Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Bagaimana cara mencairkan tabungan rencana Mandiri? Banyak orang yang telah memiliki tabungan rencana bank Mandiri, kemudian ingin mencairkan TRM tersebut sebelum berakhirnya waktu jatuh tempo. Sebenarnya ada banyak alasan kenapa orang ingin mencairkan tabungan rencana Mandiri mereka sebelum usai jatuh tempo. Namun Kamu harus ketahui terlebih dahulu aturan dari bank Mandiri saat orang ingin mencairkan dana TRM tersebut.

Jika sudah mengetahuinya, Kamu tinggal melakukan perhitungan untuk membantumu menentukan apakah Kamu ingin mencairkannya atau menunggu sampai selesai jatuh tempo. Untuk itu, simak cara mencairkan tabungan rencana Mandiri dan prosedurnya yang akan dijelaskan di bawah.

Apa Itu Tabungan Rencana Mandiri?

Jika Kamu baru mendengarnya, Tabungan Rencana Mandiri merupakan produk tabungan berjangka dari bank Mandiri yang nilai suku bunganya melebihi bunga dari tabungan biasa. TRM ini memiliki jangka penyimpanan 15 tahun dan setoran minimal Rp. 100 ribu. Tak jauh berbeda dari tabungan berjangka pada umumnya, TRM dapat dijadikan sebagai solusi untuk para nasabah yang rutin menabung di bank Mandiri setiap bulan.

Dengan adanya Tabungan Berjangka Mandiri, sudah tentu sangat menguntungkan para nasabah dengan adanya bunga yang diberikan. Di samping itu, TRM juga dapat memberikan keuntungan berbentuk asuransi.

Keuntungan Tabungan Rencana Mandiri

Sistem tabungan berencana ini dengan cara memotong uang di rekening bank Mandiri secara otomatis sesuai kesepakatan awal. Berikut di bawah ini, ada beberapa alasan kenapa harus memiliki tabungan rencana Mandiri, di bawah ini :

Terkait:  Cara Mencairkan Lem Eyelash Extension

1. Konsisten Menabung

Dengan Tabungan Rencana Mandiri, mengajarkan para nasabah untuk selalu konsisten menabung. Di samping itu, jika Kamu malas menabung, tentu saja solusi terbaik dengan membuka tabungan rencana Mandiri. Pasalnya tabungan rencana memakai sistem penarikan otomatis atau auto debet langsung dari rekening Mandiri setiap bulannya.

2. Suku Bunga Lebih Tinggi

Pada beberapa bank, suku bunga tabungan yang ditetapkan pada Tabungan Rencana Mandiri cukup tinggi jika dibandingkan dengan bunga biasa. Umumnya disamakan dengan nilai suku bunga yang tertinggi atau bahkan sampai 0,5% lebih tinggi.

3. Mendapatkan Asuransi

Keuntungan memiliki Tabungan Rencana Mandiri lainya ialah jika Kamu sudah membuka TRM, maka secara otomatis Kamu akan langsung diikutkan asuransi. Tapi tentu saja berbeda dengan asuransi jiwa yang preminya sampai miliaran, namun asuransi di sini berbentuk jaminan, artinya pihak asuransi sendiri yang akan melanjutkan tabungan dengan otomatis sampai waktu tempo berakhir.

4. Dijamin Oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)

Karena termasuk bagian dari produk tabungan, tentu saja tabungan berencana dari bank Mandiri ini telah dilindungi LPS, karenanya Kamu akan tak perlu khawatir kehilangan uang jika bank dilikuidasi.

Kerugian Tabungan Rencana Mandiri

Selain keuntungan TRM, ada beberapa kerugian yang perlu Kamu pertimbangkan saat memilih Tabungan Rencana Mandiri :

1. Dana Bersifat Tidak Liquid

Saat Kamu sudah mengalokasikan sebagian dana pada tabungan berjangka bank Mandiri ini, tentu saja Kamu hanya bisa menarik uang jika sudah berakhir waktu tempo. Sehingga, jika di tengah jalan Kamu memerlukan uang untuk kebutuhan yang sangat urgent, Kamu tidak dapat memakai uang yang ada pada tabungan tersebut. Mungkin beberapa bank menerapkan sistem aturan bahwa dana bisa diambil meskipun masa menabungnya belum berakhir, tapi akan dikenakan biaya administrasi cukup besar.

3. Keuntungannya Kecil

Meskipun bunga yang telah dijanjikan produk tabungan berjangka lebih besar dibandingkan tabungan reguler, tapi tentunya masih jauh dibandingkan keuntungan dari investasi lain. Hal tersebut bisa dilihat dari jangkanya lebih lama, dari 5-10 tahun jika dibandingkan reksadana campuran atau saham. Selama 3 tahun, maka imbal hasil reksadana saham mencapai 20% sementara dengan memakai tabungan berencana sendiri hanya sekitar 4-5% setiap tahunnya.

Terkait:  Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Itulah penjelasan terkait untung rugi mengambil Tabungan Rencana Mandiri. Jika Kamu sudah memahaminya, Kamu mungkin sudah mempertimbangkan matang-matang untuk memiliki TRM dari bank Mandiri. Lalu, bagaimana cara mencairkan tabungan rencana Mandiri? Simak panduannya berikut ini!

Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri
Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Syarat Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Sebelum Kamu memproses pencairan Tabungan Rencana Mandiri, biasanya Kamu harus mendapatkan sertifikat TRM lebih dulu. Sertifikat tersebut hanya dapat diambil dari bank Mandiri. Pengambilannya juga tidak harus selalu di cabang tempatmu membuka rekening bank, bisa data ke kantor cabang Mandiri mana pun. Pada sertifikat TRM biasanya terdapat nomor sertifikat ketika memproses dana pencairan TRM.

Jika Kamu mendaftar TRM lewat Mandiri Mobile sekalipun, tetap harus meminta sertifikatnya langsung ke bank. Silahkan datangi kantor cabang Mandiri mana saja. Asalkan Kamu membawa buku tabungan Mandiri dan KTP.

1. Pencairan Sebagian Dana Tabungan Rencana Mandiri

Dalam cara mencairkan tabungan rencana Mandiri, Kamu harus tahu sistem pencairan yang ditetapkan. Pencairan TRM ternyata dapat dicairkan baik sebagian maupun seluruhnya dengan menutup atau membatalkan rekening TRM. Namun, tentu saja ada ketentuannya. Jika ingin menairkan sebagian dana, biasanya hanya dapat dicairkan maksimal sebesar 30% dari total nominal tabungan di TRM dengan biaya administrasi Rp. 10 ribu.

Biasanya proses pencairan dana TRM sebagian hanya dapat dilakukan sekali saja. Kamu harus memenuhi ketentuan lainnya, dengan minimal waktu periode Tabungan Rencana Mandiri telah berjalan 1 tahun. Sehingga, jika TRM yang Kamu buka belum sampai setahun, tidak akan bisa memproses pencairan ini.

Selain itu, pencairan dana TRM sebagian hanya dapat dilakukan langsung di bank, sebab pada aplikasi Mandiri Online sendiri masih belum tersedia. Sesudah pencairan dana telah berhasil, di bulan berikutnya rekening utama Mandirimu tetap akan terdebet otomatis.

Terkait:  Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

2. Pembatalan atau Penutupan Rekening TRM

Jika ternyata dana yang Kamu butuhkan mengharuskanmu untuk mencairkan seluruh dana TRM yang ada, ini artinya Kamu wajib memproses pembatalan atau penutupan rekening TRM. Kamu bisa membatalkan rekening TRM di bank, internet banking maupun Mandiri Mobile. Namun untuk cara mencairkan Tabungan Rencana Mandiri kali ini, kita hanya akan membahas pencairan lewat Mandiri Mobile.

Tutorial Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri via Mandiri Online

Jika sertifikat TRM-mu telah diterima, maka langkah berikutnya cukup memproses pencairan via Mandiri Mobile. Sebenarnya langkah-langkahnya cukup mudah dan dana yang dicairkan langsung masuk ke rekening utamamu secara langsung. Oke, langsung saja ikuti tahapan cara mencairkan tabungan rencana Mandiri berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan login ke Mandiri Mobile.
  • Masuk ke Mandiri Tabungan Rencana yang mundul di bagian bawah.
  • Tekan tombol tiga titik di sampng kanan pada akun rekening TRM.
  • Tekan “Pembatalan Mandiri Tabungan Rencana”.
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan informasi terkait saldo dan biaya admin bank yang mengurangi jumlah dana saat pembatalan rekening tabungan rencana Mandiri diproses.
  • Silahkan isikan prefiks pada sertifikat menggunakan 2 huruf yang terletak di depan nomor surat sertifikat TRM.
  • Kemudian tinggal mengisi nomor sertifikat.
  • Pilih mana rekening yang dijadikan tujuan transfer.
  • Jika statusnya telah berhasil, maka saldo TRM pun akan langsung masuk ke rekeningmu.

Oke, itulah tahapan demi tahapan cara mencairkan tabungan rencana Mandiri yang bisa Kamu lakukan di Mandiri Mobile. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa pencairan dana TRM di Mandiri Mobile hanya berlaku bagi Kalian yang ingin menutup atau membatalkan rekening TRM.

Related posts