Cara Membuka Blokir di Facebook

Facebook menawarkan layanan pemblokiran pada akun orang lain, karenanya orang tersebut tidak dapat melihat maupun berinteraksi apapun bersama akun FB kita. Sebenarnya cara tersebut tak hanya dipakai di Facebook saja, melainkan hampir seluruh media sosial menggunakan fitur ini. Namun sayangnya, masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara membuka blokir di Facebook.

Apabila Kamu sebelumnya pernah memblokir salah satu akun Facebook, Kamu mungkin beranggapan tidak dapat melakukan pembatalan blokir atau unblock akun tersebut. Tapi ternyata anggapan tersebut salah, karena Kamu tetap dapat membatalkan pemblokiran di setiap akun FB orang yang sudah pernah diblokir.

Metode pembatalan blokir tesebut sangat tepat jika Kamu tanpa sengaja memblokir salah satu akun Facebook yang tak ingin diblokir. Namun jika ternyata sudah terlanjur memblokir akun tersebut, Kamu sudah tak dapat mengakses akun FB tersebut kembali.

Cara Membuka Blokir di Facebook

Cara Membuka Blokir di Facebook
Membuka Blokir di Facebook

Tutorial Membuka Blokir di Facebook

Untuk membuka blokir pada akun Facebook yang Kamu blokir, atau membuka blokiran di Facebook lainnya, ada beberapa metode yang bisa Kamu coba berikut :

Metode 1 : Membuka Blokir di Facebook Melalui Tombol Settings

Cara membuka blokir di Facebook yang pertama ialah dengan memanfaatkan tombol settings di Facebook.

  • Pertama-tama, silahkan masuk ke akun FB Kamu terlebih dahulu.
  • Jika sudah, masuk ke opsi pengaturan dengan cara klik “Settings”.
  • Tekan submenu blocking, selanjutnya akan muncul list profil Facebook yang sudah pernah di block sebelumnya. Lalu tekan pada tulisan unblock jika ingin membatalkan block di akun Facebook.
  • Setelah muncul kotak pemberitahuan, tinggal klik confirm.

Sebagai catatan, apabila Kamu belum pernah melakukan pemblokiran akun FB pengguna seorangpun, di tahpa ketiga tak akan muncul satupun nama profil Facebook. Karena tak semua profil Facebook yang diblokir akan muncul pada tampilan di tahpa ketiga, khususnya di akun yang telah dinonaktifkan.

Metode 2 : Mengatasi Akun Facebook yang Diblokir

Untuk cara membuka blokir di Facebook yang satu ini berlaku pada kasus akun facebookmu yang diblokir oleh pihak Facebook. Biasanya Facebook mengalami pemblokiran atau banned karena ada pihak yang telah melaporkan akunmu ke pihak Facebook. Bisa juga karena ada hal-hal yang telah melanggar kebijakan Facebook. Selain itu, akun FB yang diblokir umumnya adalah akun palsu, yang terlalu sering membagikan postingan sehingga dianggap sebagai spamming, lalu dilaporkan oleh orang lain.

Ada beberapa panduan cara mengatasi akun FB yang diblokir untuk kasus di atas, berikut ini :

  • Pertama-tama siapkan identitas diri, seperti SIM, KTP, Kartu Pelajar maupun yang lainnya.
  • Silahkan buka web browser di perangkatmu untuk mengakses aplikasi Facebook.
  • Mengunjungi pusat bantuan Facebook.
  • Mengisi akun email dan nomor teleponmu.
  • Mengisi nama lengkapmu.
  • Upload foto KTP yang telah dipersiapkan dan pilih opsi di atas salah satunya.
  • Klik panah ke kanan dan tekan “Kirim”,
  • Selanjutnya Kamu cukup menunggu konfirmasi pihak Facebook.

Setelah itu, Kamu bisa melakukan cara membuka blokir di Facebook dengan 2 cara, yaitu via desktop dan Hp. Berikut ulasannya :

1. Membuka Facebook yang Telah Diblokir Lewat Desktop

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah persiapkan jaringan internet terlebih dahulu, kemudian lakukan langkah-langkah berikut :

  • Persiapkan tanda pengenal diri yang Kamu miliki yang masih berlaku, misalnya seperti passport, KTP, KTM, SIM, dan lain sebagainya.
  • Buka web browser di perangkatmu, baik itu Opera, Chrome, Mozilla maupun yang lainnya.
  • Adapun langkah berikutnya ialah mengunjungi layanan pusat bantuan Facebook apabila ingin mengajukan banding.
  • Isikan nomor telepon atau akun email yang sudah dipakai untuk mendaftar Facebook.
  • Silahkan mengisi “nama lengkap” sesuai “akun facebook” Kamu. Misalnya akun FB Kamu bernama “Adinda”, Kamu tinggal mengisi “Nama Lengkap” di kolom yang tersedia.
  • Apabila semua kolom di form tersebut sudah diisi, langkah berikutnya upload foto KTP, lalu pilih saja salah satunya. Dari banyaknya pilihan kartu identitas, Kamu dapat menggunakan SIM, KTP dan lainnya. Untuk mengunggah foto KTP sebaiknya lakukan scan, supaya lebih jelas.
  • Langkah berikutnya klik “Kirim” dan selesai.
  • Selanjutnya Kamu tinggal menunggu konfirmasi saja dari Facebook. Biasanya akan dikirimkan lewat “email” selama kurun waktu 2-3 jam sesudah pengiriman.

2. Membuka Facebook yang Telah Diblokir Lewat Ponsel

Bagaimana jika ingn membuka akun Facebook kembali yang sudah diblokir memakai hp? Sebenarnya langkah di atas juga dapat diterapkan via ponsel. Akan tetapi, sebagai saran sebaiknya pakai desktop, selain lebih nyaman juga lebih jelas dan mudah. Hal ini dikarenakan jika memakai hp akan terhambat oleh masalah keterbatasan luas layar tidak sebesar saat memakai desktop.

Kamu juga harus tahu bahwa tak semua proses pengajuan banding bisa diterima pihak Facebook. Apabila sudah terjadi hal seperti ini, Kamu sebaiknya membuat akun FB yang baru.

Metode 3 : Membuka Blokir di Facebook

Jika Kamu memakai Facebook sebagai media untuk mempromosikan jasa atau produk. Apakah Kamu pernah mengalami sulit mengatur iklan di FB? Kemungkinan alasannya ialah iklan telah diblkir atau dinonaktifkan oleh Facebook. Namun Kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa langkah cara membuka blokir di Facebook untuk pemblokiran iklan.

Biasanya, salah satu faktor penyebab pemblokiran iklan di Facebook terjadi ialah karena kebijakan atau peraturan dari Facebook yang telah dilanggar pengguna. Kasus ini terjadi apabila iklan di FB merupakan iklan yang tak dapat diterbitkan atau ditayangkan.

1. Pastikan Status Iklan di Facebook Aktif

Langkah awal yang dapat dilakukan ialah mengecek status iklan yang ada di Facebook apakah aktif ataukah tidak. Jika iklan tidak aktif, tentu saja pengguna tak dapat menyetting iklan di FB. Oleh karena itu, sebaiknya Kamu pastikan iklan sudah benar-benar aktif.

2. Mengunjungi Situs Facebook

Metode kedua, jika ingin mengaktifkan iklan di FB ialah dengan cara mengunjungi Facebook/help/Business di Browser, kemudian klik. Selanjutnya Kamu akan ditampilkan informasi-informasi terkait masalah yang sedang dihadapi pada akun Facebook Business. Adapun salah satunya ialah persoalan terkait iklan.

3. Mengklik Dukungan

Sesudah ditampilkan, ada beberapa persoalan yang kerap dihadapi di FB. Adapun untuk membuka pemblokiran iklan di FB selanjutnya ialah mengklik dukungan di pojok kanan bagian atas. Lalu pengguna dapat memilih “Alls Asset Types”.

4. Memilih All Asset Types

Kemudian pengguna akan langsung disuguhkan tampilan bantuan sesuai yang dibutuhkan. Kemudian dapat memilih asetnya dengan mengklik “All Asset Types”. Setelah itu, Kamu akan melihat beberapa opsi. Lalu pilih sesuai dengan kebutuhan, yakni iklan.

5. Pilih Akun Iklan

Selanjutnya, Kamu dapat memilih opsi akun iklan yang mana yang akan diaktifkan lagi. Kamu akan ditampilkan opsi bantuan-bantuan tertentu yang diperlukan. Silahkan pilih iklan saya dinonaktifkan. Jika sudah, isi akun email yang dipakai pengguna dan tuliskan nomor kontaknya.

6. Melampirkan Tangkapan Layar Iklan yang Dinonaktifkan

Selanjutnya pengguna harus melampirkan tangkapan layar akun iklan tertentu yang dinonaktifkan. Lalu pilih file. Setelah semua terisi, selanjutnya tekan pilihan mulai obrolan. Dimana obrolan tersebut nantinya akan terhubung pada pihak Facebook. Jika beruntung, Facebook akan langsung merespon permintaan pengguna dengan cepat.

Umumnya, cepat atau lamanya respon tergantung dari jenis pelanggaran kebijakan yang dilakukan. Apabila pelanggarannya masih ringan, maka kemungkinan besar akun iklan Facebook-mu akan aktif kembali. Namun, apabila pelanggarannya berat waktu yang diperlukan akan sedikit lama, atua bahkan iklan FB-mu tak akan dapat kembali.

Nah, demikian ulasna terkait cara membuka blokir di Facebook mulai dari membuka blokiran akun facebook sendiri, akun facebook orang yang diblokir dan buka blokiran iklan. Semoga bermanfaat!

Related posts