2+ Cara Menghapus Garis Tabel di Word dengan Benar 🙄

Cara Menghapus Garis Tabel di Word
Cara Menghapus Garis Tabel di Word

WIGATOS.com | Bagaimana cara menghapus garus tabel di Word? Kita tahu jika aplikasi Word merupakan platform pengolah kata yang paling populer dan banyak digunakan di dunia yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur dan fungsi yang dapat membantu penggunanya membuat dan mengedit dokumen, termasuk membuat dan menyunting tabel dengan system kerja yang profesional.

Tabel adalah elemen yang dapat menampilkan data atau informasi dalam bentuk baris dan kolom yang teratur dan rapi. Namun pada kondisi tertentu terkadang kita ingin menghapus garis tabel di Word, dengan tujuan agar tampilan tabel lebih sederhana atau sesuai dengan kebutuhan agar mudah membacanya.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Word, selain cara memperbaiki file Word yang rusak kamu juga bisa coba cara menghapus garis tabel di Word berikut!

Cara Menghapus Garis Tabel di Word

Cara Menghapus Garis Tabel di Word
Cara Menghapus Garis Tabel di Word

Ketika kamu mengakses atau membuat tabel di Word, mungkin tak semudah melakukan pengaturan tabel saat menggunakan Excel. Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa melakukan pengaturan dalam pembuatan tabel seperti menghapus garis tabel di Word dengan metode-metode berikut :

1. Menghapus Garis Tabel di Word Menggunakan Toolbar Borders

Pertama, kamu bisa menghapus garis tabel di Word memakai Toolbars Borders. Kamu hanya perlu menggunakan toolbar Borders yang terdapat pada menu Home. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka dokumen Word yang berisi tabel yang ingin kamu hapus garisnya.
  • Klik pada sel atau bagian tabel yang ingin kamu hapus garisnya. Pada tahapan ini silakan pilih satu sel, beberapa sel, atau seluruh table sesuai garis table yang ingin dihapus.
  • Pada menu Home, klik pada ikon Borders  berbentuk kotak dengan garis-garis dan pilih opsi No Border. Ini akan menghapus semua garis pada bagian tabel yang kamu pilih tadi.
  • Jika ingin menghapus garis tertentu pada bagian tabel yang kamu pilih, maka cukup klik pada ikon Borders dan pilih opsi Borders and Shading. Ini akan membuka jendela dialog Borders and Shading yang memungkinkan kamu untuk memilih jenis, warna, dan ketebalan garis yang ingin di hapus atau di tambahkan.
  • Selain itu kamu juga bisa klik pada kotak Preview untuk melihat hasilnya sebelum klik tombol OK.

2. Menghapus Garis Tabel di Word Menggunakan Menu Tabel Properties

Cara menghapus garis tabel di Word selanjutnya yaitu bisa memakai menu tabel properties. Kamu bisa menggunakan menu Table Properties yang ada di menu Table Tools. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka dokumen Word yang berisi tabel yang ingin kamu hapus garisnya.
  • Silakan pilih bagian tabel yang ingin kamu hapus garisnya. Pada tahapan ini kamu pun bisa memilih satu sel, beberapa sel, atau seluruh table sesuai keinginan.
  • Pada menu Table Tools, klik pada bagian tab Design dan pilih opsi Table Properties. Ini akan membuka jendela dialog Table Properties yang memiliki beberapa tab, diantaranya Table, Row, Column, Cell, dan Borders and Shading.
  • Pada tab Borders and Shading, silakan pilih jenis, warna, dan ketebalan garis yang ingin kamu hapus atau bisa juga menambahkan pada bagian tabel yang kamu pilih.
  • Kamu pun dapat memilih opsi None untuk menghapus semua garis atau opsi All untuk menampilkan semua garis.
  • Sebelum klik OK, kamu bisa melihat dulu hasilnya ndengan cara klik pada kotak Preview.

Itulah dua metode yang dapat kamu lakukan untuk menghapus garis table yang sangat mudah dilakukan. Selanjutnya kamu bisa berkreasi agar tampilannya lebih menarik lagi.

Cara Menggabungkan atau Membagi Sel dalam Tabel di Word

Selain cara menghapus garis tabel, kamu juga bisa menggabungkan atau membagi sel dalam tabel di Word. Untuk menggabungkan atau membagi sel dalam tabel di Word, kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut:

1. Menggunakan Menu Layout di bawah Table Tools

  • Kamu bisa mengakses menu ini setelah memilih sel atau bagian tabel yang ingin kamu gabungkan atau membagi.
  • Pada menu Layout, temukan perintah Merge Cells untuk menggabungkan sel yang berdekatan menjadi satu sel besar.
  • Gunakan pula perintah Split Cells untuk membagi satu sel menjadi sel kecil.
  • Pada tahapan ini kamu pun bisa menyesuaikan jumlah kolom atau baris yang ingin kamu buat saat membagi sel.

2. Menggunakan Klik Kanan Pada Mouse

  • Cara menggabungkan atau membagi sel dengan cara klik kanan pada sel atau bagian tabel yang ingin kamu ubah.
  • kemudian pilih perintah Merge Cells atau Split Cells dari menu konteks yang muncul.
  • Ikuti langkah-langkah yang sama seperti cara pertama untuk menentukan jumlah kolom atau baris yang ingin kamu buat saat membagi sel menjadi lebih banyak.

Cara Menyisipkan Gambar, Grafik, atau Objek Lain ke dalam Tabel di Word

Untuk menyisipkan gambar, grafik, atau objek lainnya ke dalam able di Word, kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut:

1. Menggunakan menu Insert di atas tab ribbon

  • Akses terlebih dahulu menu ini setelah memilih sel tabel di mana ingin menyisipkan gambar, grafik, atau objek lain.
  • Di menu Insert, kamu bisa menemukan berbagai opsi untuk menyisipkan gambar dari perangkat kamu dari File Explorer, stok gambar, gambar online, grafik dari data Excel, objek dari aplikasi lain, dan lain sebagainya.
  • Setelah memilih opsi yang diinginkan, selanjutnay sesuaikanlah ukuran, posisi, dan format gambar, grafik, atau objek yang kamu sisipkan ke dalam table tadi.

2. Menggunakan drag and drop

  • Untuk menyisipkan gambar, grafik, atau objek lain ke dalam tabel bisa dengan cara menyeretnya dari lokasi penyimpanan di komputer kamu atau dari aplikasi lain ke sel tabel yang kamu inginkan.
  • Setelah melepaskan mouse, gambar, grafik, atau objek lain maka akan otomatis tersisipkan ke dalam tabel.
  • Silakan ubah ukuran, posisi, dan format gambar, grafik, atau objek dengan cara yang sama seperti cara pertama.

Tips dan Trik Menghapus Garis Tabel di Word

Berikut beberapa tips dan trik untuk menghapus garis tabel di Word yang penting untuk diketahui agar hasilnya lebih baik dan cepat:

  • Gunakanlah pintasan keyboard untuk mengakses kotak dialog Borders and Shading atau tombol Borders di tab Home dengan cepat. Caranya cukup mudah yaitu tekan kombinasi tombol berikut ini Alt+H, B untuk membuka menu tombol Borders, atau tekan Ctrl+Alt+H untuk membuka kotak dialog Borders and Shading.
  • Pakai alat Format Painter untuk menyalin dan menempelkan format garis dari satu bagian tabel ke bagian lainnya. Misalnya, jika kamu ingin menghapus garis dari beberapa baris atau kolom, terlebih dahulu cukup hapus garis dari satu baris atau kolom yang kamu pilih, kemudian pilih dan klik tombol Format Painter yang ada di tab Home. Selanjutnya, pilih baris atau kolom lain yang ingin kamu terapkan format yang sama dan lepaskan tombol mouse.
  • Gunakan galeri Table Styles untuk menerapkan gaya yang sudah ditentukan ke tabel yang kamu buat sehingga tidak memiliki garis sama sekali. Misalnya, jika ingin memilih gaya No Border atau Tanpa Garis untuk membuat tabel tampak seperti teks biasa. Maka kamu dapat mengakses galeri Table Styles pada tab Design di bawah Table Tools.

Dengan cara menghapus garis tabel di Word seperti tutorial di atas dan pengaturan terkait pembuatan tabel di Word yang sudah dijelaskan di atas, kamu tak perlu kerepotan lagi ketika membuat dan melakukan pengaturan tabel di Word!

Related posts