Cara Mengunci Messenger

Tak bisa dipungkiri bahwa cara mengunci messenger masih belum dipahami banyak orang. Messenger adalah aplikasi percakapan pribadi di bawah naungan platform sosial media raksasa Facebook. Kamu pasti masih menggunakan aplikasinya dengan bahkan lebih dari satu akun.

Facebook sudah menjadi salah satu aplikasi media sosial terbaik di dunia dan sudah diunduh lebih dari 5 miliar orang, termasuk Indonesia yang jumlah penggunanya terbilang banyak.

Umumnya setiap penggunanya pasti mengandalkan Messenger untuk memudahkan obrolan antar akun, bahkan grup. Messenger juga bisa diunduh dengan dua versi berbeda, sedangkan anda dapat memilihnya lewat Google Play Store dari smartphone android terlebih dahulu.

Obrolan antar teman via Messenger tidak boleh diketahui orang lain karena bersifat pribadi dan bisa saja mengandung konten sensitif dan hal-hal rahasia. Hal ini dikarenakan bisa saja percakapannya mengandung unsur tertentu yang bisa memojokkan orang lain.

Kalian bisa mengunci messenger dengan atau tanpa aplikasi lewat pembahasan selanjutnya. Kamuj pasti tahu bahwa sebagian besar pengguna mungkin mengalami peretasan sehingga informasi pribadi pada akunnya dapat dilihat atau dicuri orang yang tidak bertanggung jawab.

Informasi berikutnya bakal membantu kamu dalam merahasiakan semua obrolan yang sudah tersimpan di Messenger supaya tidak bisa dibaca bahkan dikelola siapa saja.

Cara Mengunci Messenger

Cara Mengunci Messenger
Mengunci Aplikasi Messenger

Cara Mengunci Messenger Tanpa Aplikasi

Kamu rupanya bisa mengunci Messenger tanpa mengunduh aplikasi ketiga lewat Google Play Store. Apabila kalian menggunakan smartphone android, maka informasi selanjutnya harus diperhatikan terlebih dahulu. Tujuannya agar data pribadi kamu tidak dapat dilacak bahkan dibaca orang lain.

Kalian hanya meluangkan waktu sekitar 5 (lima) menit saja untuk merahasiakan semua data di dalamnya lewat panduan sederhana di bawah ini. Hasilnya terbukti efektif dan percakapan kalian tidak mungkin diketahui siapapun yang mungkin jahil ingin meretas akun kalian.

Langkah pertama adalah masuklah ke dalam menu “Setting” atau “Pengaturan” dari HP android kalian terlebih dahulu. Kamu bisa menggeser layarnya ke bawah secara perlahan, lalu carilah sub menu “Pengaturan Tambahan” atau “Add Setting”.

Tekan tombol “Privacy” dan lanjutkan dengan memilih opsi “Lock Individual Apps”. Kamu harus menekan tombol “Choose Apps to Lock” untuk menentukan aplikasi mana saja yang bakal kalian rahasiakan.

Untuk mengunci aplikasi seperti Messenger maka kamu perlu membuat sebuah pola terlebih dahulu. Kalian harus memperhatikan bahwa gambar pola tersebut berfungsi sebagai passcode alias kunci utama untuk membuka aplikasi yang kalian rahasiakan.

Apabila polanya sudah dibuat kamu bisa tentukan aplikasi yang ingin dikunci seperti Messenger. Aplikasi Messenger telah terkunci secara otomatis dan kalian bisa membukanya dengan pola yang telah dibuat sebelumnya. Nah, jika ponselmu mungkin disadap bisa baca cara cek HP disadap agar lebih tahu dan bisa mengatasinya.

Cara Mengunci Messenger dengan Aplikasi

Kamu harus tahu bahwa smartphone android semua tipe bisa mengunci aplikasi sistem maupun unduhan tanpa mengunduh software via Google Play Store.

Namun, kalian boleh mengunduh aplikasi ketiga supaya sistem keamanannya bisa ditingkatkan sehingga orang lain sulit membuka data pribadi kamu, seperti obrolan pribadi di Messenger.

Ulasan berikutnya bakal mengulas lengkap soal mengunci Messenger lewat dua aplikasi berbeda seperti berikut :

1. Mengunci Messenger Pakai 360 Security

Google Play Store menawarkan beragam aplikasi keamanan untuk smartphone android kalian yang bisa diunduh secara gratis. 360 Security masih menjadi pilihan terbaik untuk merahasiakan aplikasi sampai meminimalisir virus yang merusak ponsel kesayangan kalian.

Kamu juga dapat mengunci aplikasi tertentu seperti Messenger dengan cepat dan tepat sesuai tutorial resminya seperti pembahasan di bawah ini :

  • Unduh aplikasi 360 Security dari Google Play Store.
  • Kamu bisa membuka dan menjalankan aplikasinya, tekan tombol “App Lock” pada tombol menu di kiri atas.
  • Kamu harus menandai aplikasi yang ingin dikunci. Kamu bisa memilih Messenger yang menyimpan data pribadi, lalu tekan tombol “Lock”.
  • Tunggu beberapa saat sampai terlihat gambar pola. Kamu bisa membuat pola khusus sebagai passcode, lalu verifikasi sebanyak dua kali.
  • Kamu akan menerima notifikasi yang begitu penting, tekan tombol “Confirm”.
  • Tekan tombol “360 Security”, lalu aktifkan mode ON dari “Permit Usage Access” sehingga aplikasinya dapat terkunci.
  • Selesai.

Sekilas inpo, kami ada pilihan artikel berguna untukmu diantaranya:

2. Mengunci Messenger Menggunakan AppLock

AppLock telah menjadi aplikasi berkualitas untuk meningkatkan sistem keamanan pada smartphone kalian. Aplikasi ini mampu merahasiakan data pribadi tanpa risiko pencurian maupun peretasan sehingga orang lain tidak dapat mengetahuinya.

Messenger yang merupakan aplikasi obrolan pribadi bisa dikunci dengan passcode paling aman bila anda mengikuti tutorial terkini untuk merahasiakan semua percakapannya seperti berikut :

  • Unduh aplikasi AppLock dari Google Play Store.
  • Jalankan aplikasinya seperti biasa, lalu muncul notifikasi resmi yang harus kalian ikuti.
  • Buka aplikasinya dengan pola sesuai keinginan kalian.
  • Ulangi langkah serupa untuk menyetujui passcodenya sebagai kunci yang berguna membuka aplikasi pilihan kamu.
  • Masukkan alamat email dan password yang benar sebagai opsional agar passcode dapat dibuka bila kalian lupa.
  • Tekan tombol “Save” untuk menyimpan kata sandinya, pilih aplikasi yang ingin dikunci seperti Messenger.
  • Tunggu sampai muncul gambar gembok berwarna hijau bahwa aplikasinya sudah terkunci.

Hal Penting Sebelum Mengunci Messenger yang Harus Dilakukan

Demikian informasi tentang cara mengunci Messenger terbaik dan terpercaya untuk smartphone android. Kalian bisa merahasiakannya tanpa bahkan dengan aplikasi ketiga yang bisa diunduh lewat Google Play Store.

Apabila kapasitas ruang ponsel kamu sudah minim, maka bisa memilih kedua aplikasi di atas sebagai bantuan agar Messenger dapat dikunci. Kamu harus tahu bahwa jumlah memori yang dibutuhkan tidak terlalu besar satu sama lain.

Langkah penting yang harus dilakukan adalah tentukan passcode berupa gambar pola dan kata sandi untuk mengunci aplikasi Messenger. Kalian disarankan membuat password antara gabungan angka dan huruf yang sulit ditebak orang lain.

Apakah Mengunci Messenger dengan Password Cukup Aman?

Kesimpulan panduan ini adalah kalian tidak perlu mengunduh aplikasi ketiga untuk mengunci aplikasi Messenger lewat smartphone android. Jika kapasitas ruang ponselnya rendah atau dipenuhi aplikasi lain, kamu tidak wajib mengunduh software lain via Google Play Store.

Tak hanya itu, kalian juga bisa menggunakan opsional berupa passcode cadangan bila kalian lupa gambar pola yang sudah dibuat agar Messenger yang berisi chat pribadi dapat dibuka lagi. Email dan passwordnya harus aktif seperti Gmail yang telah tersedia pada smartphone kamu.

Pastikan alamat email dan password yang bakal digunakan sebagai langkah opsional selalu aktif, namun juga disimpan pada menu catatan bila kalian lupa. Hal ini bertujuan agar kalian dapat membuka passcode aplikasi terkunci sehingga data pribadi yang tersimpan tidak akan terhapus secara keseluruhan.

Password tersebut bisa seperti gabungan enam digit nomor rekening yang sudah pasti tidak ketahui orang lain, bahkan konbinasi nomor bebas yang harus diingat. Kamu bisa mencatatnya ke dalam menu note untuk menjaganya dengan aman.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ... Blogger