Cara Mengundi Giveaway Instagram

Cara Mengundi Giveaway Instagram

Jika Kamu berencana membuat giveaway di Instagram, tentu saja harus tahu cara mengundi giveaway Instagram. Instagram sebagai salah satu platform media sosial populer, wajar jika banyak pengguna yang betah berlama-lama menggunakna paltform ini. Baik untuk kebutuhan pribadi maupun sarana promosi.

Apabila Kamu ingin akun Instagrammu memiliki banyak follower, maka salah satu cara efektif untuk mewujudkannya ialah dengan menyelenggarakan event giveaway dengan hadiah menarik. Ini penting sekali terutama bagi Kamu yang memiliki bisnis online. Tentu setiap orang tertarik dengan hal-hal yang berbau hadiah gratisan.

Para pengguna biasanya diminta memberikan komentar ke salah satu post Instagram, kemudian menge-tag teman-teman mereka di IG. Bahkan diminta untuk mengupload postingan di story IG. Sebagai penyelenggara giveaway di Instagram, tentu saja Kamu bertugas untuk menentukan pemenangnya.

Diantara ratusan sampai ribuan komentar, tentu saja memerlukan waktu cukup lama untuk mendapatkan pemenang giveaway jika dilakukan dengan cara manual. Namun tenang saja, karena Kamu bisa mencoba cara pengundian giveaway di Instagram dengan cepat dan mudah.

Giveaway Adalah Strategi Marketing Paling Efektif

Sebelum kita membahas cara mengundi giveaway Instagram, Kamu harus tahu bahwa mengadakan giveaway memiliki banyak keuntungan berikut ini :

1. Meningkatkan Leads

Salah satu keuntungan mengadakan giveaway ialah Kamu dapat meningkatkan leads, yakni calon pembeli potensial. Adpaun kontak yang digunakan untuk leads tersebut memang beragam. Akin email, Instagram sampai nomor WhatsApp. Dengan berbekal kontak ini, Kamu dapat mengirimkan informasi terkait bisnismu. Seperti promo sampai merilis produk yang terbaru.

2. Meningkatkan Engagement

Engagement ialah komunikasi yang terjadi antara pembeli dengan Kamu sendiri sebagai seller, sehingga penting membentuk customer yang loyal. Melalui engagement yang tercipta dengan baik, maka bisnismu menjadi lebih cepat berkembang.

Selain itu, engagement dapat dimanfaatkan untuk memperoleh feedback mengenai produkmu. Sehingga akan sangat berguna dalam mengembangkan produk. Di samping itu, engagement juga dapat membangun tingkat kepercayaan pembeli melalui value yang Kamu berikan.

3. Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness ialah tingkat kesadaran konsumen terhadap layanan atau produkmu. Seperti logo, nama, warna, tagline dan lainnya terkait dengan brand itu sendiri. Giveaway biasanya seringkali dimanfaatkan sebagai ajang tingkatkan brand awareness. Adapun alasannya yaitu lebih gampang menjaring pembeli baru, membentuk pembeli yang loyal, dan membangun kepercayaan pada brand tersebut.

Cara Mengundi Giveaway Instagram

Cara Mengundi Giveaway Instagram
Mengundi Giveaway Instagram

Tutorial Mengundi Giveaway Instagram

Berikut ini ada beberapa panduan cara mengundi giveaway Instagram untuk memudahkanmu menetapkan pemenang giveaway Instagram. Diantaranya :

1. Memakai Bantuan Web Commentpicker

Jika Kamu kebingungan menentukan pemenang giveaway Instagram, kini Kamu bisa menggunakan bantuan software yang satu ini, dan Kamu bisa memilih siapa pemenangnya dengan cepat.

Kita tahu bahwa mengadakan giveaway dengan hadiah menarik di media sosial seperti Instagram adalah cara paling efektif untuk bisa berinteraksi bersama follower. Kamu bahkan bisa mendapatkan follower Instagram yang baru melalui cara ini. Trik ini biasanya banyak dijumpai di Instagram dan seringkali dilakukan oleh seleb Instagram hingga pengusaha.

Salah satu persyaratan untuk mengikuti giveaway itu sendiri ialah komentar, tag dan like temanmu. Saat semakin banyak peserta yang mengikuti giveaway, pastinya membuat kita bingung dan kesulitan menentukan pemenangnya snediri.

Tapi Kamu bisa menggunakan cara mengundi giveaway Instagram dengan menggunakan web commentpicker. Berikut ulasannya :

  • Langkah pertama, silahkan buka web Comment Picker.
  • Silahkan ketuk Instagram login, jika muncul kotak dialog, ketuk saja “Autorize”.
  • Selanjutnya masuk enter the Instagram URL, Kamu tinggal memasukkan link URL untuk konten giveaway di IG-mu. Jika belum tahu URL konten IG Kamu caranya cukup mudah, buka Instagram di browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, maupun yang lainnya. Selanjutnya klik “Search”.
  • Selanjutnya Kamu akan masuk ke opsi Pick Random Winner, kini ketuk “Start” jika ingin mengetahui pemenangnya.
  • Selesai. Gimana,mudah kan?

Situs web Commentpicker sendiri sudah banyak digunakan oleh para penyelenggara giveaway untuk menentukan pemenang giveaway dengan mudah dan cepat. Selain untuk Instagram, Kamu juga bisa menggunakannya untuk menentukan pemenang giveaway Facebook, VK, maupun Youtube.

2. Menggunakan Aplikasi Comment Picker

Selain menggunakan web Comment Picker, Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Comment Picker dengan mengunduhnya di Play Store. Berikut cara mengundi giveaway Instagram via Comment Picker yang bisa Kamu coba :

  • Download aplikasi Comment Picker di Play Store.
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai, kemudian buka aplikasi Comment Picker.
  • Kemudian copy-kan dan tempelkan link giveaway IG-mu di kolom yang tersedia, lalu pilih mulai giveaway.
  • Kamu bisa mengatur jumlah kampiun sesuai keinginan, kemudian berapa lama countdown-nya, dan lainnya.
  • Lalu pilih show suitable participants.

Kamu harus tahu bahwa cara mengundi giveaway via Comment Picker Apps sendiri lebih menarik dibandingkan versi webnya. Karena di aplikasi ini, Kamu bisa membuat beberapa pemenangnya sekaligus.

3. Memilih Komentar Terunik Sebagai Pemenang Giveaway Instagram

Selain menggunakan web Commentpicker, Kamu juga bisa mencoba cara mengundi giveaway Insatgram lainnya dengan trik ini. Jadi, ketika Kamu mengadakan giveaway Instagram, tentu Kamu mempunyai syarat dan ketentuan untuk dapat menentukan pemenangnya. Kamu bisa menyeleksi komentar yang diberikan peserta giveaway di IG, dan peserta yang memenuhi persyaratannya, Kamu pun bisa mencatat pesertanya terlebih duku.

Adapun syarat yang kerap dilakukan pemberi giveaway IG itu sendiri, diantaranya :

  • Pastikan terlebih dahulu peserta harus mengirimkan komentar di dalam postingan giveaway pada postingan IG akunmu.
  • Para peserta harus memberikan reveiw atau testimoni di akun peserta masing-masing tentang produk yang Kamu tawarkan.
  • Kualitas review atau testimoni tentang produk yang Kamu jual di akun IG Peserta bisa dijadiakn sebagai standar penilaian untuk menentukan pemenang giveaway tersebut.
  • Pastikan ada hashtag unik serta kata-kata lainnya yang menarik.
  • Setidkanya para peserta yang memenangkannya harus mempunyai akun IG yang aktif, karenanya layak dijadikan sebagai pemenangnya.

Dalam cara ini, Kamu wajib mengecek serta menyeleksi terlebih dulu akun peserta yang benar-benar layak menjadi pemenang di giveaway IG.

4. Pemenang Giveaway Diberikan Untuk Peserta yang Telah Membeli Produkmu

Sampai saat ini, tujuan giveaway di akun IG hanya dimanfaatkan sebagai ajang untuk menambah follower bagi pemilik olshop. Namun sebenarnya tujuan akhir giveaway Instagram itu sendiri adalah memperbanyak pembeli yang telah membeli produkmu. Maka dari itu, Kamu bisa mewajibkan peserta agar setidaknya melakukan pembelian produkmu, dengan catatan Kamu pun memberikan potongan harga pada pembeli.

Sehingga peserta yang akan mengikuti giveaway di IG yang Kamu selenggarakan paham tentang produk yang ditawarkan. Dari sini Kamu juga dapat menilai peserta giveaway yang benar-benar layak dijadikan pemenang di ajang giveaway IG.

Nah, itulah 4 cara mengundi giveaway Instagram yang bisa Kamu lakukan untuk mendapatkan pemenang giveaway dengan mudah dan cepat. Bagaimana, tertarik mencobanya?

More Tutorials:

Related posts