Cara Mencari Filter di Instagram

  • Whatsapp

Belum lama ini Instagram sudah mengizinkan para penggunanya memakai filter AR agar penggunanya dapat membuat sekaligus mempublikasikan filter IG hasil buatan sendiri. Inilah yang membuat banyak bermunculan berbagai macam efek IG yang unik dan menarik. Sehingga para pengguna lain bisa mengaplikasikannya dengan leluasa agar Insta Story mereka lebih menarik. Lalu, bagaimana cara mencari filter di Instagram?

Sebelum membahas cara mencari filter di Instagram, Kamu tentu masih penasaran dengan adanya filter di IG. Sebenarnya filter IG hanya diluncurkan pihak Instagram itu sendiri dengan beberapa filter yang tersedia. Namun sejak Instagram mengizinkan kepada penggunanya untuk menciptakan filter buatannya sendiri, kini filter Instagram banyak bertebaran dan bisa diaplikasikan dengan mudah.

Ada berbagai macam efek filter Instagram yang dapat dipilih sesuai kondisi cahaya sekitar, menampilkan efek wajah menggemaskan, sampai berbagai macam efek game menarik. Tapi sayangnya, tak sedikit pengguna IG yang belum mengetahui bagaimana cara mencari filter di Instagram. Namun tak perlu khawatir, karena kita akan membahasnya dengan tutorial di bawah ini!

Cara Mencari Filter di Instagram

Cara Mencari Filter di Instagram
Tutorial Mencari Filter di Instagram

Tutorial Mencari Filter di Instagram

Jika Kamu belum mengetahui cara untuk mencari filter di IG yang nantinya dipakai untuk Insta Story-mu, berikut ada beberapa panduan yang harus Kamu ikuti berikut ini :

1. Mencari Filter di Instagram Lewat Menu Pencarian di IG Story

Kamu bisa menemukan filter di IG melalui pencarian di Insta Story. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Pertama, silahkan buka aplikasi IG di hp milikmu.
  • Kemudian pilih Instagram Story.
  • Selanjutnya tinggal geser ke samping kanan dalam pilihan filter dan temukan opsi pencarian atau telusuri filter efek.
  • Ketuk opsi browse effect atau pencarian filter.
  • Silahkan cari filter Instagram yang diinginkan.
Terkait:  Cara Mengetahui Stalker Instagram

Sesudah mendapatkan filter IG yang diinginkan, kini Kamu dapat mengaplikasikan filter Instagram tersebut untuk digunakan pada Insta Storymu.

2. Mencari Filter Instagram Dengan Salah Satu Filter

Cara mencari filter di Instagram berikutnya ialah melalui efek filter yang tersedia di Insta Story-mu. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Silahkan buka aplikasi IG di hpmu.
  • Lalu pilih opsi fitur Insta Story dan pilih filter yang telah tersedia.
  • Ketuk filter di samping kanan atas.
  • Lalu pilih ikon pencarian filter atau browse filter.
  • Silahkan cari filter IG sesuai keinginanmu.

Jika sudah menemukan filter Instagram yang cocok, maka Kamu tinggal mencobanya untuk kebutuhan Insta Story lewat akun IG milikmu.

3. Mencari Filter via Instagram Story Teman

Kamu juga bisa mencari filter dengan cara melihat Instagram Story milik orang atau teman yang dipilih. Saat ini ada banyak sekali pengguna IG yang memakai filter bahkan bisa dikatakan hampir selalu memakai filter lewat IG Story-nya. Sebab untuk mempercantik Insta Storymu, bahkan tak sedikit kreator menciptakan banyak filter menarik, salah satunya adalah filter game.

Oleh karena itu, apabila Kamu sedang mengecek Insta Story orang atau teman yang di follow, kemudian menemukan efek IG yang menarik dan Kamu suka, langsung saka menggunakan filter tersebut. Adapun caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama, buka aplikasi IG di ponselmu.
  • Lihat Insta Story teman yang di follow.
  • Setelah menemukan filter Instagram yang disukai, ketuk nama filter di samping kiri atas.
  • Kemudian ketuk try it, kini filter tersebut sudah siap dicoba.

4. Mencari Filter IG Dengan Akun Creator

Jika Kamu menyukai salah satu efek filter di Instagram dan ingin mencoba menggunakannya maka Kamu bisa mencari efek filter lain lewat akun IG kreatornya. Langkah-langkahnya cukup mudah, kunjungi akun IG creator yang menciptakan filter IG story tersebut. Adapun langkah-langkahnya :

Terkait:  Cara Melihat Kunjungan di Instagram
  • Silahkan buka aplikasi IG di hpmu.
  • Kunjungi profil akun IG creator yang diinginkan.
  • Ketuk ikon smile pada profil akun IG creator.
  • Lalu pilih filter IG yang diinginkan.

Silahkan pilih filter menarik yang ingin Kamu pakai lewat akun IG kreator dan cobalah filter di IG Storymu.

Bagaimana Cara Mengatasi Filter yang Tak Bisa Digunakan?

Filter IG sebenarnya sangat membantu menambahkan objek, melakukan pengaturan warna ataupun cahaya. Melalui filter yang satu ini, Insta Story kini menjadi lebih berwarna mengingat ada banyak pengguna memakai filter tersebut untuk mempercantik tampilan InstaStory.

Dengan adanya filter di IG cukup membantu para pengguna, apalagi bagi selebgram sebab dapat mempercantik tampilan pada Insta Story sekaligus semakin menarik perhatian viewer. Di samping itu, penggunaan filter sekarang ini memang sangat beragam.

Hanya saja, dibalik popularitas filter IG kita sering menemukan beberapa kekurangan pada filter tersebut. Salah satunya ialah filter Instagram tak dapat dipakai. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi filter IG yang tak dapat digunakan, ada beberapa langkah yang harus Kamu lakukan berikut ini :

1. Update Aplikasi Instagram

Biasanya para pengembang selalu memberikan update-an aplikasinya. Khususnya pada Instagram, karena biasanya digunakan untuk mengatasi masalah-masalah kecil yang terjadi pada aplikasi, khususnya bug. Bahkan tak menutup kemungkinan, versi IG yang Kamu gunakan ada bug-nya, karena itu filter IG tak dapat dipakai.

Silahkan coba perbarui aplikasi Instagram di Google Play Store untuk mendapatkan versi yang terbaru, sehingga filter IG yang tak dapat dipakai dapat teratasi.

2. Paksa Aplikasi Berhenti

Jika ingin menggunakan filter Instagram dengan cara mencari filter di Instagram di atas tanpa masalah, Kamu bisa mencoba menghentikan aplikasi IG sementara.

Terkait:  Cara Membuat Blokir Instagram

3. Keluar Aplikasi dan Login Kembali

Cara mengatasi filter Instagram tidak dapat digunakan selanjutnya ialah, Kamu bisa keluar dari aplikasi Instagram terlebih dahulu, baru kemudian masuk atau login kembali. Adapun caranya ialah masuk ke opsi pengaturan, kemudian akses “menu aplikasi”, lalu “cari aplikasi Instagram” kemudian ketuk paksa berhenti.

4. Menghapus Data dan Cache

Aplikasi yang mengalami gangguan biasanya dapat diatasi dengan cara menghapus data dan cache. Silahkan hapus cache di aplikasi Instagram lebih dulu. Setelah itu, lakukan uji coba apakah filter di IG sudah dapat dipakai kembali atau belum. Namun jika belum, hapus data lalu buka aplikasi dan login ke akun IG kembali. Cara ini biasanya cukup efektif mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada aplikasi.

5. Melakukan Restart Perangkat

Metode yang satu ini bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah filter IG yang tidak dapat dipakai. Cara ini pun termasuk metode paling umum saat ada aplikasi bermasalah, termasuk IG. Caranya tinggal restart perangkat lalu tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah itu, tes kembali apakah filter IG dapat berjalan dengan baik atau tidak.

6. Sinyal Tidak Stabil

Singal dalam hal ini memang sangat berpengaruh. Sebab Instagram membutuhkan sinyal yang stabil dan kuat untuk menjalankan aplikasinya. Terlebih ketika memakai filter IG, jadi Kamu harus mengecek kondisi sinyalnya. Apabila bermasalah, biasanya akan menyebabkan masalah pada filter IG yang tak dapat dipakai.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi filter yang tidak bisa digunakan agar Kamu bisa kembali menikmati filter-filter menarik untuk mempercantik penampilan Insta Storymu.

Kamu bisa mencari berbagai macam filter cantik dan menarik melalui cara mencari filter di Instagram yang sudah dijelaskan di atas. Bagaimana, mudah bukan?

 

 

 

Related posts