2+ Metode Cara Menghapus History Instagram 100% WORK!

Cara Menghapus History Instagram
Cara Menghapus History Instagram

Instagram juga menghadirkan menu pencarian yang memungkinkan kita buat mencari video, postingan atau bahkan pengguna IG. Selanjutnya, kata kunci yang kamu gunakan untuk mencari sesuatu di IG akan kembali muncul otomatis saat mencari hal serupa. Tapi, gimana sih cara menghapus history Instagram?

Sebetulnya adanya history Instagram sangat berguna apalagi ketika kita gak mau direpotkan lagi mengetikkan kata yang sama untuk mencari hal serupa.

Tapi ada kalanya kita ingin menghapus history Instagram dengan alasan tak ingin orang lain tahu apa yang kita cari.  Apalagi biasanya IG sendiri bisa menyimpan history tersebut sampai 7 history pencarian.

Banyak sekali aktivitas yang bisa kita lakukan di IG, lebih dari sekedar membuat postingan, story atau reels IG. Tak jarang kamu juga melakukan hal-hal seperti stalking IG orang atau hal lainnya.

Mungkin saja kamu pernah atau sering stalking IG mantan, dan kamu gak mau ada orang tahu jika kamu sering stalking Instagram mantan. Lantas, gimana cara menghapus history Instagram?

Cara Menghapus History Instagram

Cara Menghapus History Instagram
Cara Menghapus History Instagram

Sebetulnya ada 2 metode buat menghapus history Instagram yang bisa kamu lakukan, yaitu cara menghapus history Instagram via hp dan komputer atau PC. Berikut ulasannya :

Metode 1 : Menghapus History Instagram via Hp

Cara pertama untuk menghapus history Instagram yaitu melalui HP baik Android atau iPhone. Metode ini sebetulnya cukup mudah dan cepat dilakukan apalagi sekarang orang-orang lebih banyak menggunakan HP dibandingkan komputer.

Begini ulasannya :

  • Masuk ke akun Instagram via aplikasinya di hp terlebih dulu seperti biasanya.
  • Setelah itu, ketuk profil atau foto profil yang terletak di kanan bawah untuk membuka profil Kamu.
  • Ketuk tanda tiga garis yang berada di bagian kanan atas kemudian pilihlah simbol “Pengaturan”.
  • Ketuk opsi “Keamanan”, lalu klik bagian “Hapus Riwayat Pencarian” (pada iPhone) atau “Riwayat Pencarian” (pada Android).
  • Tekan opsi “Hapus Semua”, lalu ketuk “Hapus Semua” untuk mengonfirmasi.
  • Selesai, history Instagram telah berhasil kamu hapus.

Dengan cara ini, semua riwayat pencarian Instagram akan terhapus secara permanen dan kamu gak bakal bisa lagi mengembalikan riwayat pencariannya.

Jadi jika mau menghapus riwayat pencarian untuk bagian tertentu saja, maka kamu bisa mengetuk ikon bertanda X yang berada di sebelah kanan nama akun, tagar, atau lokasi yang pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Metode 2 : Menghapus History Instagram di Komputer

Cara menghapus history Instagram kedua yaitu lewat komputer atau PC jika kamu memakai PC buat akses IG. Jangan risau, metode ini juga sangat mudah dipraktekkan.

Kamu hanya perlu mengunjungi browser dan masuk ke alamat resmi platform Instagram di PC.

  • Buka browser telebih dahulu, kemudian buka situs web Instagram di alamat: instagram.com dan login dengan menggunakan akun sendiri.
  • Klik ikon profil yang berada di kanan atas untuk membuka profil Kamu.
  • Selanjutnya klik ikon roda gigi yang berada di sebelah kanan nama akun Kamu, kemudian pilih “Pengaturan Privasi dan Keamanan”.
  • Gulir ke bagian bawah dan klik “Lihat Data Akun”.
  • Di bawah tab “Aktivitas Akun”, Kamu akan melihat “Riwayat Pencarian” dan opsi untuk “Lihat Semua”.
  • Langkah selanjutnya klik “Hapus Riwayat Pencarian” dan “Ya, Saya Yakin” yang berfungsi untuk menghapus daftar riwayat pencarian Instagram Kamu.
  • Selesai, kamu berhasil menghapus history Instagram melalui komputer atau laptop.

Kamu bisa menghapus history pencarian Instagram secara rutin supaya privasi tetap terjaga. Di samping itu, dengan mengapus riwayat IG juga bisa lebih meningkatkan performa hp karena lebih menghemat memori.

Cara Mengembalikan History Instagram yang Sudah Dihapus

Lalu, bisakah mengembalikan history Instagram yang telah dihapus? Sayangnya jawabannya tidak bisa mengembalikan history Instagram yang sudah dihapus.

Jika kamu sudah melakukan penghapusan history baik pada HP maupun komputer, maka data tersebut akan benar-benar hilang selamanya dan tidak dapat dikembalikan lagi. Makanya sebaiknya waspada ketika kamu mau menghapus history Instagam.

Kendati demikian, jika kamu sudah terlanjur menghapus history, kamu cukup mengingat-ingat kembali pencarian sebelumnya dengan mengetikkan kata kunci yang sama.

Dengan begitu kamu tidak akan kehilangan pencarian sebelumnya karena akan muncul kembali pada history Instagram.

Cara Menyembunyikan History Instagram

Menyembunyikan history Instagram berarti menghapus saran pencarian yang muncul ketika kamu mengetikkan kata kunci di kolom pencarian Instagram.

Saran pencarian ini berasal dari history kamu berdasarkan pencarian yang kamu lakukan sebelumnya.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan jika ingin menyembunyikan histroy Instagram baik melalui HP atau melalui komputer.

Berikut penjelasannya:

1.Melalui HP

  • Masuk pada kolom pencarian terlebih dahulu.
  • Selanjutnya pada history yang muncul, ketuk ikon X yang berada di sebelah kanan hasil dari pencarian baik nama akun, tagar, ataupun lokasi.
  • Kamu bisa menghapus semua history dengan cara mengetuk Clear All yang berada di pojok kanan bagian atas layar.

Metode ini dapat dilakukan dengan memakai fitur khusus untuk menghapus history yang ada pada menu pengaturan atau bisa langsung melalui halaman pencarian.

2. Melalui Komputer

  • Kamu bisa menghapus saran pencarian dengan cara klik ikon X yang berada di sebelah kanan dari history yang pernah kamu cari sebelumnya. Misalnya seperti nama akun seseorang, tagar, ataupun lokasi tertentu.
  • Kamu pun dapat menghapus riwayat pencarian dengan cara klik Clear All yang berada di pojok kanan atas layar komputer.

Kamu bisa melakukan metode ini jika sebelumnya mengakses menu Lihat Data Akun yang berada pada menu Pengaturan Privasi dan Keamanan.

Dengan langkah-langkah di atas, maka kamu bisa menyembunyikan riwayat pencarian Instagram dari orang-orang yang tidak berhak melihatnya.

Namun ingatlah bahwa penghapusan riwayat pencarian sifatnya permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu sudah yakin ingin menghapus history Instagram.

Saran Pencarian Instagram

Terkadang jika kamu mencari pencarian pada kolom pencarian ada kalanya saran pencarian tersebut tidak relevan atau tidak sesuai dengan minat Kamu.

Misalnya, ketika Kamu ingin mencari akun, tagar, atau lokasi tertentu, malah yang muncul merupakan hasil yang tidak Kamu sukai atau tidak ingin Kamu lihat lagi.

Hal ini bisa membuat saran pencarian Instagram akan selalu muncul dengan hal-hal yang tidak Kamu inginkan.

Pertanyaannya, apakah ada cara untuk menghapus saran pencarian Instagram yang tidak relevan? Sayangnya jawabannya adalah tidak ada.

Instagram tidak menyediakan fitur untuk menghapus saran pencarian tertentu yang tidak relevan. Jika Kamu ingin menghapus saran pencarian, maka wajib menghapus semua riwayat pencarian Kamu yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghapus history Instagram di HP dan komputer dengan mudah dan cepat. Dengan menghapus history Instagram, maka Kamu bisa menjaga privasi dan keamanan data pencarian Kamu dari orang-orang yang tidak berhak untuk melihatnya.

Namun ingatlah bahwa cara menghapus history Instagram sifatnya permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi. Oleh karena itu, pastikan hal tersebut sudah kamu yakini untuk menghapusnya. Semoga bermanfaat!

 

Related posts