Cara Menambahkan Produk di Shopee

Ada banyak online shop yang kini melebarkan sayapnya dengan berjualan lewat marketplace, seperti Shopee. Namun bagi penjual baru di Shopee, pastinya masih kebingungan dengan cara menambahkan produk di Shopee. Tapi Kamu tak perlu khawatir, karena di sini kita akan membahas tutorialnya.

Berjualan di Shopee memang sangat menguntungkan, terlebih Shopee adalah salah satu marketplace ternama di Indonesia yang memiliki jumlah pengguna terbanyak. Bisa dibayangkan, jika Kamu membuka toko di Shopee dengan promosi yang tepat, tentu saja memberikan peluang tokomu terkenal hingga ke seluruh Indonesia. Ini artinya, peluang pembeli pun menjadi lebih besar dan lebih banyak dibandingkan berjualan offline.

Untuk mempromosikan produk di Shopee, tentu saja sebagai penjual Kamu harus mengupload foto produk terlebih dahulu. Inilah sistem kerja memperkenalkan produk di Shopee ke semua orang supaya Kamu memiliki lebih banyak customer.

Sebenarnya cara menambahkan produk di Shopee itu sendiri sangatlah mudah, ada beberapa tutorial atau panduan yang bisa Kamu ikuti di bawah ini.

Cara Menambahkan Produk di Shopee

Cara Menambahkan Produk di Shopee
Menambahkan Produk di Shopee

Tutorial Upload Produk di Shopee

Kita tahu bahwa Shopee tak hanya menawarkan platform aplikasi saja, tetapi juga bisa diakses via website. Oleh karena itu, cara menambahkan produk di Shopee yang akan Kami bagikan di bawah juga terbagi ke dalam cara melalui aplikasi dan website. Oke, jika penasaran langsung saja ikuti panduannya di bawah ini!

Terkait:  Cara Cek Saldo Shopeepay

Metode 1 : Menambahkan Foto Produk di Aplikasi Shopee

Bagi yang nggak mau ribet harus browsing untuk mengunjungi laman Shopee, dan tentunya sudah mengunduh aplikasi Shopee, tentu cara ini sangat mudah. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Shopee dan ikuti langkah-langkah berikut untuk upload foto produk di Shopee :

1. Buka Aplikasi Shopee

Tahap pertama, silahkan masuk ke aplikasi Shopee, pastikan Kamu sudah mengunduh aplikasi dan menginstalnya di perangkat hp terlebih dahulu. Lalu login memakai password dan akun email yang sebelumnya sudah didaftarkan. Ketuk menu “Saya” di pojok kanan bagian bawah layar. Kemudian pilih “Toko Saya” di atas layar.

2. Pilih Tambah Produk Baru

Cara menambahkan produk di Shopee berikutnya, Kamu bisa langsung menambahkannya dengan memilih “Tambah Produk Baru” di Toko Saya. Kamu bisa mengupload 1 foto yang utama dengan 8 foto maupun video tambahan mengenai produk. Ada 3 cara unggah produk di aplikasi Shopee, diantaranya lewat galeri, foto produk langsung dan Instagram. Silahkan pilih sesuai kebutuhan.

3. Menambahkan Deskripsi Produk

Biasanya sebelum Kamu menambahkan produk di Shopee, Kamu akan diminta melakukan pengisian terkait data umum mengenai produkmu. Biasanya data ini meliputi kategori, deskripsi produk, harga, merek, stok serta variasi produk yang ditawarkan. Di samping data produk, Kamu akan diminta menambahkan keterangan produk secara detail dan spesifik. Misalnya seperti kondisi produk, berat produk, ukuran paket, grosir hingga sistem pemasanan.

Dengan menambah informasi produk secara spesifik, sangat membantu menentukan besarnya ongkos pengiriman yang dibebankan ke pembeli. Jika sudah, tekan centang atau checklist di pojok kanan bagian atas.

4. Cek Produk di Menu “Lihat Toko Saya”

Selanjutnya produk secara otomatis akan terunggah sesudah dicentang. Demi memastikan apakah video dan gambar yang diunggah telah sesuai, ketuk opsi “Lihat Toko Saya”. Di dalam menu ini, Kamu dapat melihat tampilan online shop-mu di Shopee sesuai yang dilihat pembeli.

Terkait:  Cara Komplain di Shopee

Metode 2 : Menambahkan Foto Produk di Website Shopee

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, selain memakai aplikasi Kamu juga dapat mengupload foto produk di website Shopee. Jika ingin mengupload lebih banyak foto di Shopee, Kamu bisa melakukannya di PC/laptop, sebab tampilannya lebih besar.

1. Memasuki Menu Seller Center Shopee

Cara menambahkan produk di Shopee selanjutnya ialah dengan memasuki Seller Center di Shopee. Silahkan kunjungi alamat seller.shopee.co.id. Setelah itu, login memakai password dan email yang Kamu pakai saat mendaftarkan akun. Kemudian layar akan langsung menampilkan beberapa pilihan menu dis amping kiri. Silahkan klik “Produk Saya” jika ingin menampilkan seluruh item produk yang sudah terunggah. Di menu ini, Kamu juga dapat mencari produk-produk yang terblokir, terarsipkan atau telah habis.

2. Memilih Tambah Produk Baru

Ketuk “Tambah Produk  Baru” di kanan bagian atas. Kemudian Kamu akan langsung diarahkan ke menu tambahkan produk baru. Selanjutnya tuliskan nama dan kategori produk yang ditambahkan tersebut.

3. Menambahkan Informasi Produk

Jika Kamu sudah menambahkan kategori dan nama produk, Kamu perlu mengisi informasi produk tambahan, seperti merek, deskripsi produk, stok produk yang tersedia, variasi dan harga produk.

4. Upload Gambar Produk

Langkah cara menambahkan produk di Shopee berikutnya ialah mengupload foto produk. Sebenarnya aturannya hampir sama seperti pada aplikasi, Kamu dapat mengunggah video dan foto tambahan sampai 8 buah di sebelah foto utamanya. Sementara itu, untuk menguploadnya sedikit berbeda dari versi aplikasi. Kamu hanya dapat mengunggah gambar yang tersimpan pada galeri saja.

Terutama untuk produk konveksi atau baju, Kamu diharuskan mengupload size chart. Tambahan foto ini penting untuk membantu pembeli menentukan produk sesuai ukuran mereka melalui unggahan size chart-mu.

Terkait:  Cara Bayar Shopee PayLater

5. Menuliskan Informasi Tambahan Mengenai Pengiriman Produk

Cara menambahkan produk di Shopee berikutnya, Kamu tinggal mengisi dimensi produk, berat produk, jasa pengiriman yang dipakai, paket, kondisi barang dan apakah produk memakai sistem pre order. Informasi tambahan tersebut penting agar biaya ongkos kirim dapat diperhitungkan.

Sementara pada kondisi barang, tuliskan apakah barang yang dijual adalah produk bekas pakai atau baru. Selanjutnya klik “Simpan”, kemudian tampilkan sesudah Kamu mengisi detail produk. Agar produk langsung muncul di website Shopee, sebaiknya pastikan produk sudah terupload sempurna, lalu klik “Produk Saya”.

Tips Melakukan Pengisian Informasi Produk

Jika Kamu bingung saat mengisi informasi produk yang diunggah di Shopee, ada beberapa tips yang harus diperhatikan berikut ini :

1. Gambar Produk

Kamu harus menggunakan foto produk dari berbagai sisi supaya terlihat lebih profesional serta dapat meyakinkan pembeli. Selain itu, jangan lupa pakai background berwarna putih supaya produk tampak jelas terlihat.

2. Nama Produk

Tuliskan nama produk sesuai dengan produk yang Kamu jual dengan detail.

3. Deskripsi

Jelaskan deskripsi produk dan seluruh keterangannya secara detail, seperti merek, jenis, berat,ukuran dan keterangan lainnya untuk meyakinkan konsumen saat membeli produkmu.

4. Pre Order

Keterangan ini sangat penting, terutama bagi produk dengan waktu pengerjaan sedikit lebih lama. Kamu dapat mengaktifkan layanan pre order ke dalam produk tersebut, agar pembeli mengetahuinya.

5. Berat

Silahkan isikan berat barang yang Kamu jual, apabila berat barang 500 gram sebaiknya tambahkan sebanyak 100 gram untuk berjaga-jaga beratnya akan bertambah saat pengemasan. Jika berat barangmu kurang dari 1,2 kg maka akan terhitung 1 kg di jasa ekspedisi. Apabila berat produknya di atas 1,2 kg maka dibulatkan beratnya menjadi 2kg. Selain itu, hal ini juga berlaku bagi berat 2,2 kg, 4,2 kg dan lainnya.

6. Menambahkan Kategori

Sebaiknya pilih kategori produk sesuai jenis produk, tujuannya supaya produk lebih gampang ditemukan pembeli.

Ya, demikianlah ulasan tentang cara menambahkan produk di Shopee dan beberapa tips yang harus Kamu ketahui terkait deskripsi produk yang wajib diisi saat proses upload produk di Shopee. Selain itu, Kamu juga bisa menghapus produk dengan cara menghapus produk di Shopee!

 

Related posts