Cara Flash Sale Toko di Shopee

Sulit untuk menolak daya tarik dari Flash Sale. Apalagi ketika harus berhadapan dengan cara flash sale toko di Shopee yang terbukti selalu jor-joran menawarkan produk dengan harga termurah. Terlepas dari beberapa misteri (baca: kontroversi) tentang stock barang yang secara ghaib sold out, Flash Sale Shopee masih jadi salah satu yang paling diincar konsumen di Indonesia. Animo konsumen yang hyper tentu sangat menguntungkan bagi sang penjual barang, tapi tentunya tidak semua seller bisa ikut berpartisipasi dalam periode promo heboh ini.

Cara Flash Sale Toko di Shopee

Cara Flash Sale Toko di Shopee
Cara Flash Sale Toko di Shopee

Layaknya sebuah skema promo yang berkepanjangan, Flash Sale di Shopee juga dilakukan secara berkala. Tapi tentu, akan ada aturan-aturan yang ketat sehingga barang yang dijajakan sesuai dengan peta market konsumen. Jika ingin menakar level ketertarikan konsumen pada Flash Sale Shopee, maka kesempatan untuk nimbrung dalam campaign ini tentu tidak boleh disia-siakan. Nah, untuk kamu yang kebetulan penasaran cara ikut Flash Sale toko di Shopee pastikan untuk membaca semua artikel ini dengan lengkap ya!

Prasyarat Ikut Flash Sale Toko di Shopee

Berbeda dengan cara flash sale Shopee untuk konsumen yang tergolong sangat mudah, sisi lain dari persiapan sebuah toko untuk ikut Flash Sale termasuk merepotkan. Tapi sebelum kamu complain lebih jauh, kamu mesti perhatikan bahwa exposure yang ditawarkan Shopee dengan Flash Sale adalah jalan terbaik untuk meningkatkan penjualan kamu di platform marketplace ini.

Seperti yang sudah disinggung di atas, tidak semua seller akan kebagian hak untuk tahu cara Flash Sale Toko di Shopee. Dan tentunya, untuk menjaga muka dan kompetitifan sesama penjual, Shopee juga membuat beberapa aturan super ketat. Jika ingin meminjam istilah yang lebih konvensional, tidak semua seller akan dapat mengikuti Flash Sale. Promo ini adalah segmen yang dikhususkan Shopee untuk penjual yang telah berhasil menjaga kualitas mereka dengan beberapa capaian berikut:

  • Tidak memiliki poin penalti
  • Punya tingkat respons chat yang bagus
  • Memiliki tingkat pemenuhan jualan tinggi dan tingkat pengiriman terlambat yang rendah
  • Toko harus memiliki rating yang bagus

Empat prasyarat ini adalah hal yang mutlak dipenuhi jika ingin gabung dengan flash sale toko di Shopee. Terus, kalau toko kamu masih belum memenuhi aturan ini gimana? Tenang! Kamu juga bisa untuk mengaplikasikan Cara Flash Sale Toko di Shopee yang ada di section selanjutnya!

 Membeli Slot Flash Sale Toko di Shopee

Cukup masuk akal tentunya kalau Shopee ingin menyaring para seller nakal dengan prasyarat di atas. Tapi, kalau kamu kebetulan adalah seller yang baru merintis, kamu pasti akan kesulitan untuk di-approve ikut Flash Sale. Eits tenang dulu, money can talk. Khusus untuk para seller baru – atau mereka yang tidak cukup syarat – tapi ingin tancap gas mejeng di laman Flash Sale, kamu bisa kok untuk membeli slot Flash Sale yang tentunya tidak murah.

  1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah login ke akun Shopee dan masuk ke bagian Seller Solutions
  2. Pilih Flash Sale dan tentukan campaign mana yang ingin kamu pilih.
  3. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke galeri berisi semua produk yang tersedia di toko kamu. Nominasikan beberapa produk andalan untuk mejeng di laman Flash Sale Toko di Shopee.
  4. Konfirmasi produk yang diinginkan dan selamat, produk kamu sedang dikonsiderasi untuk masuk ke flash sale Shopee selanjutnya.

Aturan Flash Sale Toko di Shopee

Tahap selanjutnya kalau kamu sudah membeli atau memenuhi prasyarat dari Shopee adalah dengan memahami aturan yang ada tentang Flash Sale. Beberapa peraturan ini mungkin terdengar absurd, tapi setelah dilihat lebih jauh, Shopee sengaja mengaplikasikan rule ini untuk memantik tingkat kompeitifan antar seller sembari juga menaikkan potensi belanja konsumen. Jika kamu tertarik untuk ikut flash sale, pastikan sudah memahami beberapa aturan berikut ini.

  1. Pastikan kamu telah mengetahui kapan waktu Flash Sale Toko di Shopee dimulai dan kapan periode ini berakhir
  2. Sebelum memilih produk, kamu juga akan diberikan informasi tentang persentase atau harga diskon yang harus berada dalam kisaran diskon yang dapat diterima dari perjanjian nominasi produk.
  3. Shopee tidak ingin mengecewakan konsumennya jadi pastikan kamu sudah memilik stok barang yang cukup (stok kamu untuk flash sale nantinya akan dipotong dari total pasokan produk yang ada di toko kamu)
  4. Terakhir, produk yang termasuk dalam kategori persyaratan yang dipilih Shopee untuk Flash Sale Toko juga harus menambahkan variasi produk. Namun, ini adalah pilihan opsional.

Riset Barang Flash Sale Toko di Shopee

Catatan penting lain yang juga sebenarnya perlu diperhatikan tiap seller yang ingin mengaplikasikan cara flash sale toko di Shopee adalah riset. Pandemi COVID-19 telah memaksa konsumen untuk lebih selektif dalam memilih barang. Tapi sebagai penjual, kamu tentu ingin barang kamu laris manis kan ya? Sulit memang menemukan jalan tengah ini tapi bukan tidak mungkin dengan mengikut beberapa tips penjualan berikut ini.

Bundle Beberapa Produk

Trik ini adalah salah satu cara paling klasik untuk mengaplikasikan cara flash sale toko di Shopee untuk hasil yang menguntungkan. Biarpun agak sulit mengingat Shopee selalu memisahkan semua produk per item, kamu tetap bisa kok mengakali aturan ini. Nah, di bagian deskripsi produk, kamu bisa tambahin link untuk produk yang sangat kamu rekomendasikan untuk dibeli bersamaan. Contohnya: kalau kamu kebetulan menjual frame kacamata, kamu bisa untuk menawarkan paket cairan pembersih kacamata di area deskripsi.

Buat Voucher Khusus untuk Toko

Trik ini mungkin akan sedikit mengurangi pendapatan kamu tapi untuk periode promosi, tidak masalah kok!. Kamu dapat membujuk para pembeli untuk membeli lebih banyak produk dari toko kamu dengan membuat voucher khusus untuk toko kamu sendiri. Selain itu, peluang pelanggan untuk membeli lebih banyak produk per transaksi juga akan meningkat.

Shopee memberikan keleluasaan dalam menyesuaikan voucher tergantung pada kebutuhan kamu. Voucher ini sangat bervariasi dalam kategori tapi biasanya datang dalam bentuk diskon dan cashback. Untuk saat ini, Shopee hanya menyediakan dua jenis voucher yaitu:

  1. Voucher produk yang hanya berlaku untuk produk tertentu
  2. Voucher toko yang  dapat berlaku untuk semua produk di toko Anda

Sebagai seller, kamu juga dapat menetapkan jumlah batas voucher yang tersedia. Ini berarti kamu perlu memutuskan berapa kali seseorang dapat menggunakan vouchernya untuk bertransaksi di toko kamu. Psst.. jangan terlalu dibanyakin ya!

Sebagai manusia, kamu tentu ingin mengambil keuntungan sebesar-besarnya dengan mengikuti cara flash sale toko di Shopee. Dan seharusnya, dengan mengikuti beberapa tips dan trik di atas, kamu bisa meningkatkan potensi keuntungan berkali-kali lipat. Semoga beruntung!

Radian Zaninta
Doi ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.