Cara Cek Data Telkomsel

Siapa yang tidak kenal dengan SIM card Telkomsel? Kamu pasti pernah bahkan masih pakai provider seluler tersebut untuk menggunakan internet dan cara cek data Telkomsel harus dipahami oleh para penikmat dunia maya.

Bagaimana tidak, era digital nan modern seperti sekarang menuntut seluruh lapisan masyarakat harus mempunyai gadget seperti smartphone. HP kamu tidak akan berfungsi dengan baik tanpa kartu seluler untuk dipakai SMS, telepon hingga internet.

Telkomsel sudah menjadi provider seluler pertama dan paling berkualitas karena diklaim punya kekuatan sinyal nomor satu di Indonesia. Wajar saja para penggunanya nyaris semua orang dari elemen tertentu seperti politikus, tokoh masyarakat sampai rakyat biasa juga menggunakan provider ini.

Telkomsel juga memberikan harga kuota data bersahabat dengan kapasitas cukup tinggi untuk kalian yang tidak pernah berhenti mengakses internet untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk mengetahui data Telkomsel yang masih tersedia, kamu bukan hanya bertanya kepada orang lain yang sudah menggunakan kartu seluler ini lebih dulu. Kalian bisa mengikuti pembahasan selanjutnya untuk memastikan kuota internet masih tersisa atau tidak.

Tak hanya itu, para pengguna Telkomsel juga dapat memeriksanya lewat metode berbeda karena sebagian besar pemilik kartu ponsel tersebut jarang mengandalkan langkah yang sama dalam pemeriksaan informasi tersebut.

Cara Cek Data Telkomsel

Cara Cek Data Telkomsel
Cara Cek Data Telkomsel

Telkomsel masih menduduki posisi pertama sebagai provider seluler paling bagus dengan kualitas sinyal terbaik saat ini. Selain itu, kuota datanya punya harga menarik dan sinyal internetnya tidak perlu diragukan lagi.

Namun, kalian harus tahu pemeriksaan memori internet yang masih tersisa supaya kamu bisa berselancar di sosial media seperti WhatsApp, Facebook, Instagram atau aplikasi lain. Berikut ini merupakan beragam panduan cek data Telkomsel, antara lain :

1. Cara Cek Kuota Data Telkomsel via Dial Phone

  • Buka menu Dial Phone.
  • Kamu bisa masukkan kode angka *888#.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul dialog box berisi kumpulan menunya.
  • Kamu harus memilih menu Cek Kuota, tekan tombol Cek Kuota Internet dan permintaanmu bakal diproses.
  • Pihak Telkomsel bakal mengirimkan SMS mengenai informasi kuota data internet yang tersisa.
  • Selesai.

2. Cara Cek Kuota Data Telkomsel via SMS

  • Buka menu Message atau Pesan dari smartphone kamu.
  • Ketik UL (spasi) INFO dan kirim ke 3636.
  • Tunggu beberapa saat sampai operator seluler mengirimkan pesan balasan.
  • Apabila kamu belum menerima balasan, ganti format pesan dengan mengetik Flash (spasi) infov2 dan kirim ke nomor tujuan yang sama.
  • Selesai.

3. Cara Cek Kuota Data Telkomsel via Aplikasi MyTelkomsel

  • Unduh aplikasi MyTelkomsel via Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasinya seperti biasa dan masukkan nomor Telkomsel kamu, tekan tombol Lanjut.
  • Konfirmasi melalui kode yang dikirimkan lewat SMS.
  • Kamu bisa melihat kuota data internet maupun pulsa reguler yang tersisa pada halaman utamanya.
  • Untuk melihat rincian kuota internet, tekan tombol Kuota.
  • Kalian bisa melihat informasi soal kuota internet, 4G, VideoMax dan lainnya secara detail.
  • Selesai.

4. Cara Cek Kuota Data Telkomsel via Website Resmi Telkomsel

  • Buka website resmi Telkomsel via my.telkomsel.com.
  • Gunakan nomor Telkomsel dan masukkan ke dalam kolom yang tersedia, tekan tombol Kirim Kode.
  • Tunggu beberapa saat sampai operator Telkomsel mengirim kode verifikasi.
  • Kamu harus memasukkan empat digit angka tersebut ke kolom yang terlampir pada website tersebut.
  • Tekan tombol Telepon pada menu utama.
  • Kamu akan melihat informasi soal kuota internet 4G, kuota telepon, VideoMax dan lainnya.
  • Selesai.

5. Cara Cek Kuota Data Telkomsel via Email

Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar pengguna Telkomsel bahkan kamu sendiri jarang bahkan belum pernah menerapkan semua prosedur di atas. Namun, kalian bisa menerapkan langkah lain untuk memeriksa kuota internet yang tersisa. Kamu harus membuka email seperti Gmail atau Yahoo terlebih dahulu. Kamu bisa masukkan alamat email penerima yaitu cs@telkomsel.co.id, sedangkan isi email bebas namun inti pesan harus jelas.

6. Cara Cek Kuota Data Telkomsel via Customer Service

Andaikan semua langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya masih belum dipahami, gunakan alternatif lain untuk memeriksa kuota internet yang tersisa. Kamu bisa menghubungi customer service resmi Telkomsel.

Langkah mudah yang harus dilakukan adalah membuka menu Dial Phone dan masukkan nomor tujuan ke 188, tekan tombol Call atau OK. Umumnya setiap penelpon bakal dikenakan tarif sebesar Rp.300 (tiga ratus rupiah) setelah terhubung dengan pusat layanan.

Umumnya bahwa semua prosedur di atas pasti memberikan hasil akurat untuk kalian sebagai pengguna setia Telkomsel. Selain itu, aplikasi MyTelkomsel bisa diunduh secara gratis dan kapasitas penyimpanannya juga rendah.

Kamu juga dapat mengetahui kuota internet yang tersisa lewat SMS yang dikenakan tarif rendah. Telkomsel akan segera membalas permintaan kamu sebagai pengguna kartu selulernya dalam hitungan menit bahkan detik setelah permohonan informasi sudah dikirim.

Bagaimana Aktivasi Kuota Internet Telkomsel yang Cepat?

Untuk mengaktifkan kuota internet Telkomsel, kamu harus memberi paket data lewat counter terdekat maupun aplikasi MyTelkomsel. Apabila kuota internet belum dibeli (pembelian pulsa biasa), maka kamu bisa membuka menu Dial Phone terlebih dahulu.

Masukkan nomor tujuan yaitu *363# dan tunggu sampai muncul dialog box berisi informasi lengkap soal operator Telkomsel. Kamu bisa memilih paket internet mana saja yang ingin diaktifkan. Jika aktivasinya selesai, kalian biasanya bakal menerima notifikasi via SMS dari provider terkait.

Cara Cek Nomor Telkomsel dengan Cepat dan Mudah

Apabila kamu ingin mengaktifkan paket internet dan belum tahu nomor Telkomsel yang digunakan saat ini, bukalah menu Dial Phone terlebih dahulu. Langkah selanjutnya adalah masukkan kode angka *808# dan tekan tombol Call atau OK.

Tunggu beberapa saat hingga pihak operator menampilkan notifikasi pop up dari layar ponsel kalian. Kamu akan melihat langsung nomor telepon yang masih aktif dan dipakai saat ini untuk diisi ulang berupa pulsa reguler maupun kuota internet.

Cek Data Telkomsel Penting dan Harus Diingat, Mengapa?

Demikian informasi lengkap soal cara cek data Telkomsel terbaru dan terpercaya 2020. Kamu bisa mengikuti semua ulasan tersebut untuk memeriksa kuota internet yang masih tersedia, serta nomor telepon saat ini.

Mengapa pembahasan ini penting dan harus diingat? Hal itu dikarenakan nomor telepon yang digunakan jangan pernah dihapus maupun sekadar sekali pakai saja, lantaran proses registrasi terbilang rumit dan NIK yang dimasukkan ke dalam tahap registrasi tidak boleh dipakai berulang kali.

Umumnya bahwa nomor telepon yang dipakai secara konsisten bakal memperoleh harga pembelian paket internet lebih murah. Pasalnya, kamu sudah mengikuti panduan resmi yang disarankan Telkomsel dan kalian bisa membeli kuota internet via aplikasi MyTelkomsel maupun lewat panggilan operator seluler lewat kode angka rahasia.

Telkomsel selalu menawarkan promo menarik untuk pengguna setianya lewat aplikasi resminya yang bisa diunduh lewat Google Play Store (android) atau App Store (iOS). Semakin sering kalian bertransaksi, bonus yang diberikan lebih besar.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...