan pilih “Dikirim” dan pilih orderan yang ingin diajukan proses pengembalian dananya.
  • Setelah itu, Kamu tinggal pilih opsi “Ajukan Pengembalian” di pokok kiri bawah.
  • Lalu Kamu tinggal menunggu respon penjual saja.
  • Apabila produk sudah berstatus proses kirim, penjual biasanya akan langsung menolak pengembalian dana.
  • Sehingga pengajuan pengembalian dana tersebut sebaiknya langsung dikomunikasikan secara personal terlebih dahulu dengan penjual.

3. Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee Jika Produk Sudah Diterima

Jika produk telah diterima, tapi barang yang dikirim tidak sesuai deskripsi. Sebaiknya jangan langsung buru-buru menekan opsi “Pesanan Diterima”. Karena Kamu harus memikirkan agar bisa melakukan pengajuan pengembalian dana pada produk yang telah dibayarkan.

Kamu bisa menghubungi penjual melalui fitur chat lebih dulu. Lakukan pengembalian dana kepada penjual dengan bahasa sopan dan pastikan tidak terbawa emosi. Tujuannya agar penjual dapat menanggapi proses pengembalian dana dengan lebih cepat.

Memasukkan Dana yang Akan Dikembalikan Shopee

Apabila proses pengajuan untuk pengembalian dana di Shopee sudah berhasil dilakukan melalui cara pengembalian dana di Shopee, Kamu tinggal memasukkan dana yang akan dikembalikan Shopee. Shopee menawarkan 2 pilihan yang dapat dipakai, diantaranya dapat dimasukkan ke akun ShopeePay atau ke rekening.

Terkait:  Cara Kredit Hp di Shopee

Diantara kedua pilihan di atas Kamu bisa memilihnya sesuai keinginan. Untuk cara memasukkan uang atau dana yang akan dikembalikan Shopee sendiri, diantaranya sebagai berikut :

1. Mengembalikan Dana Shopee ke Akun Rekening

Jika ingin memasukkan uang/dana yang akan dikembalikan Shopee ke akun rekening, persyaratannya ialah nomor rekening bank-mu telah terdaftar pada akun Shopee. Apabila Kamu memasukkan pengembalian dana ke rekening, maka Kamu bisa menarik dana tersebut lewat ATM apabila sewaktu-waktu memerlukan dana tunai.

Selanjutnya, jika sudah mendaftarkan rekening bank-mu di akun Shopee, selanjutnya ikuti beberapa langkah memasukkan sejumlah dana yang ingin dikembalikan Shopee ke akun rekening. Berikut ulasannya :

  • Langkah pertama, buka Shopee Apps terlebih dahulu yang sudah diinstal.
  • Selanjutnya login ke akun Shopee, dan Kamu pun akan memasuki tampilan utama di aplikasi Shopee. Pilih opsi “Saya”.
  • Setelah itu, pilih “Pengaturan” kemudian lanjut dengan cara memilih opsi “Rekening Bank”.
  • Lalu pilih opsi “Tambah Rekening Bank” kemudian inputkan seluruh data yang telah diminta pihak Shopee.
  • Selanjutnya jika data rekening sudah dimasukkan, tekan “Selanjutnya”.
  • Lalu ikuti proses selanjutnya sampai selesai.

2. Pengembalian Dana di Shopee ke ShopeePay

Selain mengembalikan dana ke rekening bank, Kamu juga bisa mengembalikan dana di Shopee ke akun ShopeePay. Biasanya dana yang telah dikembalikan Shopee secara otomatis akan langsung masuk ke fitur ShopeePay.

Akan tetapi, untuk memakai Shopeepay sendiri persyaratannya harus mengaktifkan layanan ShopeePay lebih dulu. Apabila dana yang telah dikembalikan Shopee telah masuk ke akun Shopeepay, selanjutnya dana tersebut dapat Kamu gunakan langsung untuk berbelanja di Shopee.

Mengenal Garansi Shopee

Garansi Shopee adalah perlindungan Shopee untuk para pengguna, caranya dengan menahan dana/uang transaksi sampai Shopee sampai pengguna mengonfirmasi jika barangnya sudah diterima. Adapun lamanya waktu garansi Shopee biasanya dihitung berdasarkan lamanya pengemasan ditambah dengan estimasi pengiriman. Biasanya dihitung sejak pembeli sudah mengkonfirmasikan pembayaran orderannya.

Terkait:  Cara Jualan Pulsa di Shopee

Selain itu, menariknya masa garansi di Shopee dapat diperpanjang. JIka Kamu belum tahu,m Kamu dapat mengunjungi opsi rincian pesanan untuk menambah garansi Shopee. Selanjutnya tinggal klik “Perpanjangan Masa Garansi Shopee.

Selama masa garansi di aplikasi Shopee, kemudian pelanggan masih belum mengklik “Pesanan Diterima”, pembeli masih dapat mengajukan proses pengembalian dana. Ini artinya, ketika terjadi masalah pada orderan seperti produk tidak sesuai atau tidak dikirimkan, Kamu dapat meminta dananya dikembalikan.

Akan tetapi harus ditegaskan bahwa pengembalian dana  sendiri bersifat mengajukan pengembalian dana ke penjual. Sehingga penjual bisa menolak pengajuan pengembalian tersebut. Akan tetapi, hal tersebut berlaku selama 3 hari, apabila tidak merespon, proses pengembalian dana pun dilakukan sesuai sistem pembayaran yang dipakai.

Apabila Kamu memakai metode pembayaran di Indomaret, transfer bank, ShopeePay atau Alfamart, maka dana pun akan dikembalikan langsung ke akun ShopeePay. Sementara untuk pembayaran selain itu, semisal kartu debit online, kartu kredit, Kredivo dan Akulaku, akan langsung dikembalikan ke tiap-tiap akun tersebut.

Demikian ulasan tentang cara pengembalian dana di Shopee yang bisa Kamu lakukan apabila terjadi permasalahan pada produk yang Kamu pesan. Semoga bermanfaat!

Related posts