Cara Cek Kartu Keluarga Online

Kartu Keluarga (KK) adalah bukti otentik identitas keluarga yang selalu mengalami perubahan sesuai jumlah anggota keluarganya, cara cek kartu keluarga online bisa kalian telusuri lewat ulasan ini sampai akhir.

Bagaimana tidak, pemerintah memberikan layanan pemeriksaan online untuk susunan nama yang memisahkan setiap nama anggota keluarga. Pemeriksaan KK biasanya dilakukan supaya nomor dan validasi data bisa tercantum pada kartu keluarga kamu.

Kamu harus tahu bahwa KK punya bagian penting bagi kehidupan seluruh anggota keluarga selain Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang bersifat perorangan. Akan tetapi, tahukah kalian? Pemeriksaan KK secara online bisa dilakukan lewat beragam metode sehingga kalian tidak dapat bergantung dengan satu tahap yang sama.

Kamu bisa memeriksa KK lewat website resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sampai WhatsApp dari ponsel kalian.Oleh karena itu, kami akan membantu kalian memeriksa KK secara online dengan cepat dan mudah agar data dan informasinya dapat disesuaikan berdasarkan lampiran dari pemerintah setempat.

Kalian tidak perlu mengunjungi kantor pemerintah setempat bila muncul kesalahan pengejaan nama sampai informasi kelahiran setiap anggota keluarga, lantaran kamu bisa melakukannya lewat gadget tanpa harus keluar rumah bahkan antre seperti pemeriksaan secara offline.

Cara Cek Kartu Keluarga Online

Cara Cek Kartu Keluarga Online
Cara Cek Kartu Keluarga Online

Seperti kalian tahu bahwa KK bukanlah dokumen sembarangan yang bisa diubah secara mandiri. Hal ini dikarenakan semua informasi yang terlampir harus sesuai dengan fakta biologis dari setiap anggota keluarga.

Kalian bahkan harus menyesuaikan tanggal dan tahun lahir sekalipun dan setiap digit angkanya tidak boleh salah. Wajar saja segala sesuatu yang hampir kamu lakukan tidak bisa lepas dari dokumen pribadi untuk mencegah pemalsuan atau penipuan data.

KK yang kamu miliki bahkan harus dipakai untuk mendaftarkan provider seluler pada smartphone. Kondisi ini terjadi lantaran banyak sekali pihak tertentu yang punya niat tidak baik dan mengatasnamakan seseorang dimana identitasnya bukan dirinya sendiri.

Tak hanya itu, Disdukcapil akan selalu memantau seluruh KK dari semua keluarga Indonesia untuk mencegah persamaan nomor KK bahkan NIK (Nomor Induk Keluarga) yang berbeda satu sama lain.

Cara Cek Kartu Keluarga Online Terpercaya dan Terupdate

Untuk memeriksa KK secara online, maka kamu bisa menggunakan beberapa metode yang bakal kami bahas pada pembahasan selanjutnya. Disdukcapil menyediakan layanan pemeriksaan atau pengecekan KK online supaya kamu tidak menghabiskan waktu untuk antre, terutama pada masa pandemi yang dilarang berkerumun seperti saat ini. Beberapa informasi penting yang perlu kalian pahami dan simak dengan seksama antara lain :

1. Cek Kartu Keluarga Online via Website Resmi Dukcapil

  • Buka aplikasi web browser (Google Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, UC Browser dll) lewat smartphone maupun PC kamu.
  • Kunjungi website resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) via http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/.
  • Gunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP dengan benar dan masukkan ke dalam kolom yang tersedia.
  • Apabila NIK sudah terdaftar, maka data keluarganya bisa terlihat secara otomatis.
  • Selesai.

2. Cek Kartu Keluarga Online via E-Mail

Untuk memeriksa KK secara online via email, maka kamu bisa membuka email lewat Smartphone seperti Gmail atau Yahoo. Kemudian, masukkan alamat email penerima yakni email resmi Disdukcapil via callcenter.dukcapil@gmail.com.

Kalian perlu masukkan subjek email seperti permohonan pemeriksaan KK dengan isi pesan yang tepat. Gunakan NIK yang benar supaya lembaga terkait bisa memeriksanya dengan cepat, sedangkan kamu harus menunggu email balasan selama 1×24 jam.

3. Cek Kartu Keluarga Online via Media Sosial

Kamu bisa memeriksa KK secara online lewat media sosial. Disdukcapil menyediakan beberapa aplikasi supaya bisa terhubung dengan seluruh masyarakat yang ingin memberi pertanyaan bahkan keluhan seputar dokumen pribadinya.

Kalian bisa mengikuti laman resmi Facebook atau Twitter resmi Disdukcapil via @ccdukcapil. Untuk menjaga keamanan dan privasi, maka kami sarankan mengajukan pertanyaan via Direct Message (DM) kepada mereka.

4. Cek Kartu Keluarga Online via WhatsApp / Pesan Singkat (SMS)

Kalian bisa mengklaim informasi KK secara online kepada Disdukcapil via SMS atau WhatsApp. Kamu hanya perlu mengirimkan pesan singkat dengan format NIK, Nama Lengkap, Nomor Telepon, Nomor KK dan Isi Pesan.

Jangan lupa menuliskan identitas dengan nomor yang benar untuk mencegah penolakan klaim. Tulislah keluhan kalian dengan benar dan sopan, kirimkan pesan tersebut ke nomor 0811-800-5373 yang menjadi nomor resmi Dukcapil.

5. Cek Kartu Keluarga Online via Website Resmi Kemendagri

  • Buka aplikasi web browser dari smartphone kamu.
  • Kunjungi website resmi Kemendagri via https://www.layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/.
  • Lampirkan nomor telepon yang sudah didaftarkan, isi kata sandi serta captcha yang ditampilkan.
  • Apabila belum registrasi, maka kalian bisa mengisi formulir pada website dan lampirkan informasi yang dibutuhkan.
  • Isi NIK dan E-KTP lewat kolom yang tersedia.
  • Data Kartu Keluarga bakal muncul secara otomatis.
  • Selesai.

Apa Manfaat Kartu Keluarga yang Belum Kamu Tahu?

Kartu Keluarga punya fungsi mutlak dan wajib dalam kehidupan masyarakat. Maka dari itu, setiap orang harus tahu alasan dibalik keberadaannya yang tidak boleh dinilai sebelah mata supaya kalian bisa menikmati manfaatnya sampai hari tua seperti berikut :

  • Syarat untuk membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Dokumen wajib saat membuat Akta Kelahiran untuk anak yang baru lahir.
  • Syarat mutlak saat ingin membuat BPJS, asuransi maupun hal serupa lainnya.
  • Lampiran penting yang diarsipkan saat pendaftaran masuk sekolah anak.
  • Bukti otentik atas status identitas keluarga maupun setiap anggota keluarga.

Bagaimana Mengurus Kartu Keluarga dengan Baik dan Benar?

Kalian harus paham dan tahu soal UU No.24 Tahun 2013 Pasal 79A mengenai pengurusan dan pembuatan dokumen kependudukan yang tidak dipungut biaya alias GRATIS. Apabila kamu bertemu dengan pihak tertentu yang meminta sejumlah uang saat pembuatan dokumen tersebut, maka kamu berhak melaporkannya kepada pihak berwajib.

Tak hanya itu, kalian harus mengikuti ketentuan dan syarat yang berlaku lantaran siapa saja jangan langsung datang ke kantor kecamatan terkait untuk membuat KK. Untuk mengajukan permohonan pembuatan KK bagi diri sendiri maupun anggota keluarga baru, maka kamu bisa mengikuti prosedur yang berlaku dan sudah kami rangkum seperti berikut :

  • Kunjungi Ketua RT setempar untuk meminta surat pengantar pembuatan KK.
  • Bawa surat tersebut ke Ketua RW untuk memperoleh stempel.
  • Datangi Kantor Kelurahan setempat dengan membawa surat pengajuannya, serta isi formulir permohonan pembuatan KK baru yang disiapkan.
  • Pastikan semua dokumen yang dilampirkan sudah lengkap dan sesuai, lantaran petugas terkait akan memeriksanya.
  • Lurah akan menandatangani formulir untuk diajukan ke Kantor Kecamatan.

Berapa Lama Pembuatan dan Pemeriksaan Kartu Keluarga Secara Umum?

Kalian harus tahu bahwa cara cek Kartu Keluarga online di atas terbilang cepat dan mudah. Untuk memeriksa KK secara online, maka kalian bisa menunggu jawaban dari Dukcapil selama 1×24 jam dengan mengklaim pertanyaan atau keluhan yang tepat.

Selain itu, ikuti prosedur pengajuan pembuatan Kartu Keluarga baru tidak perlu memakan waktu lama. Hal ini dikarenakan siapapun hanya perlu mengunjungi Kantor Kecamatan terkait dan menunggu batas waktu paling lambat 1 (satu) bulan saja.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...