Cara Cek HP Samsung

Siapa saja yang baru beli smartphone Samsung diwajibkan tahu cara cek HP Samsung untuk memastikan keaslian produknya. Hal ini dikarenakan sebagian besar merek Android mulai dipalsukan dan beredar luas di pasaran. Tak bisa dipungkiri HP Samsung sudah menjadi salah satu brand gadget yang punya banyak replika dan digunakan masyarakat luas.

Namun, beberapa orang bahkan kamu sendiri masih tidak menyadari smartphone yang dipakai saat ini bisa saja barang palsu. Kalian sebenarnya bisa memeriksa identitas asli HP Samsung dengan cepat dan mudah. Pasalnya, pengguna Samsung bisa mengetahuinya lewat built-quality produknya.

Apabila barangnya asli, pasti mempunyai built quality yang bagus dan lebih kokoh saat kalian menggenggamnya. Akan tetapi, barang palsu alias replika biasanya dibuat sembarangan ketika digenggam biasanya muncul rasa tidak nyaman sehingga kalian dapat merasa aneh bahkan kurang puas.

HP Samsung adalah merek smartphone yang berasal dari Negeri Ginseng, Korea Selatan dan popularitasnya sudah diakui masyarakat dunia. Apabila kamu menemukan bahkan menggunakan produk palsu, biasanya barangnya buatan HDC.

Walaupun tampilannya nyaris sama, namun siapa saja dapat menemukan salah satu bahkan beberapa perbedaan yang tak kasat mata. Perbedaannya bukan sekadar terlihat dari fisiknya saja, tetapi juga software yang harus dianalisa lewat pengaturan ponsel maupun aplikasi ketiga yang bisa diunduh via Google Play Store.

Cara Cek HP Samsung

Cara Cek HP Samsung
Cara Cek HP Samsung

Pengujian HP Samsung supaya kamu bisa tahu keasliannya atau tidak rupanya dapat dilakukan dengan beberapa metode. Kalian pasti bisa melakukannya dengan cepat dan mudah lantaran sebagian besar penggunanya tidak perlu mengunduh aplikasi ketiga.

Meski begitu, langkah efektif yang paling sering diterapkan adalah membuka phone box atau kotak ponsel saat kamu membelinya di counter terpercaya dan memeriksanya langsung dengan petugas. Tujuannya supaya kamu bisa mengklaim produk dan menggantinya dengan barang baru bila kalian menemukan kejanggalan yang membuktikan HP Samsung yang dibeli adalah item palsu.

Oleh karena itu, kalian bakal tahu semua metodenya lewat pembahasan kali ini yang sudah kami ulas secara jelas dan ringkas bagi yang belum tahu pemeriksaan HP Samsung. Kami pastikan kamu akan tahu smartphone yang dipakai adalah barang asli atau palsu dengan metode akurat.

Cara Cek HP Samsung Terlengkap dan Tervalid

HP Samsung semua tipe tidak menjamin asli dan bergaransi resmi. Kalian perlu memeriksa hardware maupun software dengan baik dan benar untuk memastikan keaslian dan kualitas barangnya. Kamu juga bisa menggunakan IMEI demi mencocokan data ponselnya sudah terdaftar pada Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) atau belum. Maka dari itu, beberapa langkah cepat dan mudah untuk memeriksa HP Samsung asli atau palsu adalah :

Cek HP Samsung via Kode Rahasia

  • Buka menu Dial Up atau Telepon dari HP Samsung kamu.
  • Ketik *#1234#.
  • Tekan tombol Call/OK/Yes.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi AP, CP, CSC serta model maupun tipe HP Samsung.
  • Perhatikan informasinya dan pastikan datanya sesuai dengan model dan tipe HP Samsung yang asli.
  • Selesai.

Cek HP Samsung via IMEI

  • Buka menu Dial Up atau Telepon dari HP Samsung kalian.
  • Ketik *#06#.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul IMEI 1 atau IMEI 2 dari layar ponselnya.
  • Catat nomor IMEI untuk dimasukkan ke dalam website resmi cek IMEI.
  • Apabila sudah dicatat, buka aplikasi website browser dari HP Samsung kamu.
  • Kunjungi situs resmi cek IMEI via https://www.imei.info/.
  • Masukkan nomor IMEI ke dalam kolom yang tersedia.
  • Tekan tombol Cek Sekarang.
  • Apabila nomor IMEI terdaftar, maka kamu bisa lihat semua informasi HP Samsung mulai dari tanggal pembuatan sampai negara asal produksinya.
  • Selesai.

Cek HP Samsung via Fisik Perangkat

HP Samsung bisa disebut palsu apabila kamu menilai bahan material yang digunakan terkesan murahan. Kamu harus tahu sebagian HP Samsung adalah smartphone flagship seperti Note Series serta Galaxy Series. Jika penjual ponsel mengakui barang yang dijual adalah produk palsu seperti pembuatan asal Cina, maka kamu bisa tahu keaslian HP Samsung sebenarnya. Kami sarankan kamu perlu memeriksa keadaan fisik perangkat secara keseluruhan, terutama bila membeli HP Samsung bekas karena tampilannya agak sulit dibedakan dengan barang asli.

Cek HP Samsung via Kualitas Layar

Tak bisa dipungkiri bahwa HP Samsung sudah menjadi salah satu smartphone dengan kualitas layar terbaik di dunia. Oleh sebab itu, sebagian besar model dan tipe HP Samsung mampu menghasilkan kualitas gambar yang jernih dan tajam. Kondisi ini berbeda dengan barang palsu yang memakai panel IPS, LCD maupun TFT dengan resolusi sangat rendah. Kamu juga bisa lihat dari bentuk layar lantaran HP Samsung palsu biasanya punya bazel super tebal.

Cek HP Samsung via Kamera

Untuk memeriksa HP Samsung asli atau palsu, maka kamu bisa mengetahuinya lewat kameranya. Apabila hasil tangkapan gambarnya buram, kami pastikan produknya replika bahkan palsu. Hal ini dikarenakan HP Samsung asli punya kualitas kamera terbaik dan mampu menghasilkan tangkapan gambar terbaik dengan sensor berkualitas. HP Samsung palsu biasanya punya resolusi kamera sangat rendah dan membuat kualitas kameranya di bawah rata-rata.

Cek HP Samsung via Samsung Keis / Smart Switch

Kamu bisa menggunakan Samsung Keis untuk memeriksa HP Samsung asli atau palsu. Software ini adalah program khusus buatan Samsung untuk mensinkronisasi data yang tersimpan pada HP Samsung ke PC. Apabila HP Samsung kamu asli, maka software nya bisa membaca semua datanya dan sebaliknya. Jika kalian ingin mencoba Samsung Keis tentu saja perlu mengunjungi website resmi Samsung via https://www.samsung.com/ untuk mengunduh software tersebut.

Cek HP Samsung via Spesifikasi Perangkat

Jangan pernah terlena dengan spesifikasi yang ditampilkan pada pengaturan ponsel. Hal ini dikarenakan oknum tertentu biasanya mengubah informasinya supaya terlihat sama dengan HP Samsung asli. Untuk memeriksa spesifikasi smartphone Samsung asli, maka kamu bisa mengunduh aplikasi AIDA64 atau CPU-Z via Google Play Store secara gratis. Selain itu, informasi yang diberikan kedua aplikasinya terbukti akurat dan sesuai dengan spesifikasi HP Samsung semua tipe asli.

Bagaimana Membeli HP Samsung Asli dengan Benar?

Apabila kamu sudah tahu beberapa informasi soal pengujian HP Samsung asli dan palsu, kami beritahu siasat jitu membeli smartphone Samsung asli dan bergaransi resmi. Secara umum HP Samsung semua model dan tipe yang bergaransi resmi biasanya punya harga lebih mahal karena garansinya distribusi asli Indonesia. Kami tegaskan selisih harga barang asli dan palsu biasanya terlampau jauh mulai dari Rp.200 ribu sampai Rp.500 ribu sesuai tipenya masing-masing.

Demikian pembahasan tentang cara cek HP Samsung terlengkap dan tervalid. Seperti kamu tahu HP Samsung masih disebut sebagai satu-satunya brand smartphone Android terbaik di dunia lantaran semua aspek yang dimilikinya lebih unggul dibandingkan gadget serupa lainnya. Oleh karena itu, kamu bisa memeriksa setiap bagiannya lewat semua metode di atas untuk memastikan keaslian dan kualitasnya demi mencegah pemakaian barang palsu yang tidak bergaransi.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...