8+ Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama Macet

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama
Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama

WIGATOS.com | Cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama merupakan pembahasan penting untuk kamu ketahui. Pasalnya, karena penggunaan kartu kredit yang tidak bijak bisa membuatmu terlilit hutang. Terlebih lagi jika ini berlangsung untuk waktu yang lama. 

Sebenarnya setiap bank sudah menyediakan program tertentu untuk meringankan hutang nasabah, mulai dari besar bunga dan tenor. Tapi masalahnya, tidak jarang pula nasabah yang memakainya berlebihan hingga hutang kartu kredit membengkak. Jika kamu mengalaminya, bisa mencoba cara-cara berikut ini:

Read More

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama
Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama

Apakah saat ini kamu sedang dalam posisi terlilit hutang kartu kredit, kemudian bingung harus melakukan apa? Penjelasan berikut akan menerangkan beberapa cara dan tips untuk kamu lakukan supaya semua hutang tersebut bisa terlunasi. Caranya seperti di bawah ini:

1. Menghentikan Penggunaan Kartu Kredit

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama

Inilah cara yang utama jika ingin segera melunasi hutang kartu kredit yang sudah menunggak dari lama. Cara paling bijak yaitu dengan menghentikan penggunaan kartu kredit. Tidak perlu selamanya, lakukan ini sementara sampai semua tagihan lunas terbayar. 

Menghentikan pemakaian kartu kredit memang tidak membuat bunga hilang. Tapi dengan langkah ini, kamu dapat menghindari tambahan tagihan yang lebih besar. Solusinya yaitu dengan meninggalkan kartu kredit saat keluar rumah, sehingga tidak tergoda untuk memakainya. 

2. Melunasi Hutang yang Lebih Kecil

Cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama berikutnya yaitu dengan mendahulukan tagihan paling kecil. Banyak yang menggunakan metode dengan nama debt snowball ini untuk melunasi tagihan. Sebab lebih efektif dan tidak membuat kesulitan. 

Menggunakan nama snowball karena sesuai dengan prinsip dari bola salju yang menggelinding. Snowball akan bertambah besar, sebab terus melewati salju. Dengan melihat hal tersebut, kamu dapat memprioritaskan dulu tagihan kartu kredit yang kecil, kemudian melunasi hutang dengan nominal besar. 

3. Melunasi Hutang dengan Beban Bunga Besar

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama

Sebenarnya metode untuk melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama itu bermacam-macam. Kamu bisa menyesuaikan kemampuan dan prioritas. Selain debt snowball, metode yang mungkin juga cocok adalah debt stacking. 

Dalam metode ini, caranya dengan melunasi hutang yang punya bunga paling tinggi terlebih dahulu. Dengan prioritas tersebut, maka nilai bunga selanjutnya akan lebih ringan, sehingga tidak terbebani untuk melunasi tagihan lainnya. Apalagi setiap hutang memiliki besaran bunga yang berbeda. 

4. Menggadaikan Barang dan Menggunakan Tabungan

Bagaimana jika kamu kesulitan melunasi tagihan karena tidak memiliki uang? Apabila berada di kondisi tersebut, cobalah cara melunasi hutang kartu kredit berikut ini. Carilah barang berharga milikmu untuk digadaikan, misal BPKB motor, perhiasan, atau televisi. Selain itu, menggunakan uang tabungan untuk membayarnya juga perlu kamu pikirkan. 

5. Menjual Aset Berharga Secara Tunai

Seandainya mendapatkan pilihan, manakah antara hutang lunas atau tidak punya motor? Bukankah lebih baik melunasi semua hutang kartu kredit, seperti deposit, saham, dan reksadana? Karena kalau tidak punya hutang, hidup akan lebih tenteram. 

Seperti itulah prinsip dari cara kelima ini. Untuk melunasi semua hutang kartu kredit yang menumpuk sejak lama, lebih baik menjual aset berharga secara tunai. Coba cek barang-barang yang memiliki nilai, contohnya peralatan elektronik, motor, mobil, dan lainnya. 

6. Hindari Melunasi Hutang dengan Metode Refinancing

Refinancing adalah metode membayar hutang dengan membuat pinjaman lain. Salah satu caranya yaitu dengan mengajukan pinjaman baru ke bank tempat membuat kartu kredit. Kalau saat ini, metode tersebut lebih cocok dengan istilah gali lubang, tutup lubang. 

Cara melunasi hutang kartu kredit seperti itu sebaiknya kamu hindari. Karena bukannya mengurangi beban, malah menimbulkan tagihan baru, yang mana bunganya bisa saja jauh lebih besar. Apalagi jika membuat pinjaman online

7. Memperkecil Pengeluaran

Ketika punya tagihan kartu kredit yang sudah lama belum selesai, maka akan lebih bijak jika kamu mulai memperhitungkan pengeluaran. Atur seberapa besar nominal yang keluar setiap hari. Sebaiknya, kurangi biaya pengeluaran daripada hari-hari sebelumnya. 

Setelah memperkecil pengeluaran, maka dapat mengalokasikan sisa uang untuk membayar hutang kartu kredit. Misalkan setiap hari membeli kopi dan makanan secara online. Mulai sekarang, sebaiknya membuatnya sendiri, sehingga lebih hemat. 

8. Mencari Pendapatan Tambahan

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama

Dalam kondisi mendesak seperti ini, kamu harus mulai berpikir bagaimana cara untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Jika penghasilan utama hanya bisa untuk membayar tagihan kartu kredit, maka cari pekerjaan lain untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, utamakan menggunakan uang cash

Itulah beberapa cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama. Kamu dapat membayarnya dengan metode snowball atau stacking. Di samping itu, pastikan memiliki rencana keuangan yang jelas dan berhenti memakai kartu kredit untuk sementara. 

Related posts