Cara Cek Nomor Simpati

Simpati adalah salah satu produk Telkomsel, sebagai provider telekomunikasi seluler terkemuka yang ada di Indonesia. Sebenarnya bukan tanpa alasan jika Telkomsel sebagai provider paling banyak digunakan, karena memiliki jangkauan internet yang terluas dan bisa menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan cara cek nomor Simpati yang diberikan oleh provider Telkomsel itu sendiri.

Kenapa cek nomor Simpati penting? Mengetahui nomor Hp sendiri tentu saja penting, karena setiap Kamu melakukan pulsa ataupun paket internet, Kamu harus menggunakan nomormu.

Akan tetapi, beberapa pelanggan Simpati baru banyak yang belum mengetahui cara cek nomor Simpati sendiri. Wajar rasanya, terlebih kita semua seringkali langsung membuatng bungkus kemasan kartu SIM yang didalamnya berisi nomor kartu SIM itu sendiri.

Cara Cek Nomor simPATI Telkomsel

Cara Cek Nomor Simpati
Cek Nomor simPATI

Bagi pemilik kartu Simpati yang ingin mengecek nomor Hp sendiri, ini dia cara cek nomor Simpati Telkomsel yang dapat Kamu coba :

Cara Cek Nomor Simpati Melalui SMS Teman

Cara cek nomor Simpati pertama yaitu dengan mengirimkan SMS ke teman. Adapun cara yang harus Kamu lakukan sangat gampang, cukup mengirimkan pesan singkat/SMS saja ke nomor Hp temanmu, atau jika ada Kamu bisa memngirimkan SMS ke nomormu yang lain yang dipasang di Hp lain.

Selanjutnya Kamu cukup melihat nomor HP pada SMS yang masuk di Hpmu yang lain atau di Hp temanmu. Setelah itu, catat dan simpan nomor Hp Simpati yang Kamu gunakan untuk SMS tersebut.

Cara ini dilakukan jika Kamu memiliki pulsa reguler untuk SMS, jika tidak maka bisa menggunakan alternatif cara lainnya.

Cara Cek Nomor Simpati Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Cara yang kedua juga bisa dijadikan alternatif, asalkan Kamu sudah mengunduh dan menginstall aplikasi MyTelkomsel terlebih dahulu di ponselmu. My Telkomsel adalah aplikasi resmi dari Telkomsel yang berguna untuk mempermudah layanan-layanan agar bisa diakses oleh para penggunanya.

Selain itu, untuk mengunduh aplikasi My Telkomsel, Kamu memerlukan kuota data. Selanjutnya Kamu tinggal melakukan pendaftaran.

Namun sebenarnya, cara ini berlaku bagi Kamu yang baru saja membeli kartu perdana Simpati. Sebelum kehilangan nomor ponselmu, sebaiknya langsung daftarkan nomor HP Simpatimu di aplikasi My Telkomsel.

Silahkan ikuti panduan caranya di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan download aplikasi My Telkomsel terlebih dahulu di App Store bagi pengguna iPhone atau di Google Play Store bagi pengguna android. Selanjutnya, tunggu sampai proses unduhan selesai. Jika sudah, instal aplikasi My Telkomsel di Hpmu sampai selesai.
  • Selanjutnya, buka aplikasi M Telkomsel. Di sini Kamu dapat melihat nomor Telkomselmu tertera di profil pengguna. Silahkan klik nomor telepon dan nomor Hpmu akan langsung muncul di sana.
  • Tidak hanya untuk pengecekan nomor Telkomsel saja, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk pengecekan bonus pulsa, kuota SMS, nelepon, dan internet.

Cara Cek Nomor Simpati Melalui Kode USSD

Jika cara pertama dan kedua tidak memungkinkan, karena Kamu tidak memiliki pulsa atau Kamu tidak sempat mendaftar nomor Hp Simpatimu sebelumnya, maka cara ketiga bisa menjadi alternatifnya.

Kode USSD merupakan kode kombinasi yang biasanya ditandai oleh tanda bintang (*), dilanjutkan dengan angka, serta diakhiri oleh tanda pagar (#). Jika Kamu pengguna Simpati dan ingin mengecek nomor Simpatimu, maka Kamu cukup mengetikkan kode dial USSD tertentu.

Silahkan ikuti panduannya di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan pakai kode USSD di nomor *808#. Adapun caranya cukup buka opsi panggilan, dan ketik *808# kemudian tekan yes atau call. Silahkan tunggu beberapa lama, selanjutnya nomor Hp Simpatimu akan langsung tertera pada tampilan layar posel.
  • Cara kedua, Kamu bisa memakai kode panggilan USSD di nomor *999#, kemudian tekan Yes atau OK. Tunggu beberapa lama, dan Kamu akan ditampilkan menu layanan dari Telkomsel di layar HPmu.

Setelah itu, pilih menu lainnya sampai tertera menu cek nomor. Cara ini tentu saja hanya berlaku bagi Kamu pengguna Simpati Telkomsel.

Kedua cara USSD ini sebenarnya cara paling mudah daripada cara lainnya. Selain itu, Kamu tidak memerlukan pulsa reguler ataupun kuota data untuk melakukan cara ini.

Cara Cek Nomor Simpati Melalui Web My Telkomsel

Selain menggunakan apliaksi My Telkomsel, Kamu juga bisa menggunakan pengecekan nomor Simpati via website resminya di www.my.telkomsel.com.

Namun, sama seperti pada aplikasi My Telkomsel, untuk menggunakan cara ini Kamu harus melakukan registrasi nomor Hpmu terlebih dahulu.

Adapun cara cek nomor Simpati via web resmi My Telkomsel, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka web browser di Hpmu.
  • Setelah itu, kunjungi web resmi my.telkomsel.com.
  • Jika sudah, login memakai akun Telkomsel yang telah didaftarkan sebelumnya atau bisa juga memakai akun Facebook yang sebelumnya telah terhubung oleh nomor Telkomsel/Simpatimu.
  • Selanjutnya jika sudah berhasil login, Kamu bisa melihat informasi mengenai akun Telkomselmu, seperti nama profil, informasi nomor Hp Simpati, sisa pulsa, dan jumlah poin.

Cara Cek Nomor Simpati dengan Bantuan Operator

Cara cek nomor Simpati dengan menggunakan bantuan operator juga bisa menjadi alternatif. Cara ini bisa dilakukan, jika cara-cara di atas tidak bekerja atau masih belum menemukan solusi yang tepat untuk mendapatkan nomor Hp Simpati sendiri.

Akan tetapi jika Kamu ingin melakukan cara keempat ini, Kamu cukup menghubungi layanan call center atau operator Telkomsel. Bagi pengguna Simpati Kamu tinggal menghubungi nomor 188 atau bagi pengguna Simpati Loop cukup menghubungi nomor 133.

Adapun biaya yang dibebankan untuk menghubungi layanan call center Simpati tersebut ialah Rp. 300 – Rp. 500 per tiap panggilan.

Itulah 5 pilihan cara cek nomor Simpati yang bisa Kamu coba untuk mengetahui nomor Simpati yang Kamu pakai.

Lalu, Bagaimana Cara Cek Usia Penggunaan Kartu Simpati?

Jika Kamu sudah mengetahui nomor Simpatimu sendiri, mungkin ada kalanya Kamu juga ingin mengecek usia penggunaan kartu Simpati yang Kamu gunakan. Untuk hal ini, Kamu bisa menggunakan cara cek usia penggunaan kartu Simpati Telkomsel, diantaranya :

Cara Cek Usia Penggunaan Kartu Simpati

  1. Pertama-tama, silahkan tekan dial up di menu panggilan di Hpmu ke nomor *999#.
  2. Jika sudah, akan muncul menu pilihan, Kamu bisa tekan nomor 8. Untuk Layanan Lain.
  3. Setelah itu, silahkan tekan nomor 5. Cek Umur Kartu.
  4. Selanjutnya Kamu akan mendapatkan informasi mengenai usia kartu Simpati yang Kamu gunakan.

Nah, itulah beberapa cara cek nomor Hp Simpati dan cara pengecekan usia penggunaan kartu Simpati yang Kamu gunakan.

Dengan begitu, Kamu bisa mengetahui nomor dan usia penggunaan HPmu dengan baik. Namun pastikan nomor ponsel yang Kamu dapatkan untuk dicatat dan disimpan di daftar kontak Hpmu agar tidak repot lagi mencari nomor Hp sendiri.

Meskipun harga paket internet Simpati Telkomsel cukup mahal, tapi sangat bisa diandalkan dalam hal ketersediaan jaringan internet. Mengingat kartu Simpati telkomsel telah menjangkau hingga ke pelosok Indonesia.

Ya, semoga ulasan cara cek nomor Simpati di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019