Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

  • Whatsapp

Apakah kamu ingin menghasilkan uang dari Youtube? Apakah menghasilkan uang dari Youtube bisa dilakukan dengan mudah? Untuk itu artikel ini akan menjelaskan beberapa cara menghasilkan uang dari Youtube.

Apa itu Youtube

Youtube adalah sebuah situs web berbagi video terbesar di abad ini. Ketenaran dan persebaran Youtube yang sangat luas membuat situs ini menjadi situs utama masyarakat dalam urusan hiburan video. Berawal dari tahun 2005 sebagai sebuah situs kecil, perlahan nama Youtube mulai dikenal karena kemudahannya dalam mengunggah, berbagi, dan menikmati konten berupa video. Para video creator pun berdatangan membuat channel Youtube dan mengunggah video di Youtube.

Read More

Semakin bertambah usia, semakin banyak yang menggunakan Youtube sebagai sumber hiburan. Banyaknya penonton di Youtube menarik minat berbagai pihak untuk menjadikan Youtube sebagai ladang bisnis baru bagi mereka. Baik sebagai jalan melakukan promosi, ataupun sebagai jalan untuk menghasilkan uang dari konten yang dinikmati penonton Youtube. 

Menariknya, kini jalan untuk menghasilkan uang dari Youtube sudah sangat beragam. Bertambahnya fitur dan semakin banyaknya pengguna Youtube membuat kesempatan untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube semakin besar. Tak sedikit yang berhasil memperoleh jutaan bahkan miliaran rupiah dari menjadi seorang kreator di Youtube, yang dinamakan Youtuber. Kini, Youtuber menjadi sebuah profesi baru yang diidam-idamkan banyak kaum muda.

Potensi Besar Youtube untuk Menghasilkan Uang

Tentu saja, melihat seberapa besar Youtube saat ini, banyak orang pasti menyadari seberapa besar potensi situs ini untuk menghasilkan uang. Beberapa potensi Youtube sebagai tempat menghasilkan uang adalah :

  • Banyaknya pengguna. Semakin hari, pengguna Youtube semakin banyak. Hal ini tentu dapat menjadi potensi besar bagi kamu yang ingin menghasilkan uang dari Youtube. Banyaknya pengguna ini akan dimanfaatkan para pengusaha untuk beriklan di Youtube, dan para pembuat konten bisa menghasilkan uang dari iklan tersebut.
  • Konten yang beragam. Untuk menjadi seorang Youtuber dan menghasilkan uang, konten adalah salah satu senjata utama yang kamu miliki. Untungnya, konten yang terdapat di Youtube sangat beragam. Kamu tidak harus terikat pada satu jenis konten, karena berbagai konten selalu mempunyai penonton di Youtube.
  • Banyaknya fitur pendukung. Youtube memberikanmu berbagai fitur yang dapat mendukung kegiatanmu sebagai Youtuber. Fitur seperti membership, live streaming, dan lain sebagainya dapat kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang dari Youtube.
Terkait:  Cara Install YouTube Vanced

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube
Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

Setelah melihat berbagai potensi yang dimiliki Youtube untuk menghasilkan uang, saatnya untuk mengetahui cara menghasilkan uang dari Youtube. Kabar gembiranya adalah, kamu dapat menghasilkan uang dari Youtube melalui berbagai cara, antara lain :

  • Membuat iklan. Iklan adalah hal paling dasar tentang mnghasilkan uang dari Youtube. Banyak Youtuber menggunakan iklan sebagai sumber penghasilan utama mereka di Youtube.
  • Program Membership. Merupakan sebauh fitur baru di Youtube, kamu dapat memanfaatkan program membership untuk menghasilkan uang.
  • Superchat. Superchat juga merupakan sebuah fitur baru yang dapat kamu gunakan untuk menghasilkan uang dari Youtube.
  • Merchandise. Jika kamu berhasil terkenal di Youtube, kamu bisa membuat merchandise khas yang akan menggoda para penggemarmu untuk membelinya. Merchandise biasanya berupa kaos, action figure, topi, jaket, yang membuat pembeli merasa menjadi bagian darimu.
  • Youtube Premium. Kamu bisa mendapat bagian uang jika konten milikmu masuk ke dalam Youtube Premium.
  • Live Stream. Bagi para penggiat game, live stream bukan hal yang baru. Dengan melakukan live stream, kamu bisa mendapatkan penghasilan selama live stream berlangsung.

Keenam metode tersebut dapat kamu tempuh unutk menghasilkan uang dari Youtube.

Menghasilkan Uang dari Youtube melalui Iklan

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Youtube memiliki salah satu potensi yaitu banyaknya pengguna. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh beberapa pihak pengusaha baik pengusaha kelas atas hingga pengusaha mikro untuk mengiklankan produk mereka di Youtube. Iklan yang dibuat, akan ditayangkan di konten milik Youtuber. Salah satu iklan yang terkenal di kalangan Youtuber adalah Google Adsense.

Google Adsense adalah layanan iklan yang menghubungkan pihak pengiklan dengan para kreator Youtube. Sebagai kreator Youtube, tentu kamu harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan agar kontenmu dapat menayangkan iklan Google Adsense. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah terkait jumlah subscriber, lama jam tayang, isi dalam konten tersebut dan beberapa ketentuan dari Youtube lainnya. 

Terkait:  Cara Download Lagu di JOOX

Namun, apabila kamu sudah memiliki banyak penggemar, namun tidak kunjung bisa menayangkan iklan Adsense, masih ada cara lain. Kamu bisa mengajukan kerjasama dengan beberapa pihak, untuk membuat sendiri iklan produk mereka di setiap konten yang kamu buat. Kamu bisa menawarkan sponsorship kepada para pelaku usaha sebagai feedback dari iklan yang kamu tayangkan. Dengan cara ini, kamu tidak perlu repot-repot menunggu Channelmu disetujui oleh Google Adsense untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube.

Menghasilkan Uang dari Youtube melalui Membership

Membership adalah sebuah fitur baru yang sedang naik daun di Youtube. Mungkin sebelumnya kamu sudah mengenal istilah “subscribe”, dimana penonton yang melakukan subscribe akan mendapatkan update secara berkala.Hampir sama dengan subscribe, membership adalah fitur yang membuat penonton menjadi lebih dekat dengan konten kreator idolanya. Para penonton yang tergabung dalam membership dapat menikmati konten khusus yang disajikan oleh sang kreator. 

Untuk bisa menjadi membership, pengguna Youtube harus membayar sejumlah uang. Uang yang dibayarkan pun berbeda-beda tergantung tingkatan membership yang diinginkan. Dengan konsisten membuat konten yang berkualitas dan disukai oleh para penonton, kamu pasti akan menghasilkan uang dari program membership ini.

Menghasilkan Uang dari Youtube melalui Superchat

Superchat merupakan fitur yang dapat dinikmati oleh para membership. Ketika mengomentari sebuah video, akan muncul tanda yang menunjukkan bahwa pengguna Youtube tersebut merupakan anggota dari program membership. Selain itu, superchat juga menyediakan super sticker yang dapat digunakan untuk meramaikan kolom komentar dari sebuah konten Youtube.

Menghasilkan Uang dari Youtube melalui Merchandise

Bagi para trendsetter, menjual merchandise adalah hal yang wajar. Banyak penggemar yang haus akan identitas, berbondong bondong membeli merchandise keluaran public figure. Hal itu tentu ditujukan sebagai bentuk kecintaan penggemar terhadap idolanya. Melalui Youtube, kamu dapat membangun popularitas, dan mempromosikan merchandise yang kamu jual di setiap konten Youtube milikmu.

Terkait:  Cara Mengambil Uang dari Youtube

Menghasilkan Uang dari Youtube melalui Youtube Premium

Youtube premium merupakan fitur yang ditawarkan Youtube kepada para penggemarnya yang jenuh dengan keberadaan iklan. Dengan berlangganan Youtube Premium, seorang pengguna tidak lagi harus melewati iklan setiap menonton video kesukaannya. Tentu dibutuhkan pembayaran untuk bisa berlangganan fitur ini. Jika kontenmu terdaftar di Youtube Premium, tentu kamu akan mendapatkan penghasilan dari konten milikmu.

Menghasilkan Uang dari Youtube melalui Live Stream

Live stream merupakan fitur dimana kamu sebagai seorang konten kreator, melakukan siaran langsung dan dapat berinteraksi langsung dengan penontonmu. Melalui live streaming, kamu dapat meraup penghasilan memanfaatkan situs donasi seperti saweria, patreon, dan lain sebagainya. Sudah banyak Youtuber yang mendapatkan penghasilan dengan cara ini. Yang masih hangat baru-baru ini adalah Youtuber ybrap (Reza Oktovian) yang mendapatkan donasi sebesar 1 Miliar dalam sekali live stream. Jika kamu memiliki kegiatan untuk disiarkan secara langsung, kamu bisa mencoba cara ini.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghasilkan uang dari Youtube. Semoga bermanfaat.

Related posts