cara membuka whatsapp di laptop

  • Whatsapp

WhatsApp adalah salah satu program aplikasi chatting yang terkenal di Indonesia, ada banyak sekali pengguna WhatsApp yang memanfaatkannya sebagai media komunikasi. Baik itu bersama kerabat, teman, atau untuk berbisnis. WhatsApp biasanya dipasang di smartphone dengan melalui perangkat iOS dan Android. Namun kini WhatsApp bisa dinikmati di laptop atau PC. Cara membuka WhatsApp di laptop juga sangat mudah.

Apabila aktivitasmu ada di PC, serta tidak sempat membuka perangkat smartphone. Maka Kamu bisa mencoba cara membuka WhatsApp di laptop dan bisa dinikmati baik di Linux, Mac OS dan Windows.

Read More

Meskipun tersedia pada aplikasi WA versi desktop, tapi syarat utama supaya terhubung ialah Kamu memerlukan perangkat ponsel yang berisi akun WA di dalamnya. Selain itu juga sudah terhubung dengan koneksi internet. Karena jika tidak, Kamu tidak akan dapat mengakses WhatsApp di aplikasi WA web.

Adapun untuk menghubungkannya, Kamu harus melakukan scan barcode memakai kamera dengan langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuka WhatsApp di Laptop

Cara Membuka WhatsApp di Laptop
Membuka WhatsApp di Laptop

Panduan Membuka WhatsApp di Laptop

Jika Kamu ingin membuka WhatrsApp di PC atau laptop, maka Kamu harus melakukan scan barcode. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuka WhatsApp Web. Kamu tak perlu lagi menginstal aplikasi WA, cukup buka saja web browser di laptop atau PC.

1. Membuka WhatsApp via Browser

Kamu bisa membuka web browser di laptop atau komputer, dengan langkah-langkah di bawah ini :

  • Langkah pertama, silahkan buka web.whatsapp.com.
  • Masuk ke aplikasi WA di hp, lalu tap titik tiga dan tap opsi WhatsApp Web. Sesudah masuk ke dalam menu tersebut, silahkan tap ikon (+). Selanjutnya Kamu hanya perlu mengarahkan kamera ke dalam barcode, umumnya cuma beberapa detik saja WA Kamu langsung dapat diakses di web browser.

2. Install WhatsApp di Laptop/PC

Cara membuka WhatsApp di laptop selanjutnya, Kamu tinggal pasang aplikasi WA di laptopmu saja. Namun untuk saat ini, aplikasi WA hanya tersedia di Mac OS dan OS Windows saja.

  • Silahkan buka halaman whatsapp.com/download, lalu pilih berdasarkan OS yang Kamu pakai. Kemudian ketuk WhatsappSetup.exe, setelah itu lakukan instalasi dan tinggal ikuti perintahnya.
  • Setelah berhasil terpasang, silahkan buka WhatsApp Apps di komputer.
  • Kemudian buka aplikasi WA di hp, silahkan tap ikon tiga titik dan tap WhatsApp Web. Sesudah masuk ke dalam menu tersebut, silahkan tap (+). Terakhir, Kamu cukup mengarahkan kamera ke dalam barcode saja, biasanya hanya memerlukan waktu beberapa detik saja WA langsung dapat diakses lewat browser tersebut.
Terkait:  Cara Melihat Cadangan Chat Whatsapp di Google Drive

Tutorial Membuka WhatsApp di Laptop Tanpa Scan Barcode

Cara membuka WhatsApp di laptop selanjutnya dapat dilakukan tanpa harus scan barcode. Akan tetapi, cara yang satu ini biasanya hanya berlaku bagi kondisi tertentu. Dengan catatan, sebelumnya Kamu pernah membuka WA Web di PC/laptop, jadi tak perlu lagi melakukan scan barcode kembali.

Jika Kamu ingin benar-benar membuka WA di laptop tanpa harus scan barcode, Kamu harus memakai emulator android. Akan tetapi, cara yang satu ini membuat WhatsApp Kamu yang login di perangkat hp akan logout. Karena satu akun WA hanya dapat dibuka pada satu perangkat.

Supaya Kamu dapat membuka akun WA di dua perangkat bersamaan, Kamu harus memakai WhatsApp Web. Jika memakai layanan ini, Kamu harus scan barcode untuk verifikasi jika Kamu sudah menyetujui untuk membuka akun WhatsApp pada perangkat lain.

Jika dibandingkan memakai emulator, dianjurkan untuk memilih memakai layanan WA Web untuk mengakses WhatsApp di perangkat laptop. Walaupun harus melakukan scan barcode tapi cara yang satu ini bisa dibilang labih efektif mengingat akun WA di hp tidak logout.

Layanan WA Web dapat diakses melalui browser dan aplikasi. Dimana keduanya mengharuskanmu melakukan scan barcode lebih dulu untuk membuka WhatsApp di laptop. Akan tetapi, Kami mempunyai trik khusus untuk membuka WA di laptop tanpa harus scan barcode.

Untuk yang masih penasaran dengan cara membuka WhatsApp di laptop tanpa scan barcode, berikut ulasannya!

1. Memakai Emulator Android

Cara yang bisa dilakukan untuk membuka WhatsApp di laptop tanpa scan barcode ialah dengan memakai Emulator Android. Sebenarnya ada banyak pilihan emulator yang dapat dipakai, salah satunya ialah BlueStacks. Bisa dikatakan, emulator yang satu ini layak menjaid yang terbaik, mengingat fitur yang ditawarkannya cukup lengkap bahkan stabil saat dipakai.

Terkait:  Cara Membuka Kunci yang Macet

BlueStacks dapat diunduh secara gratis serta sudah tersedia di laptop berbasis MacOS dan Windows. BlueStacks sendiri telah menjadi emulator paling stabil. Hanya saja cukup berat dipakai pada perangkat laptop yang berspesifikasi rendah sebab memerlukan minimal RAM 2GB.

Jika Kamu ingin lancar mengakses WhatsApp di PC memakai Bluestack, disarankan memakai laptop berkapasitas 4 RAM ke atas dengan dukungan prosesor handal. Berikut tutorialnya :

  • Silahkan unduh emulator BlueStacks lewat halaman situs https://www.bluestacks.com/
  • Lalu instal file tertentu yang telah diunduh kemudian ikuti perintah penginstalan.
  • Jika sudah berhasil diinstal, Kamu cukup membuka Google Play Store yang telah tersedia BlueStacks. Akan tetapi, sebelumnya login terlebih dahulu ke akun Google.
  • Setelah itu, unduh aplikasi WhatsApp dan login dengan cara memasukkan nomor ponsel yang terkoneksi pada akun WhatsApp.
  • Selanjutnya Kamu akan diminta menginputkan kode verifikasi.
  • Lalu inputkan kode yang telah dikirimkan melalui SMS, selanjutnya Kamu dapat membuka WA di laptop tanpa melakukan scan barcode.

Metode yang satu ini bisa dikatakan cukup mudah, tapi akun WA yang login di HP secara otomatis akan logout, karenanya Kamu hanya dapat membuka WA di laptop.

2. Memakai Fitur Keep Me Signed In

Cara membuka WhatsApp di laptop tanpa scan barcode selanjutnya ialah melalui fitur Keep Me Signed In. Fitur yang satu ini dapat diaktifkan ketika mengakses WA web pertama kali di laptop. Jika ingin mengaktifkan fitur yang satu ini, Kamu cukup melakukan sekali scan barcode saja ketika membuka WA di PC.

Scan barcode memang tetap diperlukan. Karena persyaratan utama memakai WA web sendiri ialah harus melakukan scan barcode untuk verifikasi. Pihak WhatsApp sendiri melakukan hal tersebut untuk mencegah proses penyadapan sekaligus menjaga keamanan dari para penggunanya.

Terkait:  Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus

Keep me signed in biasanya menggunakan history browser, jadi Kamu tak perlu scan barcode kembali ketika membuka WA. Tapi jika cache browser telah dihapus, secara otomatis WA web Kamu akan logout serta Kamu harus melakukan login kembali dengan scan barcode.

Selain itu, hal sama juga biasanya berlaku jika memakai WA Web versi aplikasi. Inilah salah satu kelemahan membuka WA di laptop memakai keep me signed in. Walaupun demikian, tak ada salahnya mencoba cara ini.

  • Pertama-tama, silahkan buka link https://web.whatsapp.com/
  • Selanjutnya masuk ke opsi Keep Me Sign In di bawah QR Code.
  • Selanjutnya cukup buka aplikasi WA di hp.
  • Lalu tap opsi ikon titik tiga di samping kanan atas.
  • Selanjutnya pilih opsi WhatsApp Web.
  • Lalu scan barcode di WhatsApp Web.
  • Selanjutnya Kamu pun sudah dapat membuka WA di laptop.

Jika sudah sukses melakukan scan barcode, selanjutnya web browser menampilkan seluruh isi percakapan WA di smartphone. Kamu bisa langsung melakukan chat ke salah satu daftar kontak WA atau dengan mengirimkan gambar, kirim video, melihat status dan lainnya.

Itulah beberapa panduan cara membuka WhatsApp di laptop yang bisa Kamu coba agar Kamu bisa mengakses WhatsApp dengan mudah di PC.

Related posts