Cara Mengecek Akreditasi Kampus

  • Whatsapp

Cara mengecek akreditasi kampus ternyata sangat mudah. Jika kamu ingin mendaftar di sebuah kampus dan ingin mengetahui nilai akreditasi kampus tersebut terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan beberapa metode yang telah kami rangkum untuk kamu.

Akreditasi kampus dan program studi menjadi salah satu pertimbangan saat akan berkuliah. Akreditasi baik kampus dan jurusan terkadang menjadi syarat untuk melamar kerja. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan akreditasi kampus dan jurusan sebelum memutuskan untuk kuliah. Dan jika kamu belum mengetahui cara mengecek akreditasi kampus, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Perguruan tinggi yang terakreditasi oleh BAN-PT pasti sudah tidak diragukan lagi kualitas pendidikannya, sehingga kompetensi mahasiswanya pun sesuai dengan standar pendidikan.
Selain itu, fungsi akreditasi kampus dan program studi (prodi) juga diperlukan sebagai syarat umum dalam melamar pekerjaan di institusi pemerintahan seperti pegawai negeri, BUMN, perusahaan swasta, hingga multinasional.

Cara Mengecek Akreditasi Kampus

Cara Mengecek Akreditasi Kampus
Cara Mengecek Akreditasi Kampus

Jika kamu ingin mengetahui informasi mengenai akreditasi sebuah kampus. Namun kamu tidak mengerti cara mengecek akreditasi kampus tersebut. Kami punya solusi untuk kamu. Kami rangkumkan beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk mengecek akreditasi sebuah kampus.

Cek Akreditasi Kampus di PC/Laptop

Untuk cara mengecek akreditasi kampus kamu bisa menggunakan PC/laptop. Karena jika melalui laptop dengan layar monitor yang cukup dan kamu bisa melihat semua informasi dengan jelas. Dari melihat data akreditasi tersebut kamu bisa mendapatkan informasi mengenai nilai akreditasi sebuah kampus sampai dengan keluarnya tanggal SK dan berakhirnya atau kadaluarsanya SK tersebut. Berikut ini langkah mengecek akreditasi kampus:

  • Buka browser kamu, bisa lewat Mozila, Google Chrome, Opera, ataupun yang lainnya
  • Jika sudah, buka situs web https://www.banpt.or.id/ untuk mengetahui akreditasi kampus
  • Kemudian silahkan kamu pilih “Data Akreditasi”
  • Pilih “Institutsi (terkini)”
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul kolom beberapa perguruan tinggi
  • Jika sudah muncul, kamu bisa mencari perguruan tinggi yang ingin kamu cari dengan memasukkan nama kampus di kolom pencarian yang tersedia
  • Setelah itu akan keluar hasil akreditasi kampus yang telah kamu masukkan, mulai dari peringkat universitas, nomor SK, tahun SK, wilayah, tanggal dan status kedaluwarsa
Terkait:  Cara Cek Masa Aktif Kartu XL

Mengecek Akreditasi Kampus dengan Smartphone

Jika kamu malas menggunakan laptop atau PC, kamu juga bisa mengecek akreditasi sebuah kampus dengan menggunakan gadget. Karena gadget yang kecil dan ringan jadi kamu bisa menggunakannya untuk mengecek kapanpun dan dimanapun. Hampir sama seperti cek akreditasi kampus menggunakan laptop, hanya saja yang akan membedakan adalah tampilannya karena gadget memiliki layar yang lebih kecil.

Jika kamu ingin mengetahui cara mengecek akreditasi kampus melalui smartphone, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Buka browser di gadget kamu, bisa menggunakan browser bawaan atau dengan UC browser
  • Jika sudah, buka situs web https://www.banpt.or.id/ untuk mengetahui akreditasi kampus
  • Setelah menampilkan situsnya, kamu bisa memilih ikon garis tiga yang terdapat di pojok kanan atas situs tersebut
  • Kemudian kamu pilih “Data Akreditasi”
  • Jika sudah, pilih submenu “Institusi (terkini)”
  • Setelah itu akan ditampilkan beberapa informasi mengenai akreditasi beberapa perguruan tinggi, jika kamu ingin mencari salah satu kampus, kamu bisa memasukkan nama kampus yang ingin kamu cari di kolom pencarian yang sudah tersedia
  • Dan informasi mengenai perguruan tinggi yang kamu cari akan segera ditampilkan di layar gadget kamu

Cara Mengecek Akreditasi Jurusan

Selain mengecek akreditasi kampusnya saja, kamu juga bisa mengecek jurusan di kampus tersebut terutama jurusan yang ingin kamu daftar. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai jurusan kampus yang ingin kamu cari. Nilai akreditasi sebuah jurusan di kampus juga sangat penting untuk kamu yang ingin mendaftar kuliah. Karena tidak jarang beberapa instansi mewajibkan peserta merupakan lulusan dari universitas atau jurusan terakreditasi.

Dan cara mengecek akreditasi jurusan juga cukup mudah, kamu hanya tinggal ikuti langkah berikut:

  • Buka browser kamu, bisa melalui Mozila, Google Chrome, Opera, ataupun yang lainnya
  • Jika sudah, buka situs web https://www.banpt.or.id/ untuk mengetahui akreditasi jurusan yang ingin kamu cari
  • Kemudian silahkan kamu pilih “Data Akreditasi”
  • Pilih “Program Studi (terkini)”
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul kolom beberapa perguruan tinggi dengan program studinya
  • Jika sudah muncul, kamu bisa mencari perguruan tinggi yang ingin kamu cari dengan memasukkan nama kampus di kolom pencarian yang tersedia dan juga jurusan yang ingin kamu cari
  • Setelah itu akan keluar hasil akreditasi kampus beserta akreditasi jurusan yang telah kamu masukkan, mulai dari peringkat universitas, nomor SK, tahun SK, wilayah, tanggal dan status kedaluwarsa
Terkait:  Cara Cek RAM PC

Itulah beberapa cara mengecek akreditasi kampus yang bisa kami rangkum untuk kamu. Jika kamu ingin mendaftar di sebuah kampus alangkah baiknya kamu harus mengerti nilai akreditasi kampus tersebut beserta jurusan yang ingin kamu ambil. Oleh sebab itu kamu perlu mengetahui cara mengecek akreditasi kampus yang ingin kamu tuju.

Related posts