Cara Buat Youtube Channel Sendiri, Pasti Hasilkan Uang!

Cara Buat Youtube Channel
Cara Buat Youtube Channel

WIGATOS | Spesial untuk kalian yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah saja tanpa perlu susah payah mengikuti aturan jam kerja di kantor. Pakai cara buat Youtube Channel.

Berapa Subscribe untuk Mendapatkan Uang dari Youtube?

Lantas, berapa sih kira-kira jumlah subscriber yang harus kamu miliki untuk bisa mendapatkan uang dari Youtube? Jawabannya adalah 500 subscriber. Semula dari persyaratan 1.000, dikurangi sebagian untuk meringankan kreator.

Cara Buat Youtube Channel

Cara Buat Youtube Channel
Cara Buat Youtube Channel

So, kalau kalian mau kalkulasikan ke dalam bentuk rupiah kurang lebih hitungannya begini. Untuk 5.000 subscriber dalam 1 bulan user bisa memperoleh penghasilan sebesar Rp 5.2 juta lewat iklan. Berikut beberapa cara buatnya:

Cara Buat Youtube Channel yang Menghasilkan Uang

Tahukah kalian, ada lebih dari satu cara buat Youtube Channel yang menghasilkan uang? Bahkan, hanya dengan meng-upload video di fitur YT Shorts kalian dapat mengumpulkan jumlah subscriber sebanyak-banyaknya. Wujudkan impianmu dengan mempelajari kiat-kiat lengkapnya sebagai berikut:

1. Memiliki akun Youtube

Kalian yang ingin membuat channel Youtube pribadi bisa memulainnya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Tapi sebelum itu, dianjurkan untuk pakai alamat email yang berbeda dari yang biasa kalian gunakan sehari-hari. Tujuannya, agar kamu bisa membedakan informasi yang masuk ke dalam inbox email.

  1. Klik aplikasi Youtube yang sudah kalian install
  2. Login menggunakan akun Google yang telah tersinkronisasi dengan perangkat atau gunakan Gmail baru
  3. Klik ikon profile yang ada di sudut kanan atas layar
  4. Selanjutnya, temukan opsi Your Channel
  5. Pilih Create Channel
  6. Voila! Akun Youtube Channel kalian berhasil dibuat
  7. Lengkapi foto profil, deskripsi channel, serta tautan dari website atau media sosial yang kalian miliki
  8. Ketuk Simpan supaya hasil suntingan profil kalian tersimpan oleh sistem

2. Buat niche yang menarik

Berhasil memiliki akun Youtube Channel kalian sendiri, langkah berikutnya jangan lupa untuk mengunggah konten video. Namun, pastikan kalian sudah berhasil menentukan niche yang menarik. Niche YT bisa kalian artikan sebagai pembahasan atau topik yang biasa dimuat dalam suatu channel. Maka dari itu, lihat beberapa topik terlaris yang sering digunakan oleh para Youtuber:

  • Religi
  • Game
  • Berita
  • Review
  • Cover lagu
  • Tutorial
  • Fakta unik
  • Kuliner
  • Eksperimen

3. Tentukan jenis konten sesuai keahlianmu

Seusai menentukan niche, maka selanjutnya kalian bisa memilih sendiri jenis konten yang pas sesuai dengan keahlian atau selera penonton. Untuk mengetahui hal tersebut, kalian dapat melakukan research atau survey dengan melihat banyaknya konten video yang beredar di beranda. Berikut adalah beberapa pilihannya:

  • Edukasi
  • Vlog keseharian atau berkemah
  • Kecantikan
  • Lifehack
  • Kesehatan
  • Fashion
  • Dance
  • Animasi atau kartun

4. Berikan hal unik ke dalam isi konten

Lantas kalau kalian sudah berhasil menentukan topik dan jenis konten videonya, pemilik channel wajib menambahkan hal unik. Dimana, dengan begitu, kalian bisa menghindari dari yang namanya istilah copyright atau plagiarisme. Selain itu, biar enggak gagal juga saat hendak upload ke Youtube channek milik kalian.

5. Daftarkan channel ke Google Adsense

Ini sih, poin yang paling penting kalau kalian pengin menghasilkan uang sebagai seorang Youtuber. Ya, kalian harus daftarkan channel Youtube ke Google Adsense. Caranya, langsung saja simak penuturan selengkapnya di bawah ini:

  1. Masuk ke Youtube Studio
  2. Lihat menu yang ada di sebelah kiri, dan klik opsi Penghasilan
  3. Pilih tombol Mulai pada halaman Daftar ke Google Adsense
  4. Masukkan Kata Sandi akun Youtube Channel, lalu klik autentikasi ulang (bila diperlukan)
  5. Klik Akun Google yang kalian gunakan untuk mendaftarkan Youtube Channel
  6. Berhasil masuk ke AdSense, lakukan verifikasi melalui alamat email
  7. Mulai persiapkan akun kalian dengan tambahkan info kontak serta kirimkan pendaftaran AdSense ke Google

6. Pasang target channel Youtube

Demi melancarkan ambisi kalian untuk menjadi seorang Youtuber yang berpenghasilan stabil. Kalian wajib memasang target di channel Youtube. Maksud dari poin ini tuh, pemilik channel harus memilki jumlah subscriber khusus yang akan meningkat setiap bulan. Contoh, memiliki 500 subsriber baru di setiap bulannya.

7. Pelajari algoritma Youtube dan SEO

Untuk ilmu dasar lainnya, kalian juga harus mengetahui bagaimana cara menelaah algoritma Youtube dan SEO yang baik. Karena untuk algoritma sendiri, nantinya akan menjadi dasar penilaian baik atau buruknya kualitas dari channel kalian. Sedangkan SEO, berdampak terhadap perhitungan peringkat di YT.

8. Maksimalkan fitur dan tools di Youtube

Youtube sendiri, sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur dan tools penunjang yang bisa dimanfaatkan secara gratis oleh pemilik akun. Terutama bagi kalian yang memiliki YT Channel. Salah satunya, kalian bisa gunakan tools promosi gratis atau manfaatkan CTA (Call To Action) yang terdiri dari likecomment, & share.

9. Lakukan riset ke channel kompetitor

Dibandingkan dengan jumlah like yang tercantum di setiap postingan konten video kalian. Meningkatnya angka subscriber akan lebih mendorong terhadap carrier kalian sebagai Youtuber. Namun, ada baiknya kalian juga melakukan riset ke beberapa channel YT kompetitor agar bisa meng-upgrade diri menjadi lebih baik.

10. Susun jadwal upload video

Untuk sebagian besar pemula menjadi seorang Youtuber itu salah satu profesi profesional. Oleh sebab itu, memiliki jadwal khusus untuk mengunggah konten video ke channel YT merupakan kewajiban yang tidak boleh dilewati oleh kreator. Tujuannya, tidak lain agar para subscriber maupun calon followers kalian tidak beralih.

Cara Buat Youtube Channel Sendiri

Perlu kalian ketahui juga kalau cara buat Youtube Channel sendiri itu bisa juga dilakukan melalui perangkat HP. Asalkan kalian sudah beres bikin konten videonya tinggal eksekusi untuk unggah ke channel YT. Caranya, simak penjelasan berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Youtube yang ada di HP kalian
  2. Tekan ikon Kamera yang ada di sudut atas halaman utama
  3. Selanjutnya, klik Rekam Video Baru atau tap File Video yang tersimpan di galeri
  4. Tunggu proses mengunggah selesai, maka lanjut ke tombol Berikutnya
  5. Ketikkan judul, deskripsi, serta atur setelan privasi video ke publik
  6. Pilih tombol Upload
  7. Buka halaman postinganku untuk melihat video yang berhasil kalian unggah

Buat kalian yang ingin membuat judul di konten video, pastikan panjang karakternya tidak melebihi 100. Lalu, untuk deskripsi maksimal 5000 karakter. Selain itu, kalian juga bisa mengubah pengaturan koneksi agar proses upload video hanya akan berlangsung ketika HP terhubung dengan jaringan Wi-Fi saja.

Cara Buat Youtube Channel di HP

Karena lewat aplikasi sudah, kita sama-sama cari tahu cara buat Youtube Channel di HP melalui jalur lain. Benar, kali ini kalian akan diajak untuk memanfaatkan halaman browser yang terpasang di HPmu. Entah itu Chrome, Opera, atau lainnya. Berikut cara selengkapnya:

  1. Silahkan kalian buka Youtube melalui browser
  2. Pilih menu Daftar Channel setelah berhasil login menggunakan akun Google
  3. Ketuk opsi Buat Channel Baru, lalu lengkapi detail informasi channel sesuai informasi yang diminta oleh sistem
  4. Lakukan verifikasi akun Channel, kemudian pilih Selesai
  5. Selamat! Akun Youtube Channel kalian sudah jadi

Mudah banget kan cara buat Youtube Channel sendiri tuh? Makanya, jangan sampai deh kalian ketinggalan informasinya. Selamat mencoba!

 

 

Related posts