Cara Menggunakan Zoom di HP

  • Whatsapp

Menggunakan Zoom di HP saat ini menjadi hal yang wajib dilakukan bagi para pekerja, pelajar, maupun mahasiswa. Apalagi sekarang kita tengah berada di masa pandemi, yang menggharuskan komunikasi jarak jauh agar penyebaran virus covid-19 dapat diminimalisir. Cara menggunakan Zoom di HP sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan Zoom di PC.

Perbedaanya hanya di beberapa fitur yang sedikit berubah karena berbeda device.  Tetapi justru di sinilah letak posistifnya. Kita bisa bayangkan di saat-saat darurat dan kita lupa membawa PC, sedangkan tuntutan aktivitas mengharuskan menggunakan Zoom. Ya, menggunakan Zoom melalui HP adalah solusi yang tepat. Zoom di device HP sendiri memiliki beberapa fitur.

Sebelum menggunakan aplikasinya, kita kenalan dulu dengan fitur-fiturnya.

Macam-Macam Fitur Zoom

  1. Schedule a Meeting

Fitur ini berfungsi mengijikan Host untuk membuat jadwal meeting yang akan berlangsung. Jadi sebelum meeting di mulai, kehadiran seorang Host sangatlah diperlukan untuk menengahi jalannya meeting agar aman dan terkendali.

  1. Join a Meeting

Ini merupakan fitur pamungkas, karena tanpa adanya fitur ini kita tidak dapat masuk ke acara meeting yang akan kita tuju. Di sini kita dapat bergabung dengan teman-teman kita yang sudah diundang via link yang berasal dari host atau copy-paste meeting ID yang telah tersedia.

  1. Host a Meeting

Di zoom siapa saja diperbolehkan untuk menjadi Host atau orang yang memimpin meeting. Saat menjadi host, kita bisa mengatur meeting dengan beberapa varian, yakni With Video Off atau tanpa menggunakan video, With Video On atau menggunakan video dan screen, serta yang terakhir adalah Share Only atau menampilkan tampilan layar di laptop atau smartphone yang bisa kita manfaatkan untuk presentasi.

Terkait:  Cara Menggunakan Zoom Meeting di HP

Selanjutnya kita akan mengupas apa saja yang menjadi kelebihan Zoom dari aplikasi serupa lainnya.

Kelebihan Zoom

Aplikasi Zoom memberikan kita banyak kelebihan yang jarang diketahui para penggunanya, berikut beberapa diantara keunggulan aplikasi Zoom:

  1. Kapasitas Ruang Besar

Zoom memberi solusi bagi tiap permasalahan ruang bagi pengguna. Akses kapasitas ruang yang diberikan oleh teknologi ini cukup besar. Zoom memberikan 1.000 akses bagi anggota dalam satu forum diskusi, serta 10.000 anggota dalam satu forum siaran langsung. Hal ini cukup memudahkan kita sebagai pengguna khususnya sektor pendidikan dalam melaksanakan diskusi jarak jauh.

  1. Fitur Beraneka Ragam

Zoom telah merilis salah satu fitur tersebut guna memberikan kepercayaan tersendiri bagi para penggunanya. Rata-rata para pengguna memiliki kepercayaan diri yang kurang baik saat menggunakan teknologi diskusi jarak jauh. Fitur ini dapat mengatur kecerahan seperti halnya foto pada umumnya. Tak hanya itu, terdapat pula fitur pengganti latar belakang yang unik dan belum pernah ada sebelumnya.

Selain fitur gambar yang tersedia di teknologi Zoom, terdapat pula fitur akses menghidupkan dan mematikan suara serta gambar. Akses ini diklaim cukup berguna bagi para pengguna terutama pada kualitas suara. Saat sebuah diskusi berjalan, tentunya harus menyediakan kondisi yang kondusif untuk kelancaran kegiatan. Fitur mematikan mikrofon pada peserta diskusi dapat menjadi salah satu alternatif tersebut.

  1. Kualitas Akses Tinggi

Zoom memberikan kualitas akses yang tinggi kepada penggunanya. Hal ini tentunya menjadi sisi positif tersendiri bagi pengguna zoom pada umumnya. Tak jarang pula, pengguna Zoom merasa sangat terbantu dengan fitur seperti ini.

Jika pengguna Zoom berkenan, terdapat pula akses dengan kualitas tinggi pada layar presentasi. Layar presentasi disediakan sedemikian baik bagi pengguna Zoom demi memudahkan kenyamanan dan kelancaran dalam berdiskusi.

Terkait:  Cara Install TeamViewer

Cara Menggunakan Zoom di HP

Cara Menggunakan Zoom di HP
Menggunakan Zoom di HP

Setelah mengenal fitur-fitur dan kelebihan Zoom, saatnya kita beranjak ke cara menggunakan zoom di HP. Berikut adalah urutannya.

Cara Menggunakan Zoom di HP Sebagai Partisipan

  1. Install Zoom

Jelas ini adalah cara yang pertama dan paling utama, tanpa menginstallnya dahulu, tentu saja kita tidak dapat menggunakannya bukan. Lain jenis HP kita, lain pula cara meng-install-nya. Jika jenis HP kita adalah Android, HP kita haruslah minimal bersistem operasi Lolipop, syukur-syukur lebih dari itu.

Sedangkan jika HP kita bersistem operasi iOS, kita musti mempunyai minimal iphone 4 dengan sistem operasi iOS 8. Kemudian kita tinggal unduh di App Store (untuk iOS) dan Play Store (untuk android).

  1. Daftar Akun

Setelah Zoom terinstall, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan akun kita di Zoom. Di sini, terdapat tulisan Sign Up, kita klik. Kemudian kita diberi pilihan untuk daftar melaui akun Facebook atau menggunakan E-mail kita.

  1. Masuk ke Setting atau Pengaturan

Di tahap ini, kita bakal memukan Personal Meeting ID yang dapat kita gunakan untuk mengundang teman-teman kita ke video conference.

  1. Copy Meeting ID dan Kirim

Setelah sampai di sini, kita dapat men-copy dan mengirim kepada teman-teman kita yang akan diundang ke video conference. Bisa juga menggunakan link untuk di Copy-Paste di browser yang kita miliki.

  1. Sebagai Partisipan

Apabila kita adalah partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom, kita tidak perlu memiliki akun. Kita  cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat Host.

Jika link tersebut di-klik, partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference. Partisipan juga bisa meng-copy-paste Meeting ID milik Host untuk bergabung ke conference, kemudian klik Join a Meeting.

Terkait:  Cara Menggunakan Zoom Meeting di HP

Lalu bagaimana saat kita ingin menjadi Host?, berikut adalah caranya.

Cara Menggunakan Zoom HP Sebagai Host

Sebenarnya tidak jauh bebeda dengan saat kita menjadi partisipan di Zoom. Hanya saja saat kita menjadiseorang host, yang memegang kendali penuh atas Zoom meeting yang telah kita buat adalah kita sendiri. Jadi kita dapat me-mute partisipan, bahkan mengeluarkan partisipan apabila membuat kondisi meeting tidak nyaman. Tanpa menjelaskan panjang lebar lagi, langsung saja kita menuju cara menjadi Host di aplikasi Zoom kita.

  • Buka aplikasi Zoom di Hp kita. (Jika belum punya, silahkan download dan install dulu aplikasi Zoom lewat Google Play atau App Store)
  • Pilih “Participants”.
  • Pilih “Daftar Peserta” meeting yang akan keluar.
  • Pilih salah satu nama peserta meeting yang akan kamu jadikan sebagai host.
  • Jika sudah klik “Make Host”.
  • Klik Yes untuk mengkonfirmasi.
  • Selesai.

Itulah kiranya beberapa pembahasan mengenai Zoom. Dengan adanya pembahasan di atas, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua sehingga lancar dan tidak ada suatu halangan apapun dalam menjalankan aktivitas komunikasi jarak jauh dengan memakai Zoom.

Related posts