Cara Memilih Subwoofer Mobil yang Bagus

  • Whatsapp

Subwoofer mempunyai peranan penting untuk memaksimalkan kualitas pada audio mobil, khususnya untuk nada rendah. Pasalnya kehadiran subwoofer bisa menghadirkan efek suara lebih hidup serta mudah dirasakan. Jika Kamu mendengarkan suara yang bergemuruh di filem dolby prologic, maka suara tersebut biasanya berasal dari perangkat Subwoofer. Lalu, bagaimana cara memilih subwoofer mobil yang bagus?

Subwoofer audio mobil merupakan perangkat audio mobil yang dapat menghadirkan audio bas. Tentu saja hal ini membuat musik yang Kamu dengar menjadi lebih hidup. Saat melakukan perjalanan jarak jauh, tentunya Kamu merasa bosan terlebih jika harus terjebak macet.

Biasanya untuk mengurangi kebosanan, Kamu memainkan audio mobil. Hanya saja, jika suara audio yang dihasilkan kurang sesuai selera, tentu Kamu berpikir untuk membeli subwoofer. Namun jika bingung dengan cara memilih subwoofer mobil yang bagus, Kamu bisa mencoba cara-cara yang akan dibagikan di bawah ini!

Cara Memilih Subwoofer Mobil yang Bagus

Cara Memilih Subwoofer Mobil yang Bagus
Memilih Subwoofer Mobil yang Bagus

Tutorial Memilih Subwoofer Mobil yang Bagus

Cara memilih subwoofer mobil yang bagus sebenarnya cukup mudah dilakukan. Selain dilihat dari performa, Kamu juga tentunya ingin menikmati kualitas audio musik yang nyaman untuk didengar serta cocok bagi semua jenis musik. Adapun salah satu cara upgrade audio ialah dengan mengganti subwoofer dengan produk yang lebih bagus.

Selain itu, di pasaran memang ada banyak merk dan tipe subwoofer yang berbeda. Dimana masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Dengan harga yang beragam. Tapi, setidaknya Kamu harus mengetahui cara memilih subwoofer mobil yang bagus di bawah ini untuk mendapatkan subwoofer terbaik sesuai kebutuhan. Berikut tipsnya :

1. Ketahui Spesifikasi Subwoofer

Seperti yang sudah ditegaskan di atas, bahwa ada banyak jenis dan merek subwoofer di pasaran sekarang ini. Kamu harus mengetahui spesifikasi subwoofer tersebut terlebih dahulu. Subwoofer yang dapat menghasilkan suara lebih besar akan memerlukan daya yang sama besarnya. Jadi, jangan sampai Kamu memilih subwoofer yang kebutuhannya tidak sesuai dengan output amplifier-mu. Jika memerlukan daya yang lebih besar, biasanya Kamu harus membeli peralatan tambahan.

Selain berbicara tentang daya, Kamu juga harus mengecek tipe box, tingkat sensitivitas, rentang frekuensi, sampai jumlah kumparan audio yang dihasilkan supaya tak salah beli.

2. Perhatikan Selera Musik

Sebenarnya cara memilih subwoofer mobil yang baik yang bisa dilakukan ialah dengan cara memperhatikan selera musikmu. Sebab setiap orang memiliki selera musik yang berbeda. Dengan genre musik berbeda inilah biasanya mengarah pada tingkat frekuensi nada berbeda. Misalnya saja, untuk genre musik jazz atau pop yang mempunyai dentuman yang tak banyak dan tempo bisa dikatakan konstan atau tetap.

Oleh karena itu, subwoofer yang ideal untuk jenis musik ini biasanya single voice coil. Jika Kamu tidak menyukai jenis musik yang memekakkan telinga, genre yang satu ini sangat pas karena audio yang dihasilkan ialah low bass.

Sementara musik bergenre rock atau hip hop mempunyai suara dentuman sangat keras. Oleh karena itu, tipe subwoofer yang pas bagi genre musik seperti ini ialah double coil. Hal ini disebabkan subwoofer tipe ini bisa menghasilkan suara lebih menghentak.

3. Menentukan Jenis Subwoofer

Cara selanjutnya ialah Kamu harus memilih jenis subwoofer. Poin ini masih lanjutan dari poin nomor 2, dimana pemilihan subwoofer harus disesuaikan selera pendengarnya. Oleh karena itu, Kamu harus memilih subwoofer sesuai seleramu. Misalnya jika ingin suara yang lembut namun menggelegar, atau mungkin ingin yang suaranya tinggi tapi menghentak. Proses penentuan ini dilakukan mengingat biasanya subwoofer di pasaran mempunyai jenis dan kecepatan berbeda.

Kita harus tahu bahwa ada beberapa pilihan jenis subwoofer di pasaran diantaranya subwoofer yang tipenya sederhana untuk daya yang rendah. Selain itu, ada pula subwoofer membahana dengan daya tinggi tapi membutuhkan alat tambahan.

4. Mengetahui Ukuran Subwoofer yang Pas

Jika kamu meletakkan subwoofer, biasanya ada beberapa poin yang wajib diperhatikan diantaranya ukuran dari sisa ruang pada mobil. Jadi, usahakan untuk menempatkannya satu paket dengan amplifier supaya ruangan di dalam mobil lebih elegan dan efisien. Selain itu, hal tersebut juga bisa mempermudah proses instalasi.

Memilih model subwoofer sederhana juga penting mengingat kebanyakan orang telah memilih tipe ini. Alasannya ialah karena model ini bisa meminimalisir pemakaian space ruang di dalam mobil.

Walaupun ukurannya tidak besar, Kamu bisa memilih subwoofer yang ukurannya tak terlalu besar tapi berkualitas baik.

5. Menyesuaikan Dana yang Ada

Cara memilih subwoofer mobil yang bagus selanjutnya ialah tentu saja dana. Kita tahu bahwa selain tipe subwoofer yang berbeda, harganya juga berbeda. Melalui dana yang Kamu miliki, jadi sebaiknya Kamu harus menyesuaikan pilihan yang tersedia. Jangan sampai, anggaranmu justru membengkak karena Kamu ingin membeli produk terbaik. Jika hal ini terjadi, tentu bukan keputusan yang bijak.

Rekomendasi Subwoofer Terbaik yang Bisa Dipilih

Setelah membahas cara memilih subwoofer mobil yang bagus di atas, Kamu juga mendapatkan rekomendasi subwoofer terbaik yang dapat Kamu pilih di pasaran. Jika penasaran, simak ulasannya berikut :

1. Pioneer TS-W254R

Sala satu merk subwoofer yang direkomendasikan ialah merk Pioneer bertipe TS W254R. Jenis subwoofer ini berukuran 10 inchi dengan impedasi 4 ohm. Adapun daya yang dihasilkannya sebenarnya cukup hemat, Kamu hanya memerlukan 250 watt saja. Untuk audio yang dihasilkan tentu sudah tak diragukan lagi, karena menghasilkan suara yang jernih dan nge-bass.

2. Subwoofer Aktif 10 Inch JBL

Kamu juga bisa memilih subwoofer aktif 10 inch JBL. Dengan daya yang dihasilkan senilai 500-1000 watt, dengan tingkat impediansi 2-4 ohm dan frekuensi 34 hz.

  3. Subwoofer Venom Double Coil VX 1112W

Merk subwoofer lainnya yang terbaik adalah Venom, bertipe 1112W dengan ukuran 2 inchi. Adapun daya maksimalnya sekitar 500-1000 watt, dengan suara yang dikeluarkannya sangat powerfull. 

4. Subwoofer Mobil 12 Inch

Rekomendasi subwoofer yang satu ini bisa dikatakan sangat istimewa, berukuran 12 inchi dan sangat cocok bagi pemilik mobil mungil. Memiliki suara yang jernih dan ngebass, dengan ukuran 200 watt. Tentu saja dengan ukuran daya sebesar ini membuat subwoofer yang satu ini sangat berkualitas.

5. Dual BP1204

Kamu juga bisa memilih Dual BP1204. Subwoofer ini memiliki 2 unit subwoofer yang masing-masing berukuran 12 inchi. Selain itu, subwoofer dengan kisaran frekuensi 30 Hz-200 kHz ini mempunyai impedansi 4 ohm dan peak power 1100W. Di samping itu juga memiliki RMS power yang besar, hingga 600 Watt.

Kelebihannya Dual BP1204 ialah kemampuan efisiensi output audio yang baik, berdesai khusus IllumiNITE subwoofer, dengan kualitas audio yang baik, dan memiliki kinerja berkualitas. Bahkan Subwoofer yang satu ini mempunyai daya tahan premium karena pemakaian material pilihan dari Brushed Aluminium Cones Woofer.

Dengan rekomendasi subwoofer dan cara memilih subwoofer mobil yang bagus di atas, tentu saja membuatmu sangat mudah menentukan subwoofer yang tepat sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat!