Cara Cancel Gocar Mudah, Sebelum dan Sesudah Dapat Driver!

Cara Cancel Gocar
Cara Cancel Gocar

GoCar termasuk salah satu layanan Gojek khusus untuk antar jemput memakai mobil hingga ke berbagai macam tempat. Melalui GoCar, maka kamu dapat pergi kemana saja tanpa terbatas rute perjalanan. Namun tahukah kamu bagaimana cara cancel GoCar?

Sebelum kita bahas cara membatalkan pesanan Gocar, penting sekali untuk tahu gimana cara pesan GoCar. Untuk memesan Gocar sebetulnya sangat mudah, kamu hanya perlu memesannya lewat smartphone.

Orderan Gocar yang sangat mudah dilakukan juga sama seperti mudahnya cara cancel Gocar. Hal ini pastinya jadi alasan kenapa layanan Gocar sangat diminati oleh masyarakat, baik untuk kalangan muda maupun tua. Selain itu, Gocar juga sudah sukses sebagai layanan transportasi online di Indonesia terkemuka.

Cara Cancel Gocar

Cara Cancel Gocar
Cara Cancel Gocar

Ada dua metode cara cancel Gocar yang perlu kamu tahu, yaitu cancel Gocar sebelum dapat driver dan sesudah dapat driver. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengikuti panduan berikut :

1. Cancel Gocar Ketika Masih Cari Driver

Cara ini sebetulnya sangat mudah, saat kamu telah menginputkan alamat keberadaanmu, lalu menekan order pada waktu itu, maka kamu akan melihat proses pencarian suppir atau driver Gocar yang berlangsung.

Ketika pencarian selesai dilakukan, kamu bakal menemukan pilihan Cancel Order pada aplikasi. Ketuk tulisan tersebut, selanjutnya pilih alasan kenapa kamu membatalkan orderan Gocar. Silakan pilih alasan dengan tepat.

2. Cancel Gocar Jika Sudah Dapat Driver

Cara cancel Gocar yang kedua, yaitu jika kamu sudah dapat driver. Jika sebelumnya kamu berencana buat pergi ke suatu tempat memakai GoCar. Namun sesudah memesan Gocar serta memperoleh driver, ada hal yang terjadi secara tiba-tiba.

Sehingga hal tersebut membuatmu harus membatalkan orderan Gocar. Jangan khawatir, jika mau cancel Gocare ketika memperoleh driver wajib buat menghubungi layanan driver GoCar.

Kamu wajib menjelaskan terlebih dulu, kepada pihak driver apabila ada sesuatu hal terjadi. Alasan cancel juga harus benar dan jujur, bukan iseng. Silakan katakan secara tenang kemudian lakukan permintaan maaf.

Ingat, jangan pernah membatalkan orderan dengan nada yang marah. Sebab bisa saja driver melaporkan akunmu langsung ke layanan privacy policy Gocar lewat pelanggaran yang bisa merugikan pihak pengemudi.

Jika kamu sudah mengkonfirmasi cancel orderan Gocar lewat telepon. Ketuk Batal via aplikasi, sebab jika hanya memanggil biasanya sistem tetap menganggapnya sebagai orderan.

  • Silakan masuk ke Gojek Apps dan akses menu Gocar via smartphone.
  • Masuk ke dashboard aplikasi, di sana kamu akan melihat tombol batal menggunakan tanda silang.
  • Persilangan tersebut biasanay terletak di bawah garis pada menu chat dan hp.
  • Pastikan untuk membatalkan orderan Gocar secepat mungkin. Tujuannya supaya sistem tidak langsung mendeteksi pemesanan kamu.

Tapi kamu harus ingat jika metode di atas tidak untuk iseng, pastikan hanya memanfaatkan fitur buat cancel pesanan Gocar saat kondisi darurat.

Apakah Pembatalan Gocar Bisa Dilakukan oleh Driver?

Belum lama ini, layanan transportasi online Gojek telah menjelaska jika mitra penumpang dan pengemudi layanan GoCar maupun GoRide bisa cancel orderan tanpa penalti.

Cara Mengatasi Orderan Gocar Tak Dapat Dibatalkan

Ada sebagian pengguna yang merasa kurang puas saat sudah cancel pesanan Gocar tapi ternyata gagal. Biasanya hal ini terjadi akibat ada kesalahan atau trouble yang tanpa disadari sudah dilakukan hingga mengalami kegagalan.

Sebagai solusinya, jika terjadi kesalahan pastikan untuk segera menutup aplikasi Gojek secara paksa. Setelah itu, lanjutkan lagi dengan membuka aplikasi sesudah beberapa menit sesudahnya. Kemudian lakukan lagi langkah-langkah cara cancel Gocar di atas supaya semua sistem aplikasinya dapat berjalan normal.

Meskipun mudah, tapi jangan sampai terlalu sering membatalkan pesanan. Sebab bisa jadakun kamu akan terblokir.

Cara Ganti Tujuan Perjalanan

Jika alasan pembatalan pesanan Gocar karena kamu igin mengubah tujuan, maka sebaiknya jangan dibatalkan. Tetapi kamu harus ganti alamat tujuan baru dengan menginputkannya ke aplikasi Gojek.

Mengingat Gojek sudah menydiakan fitur terbarunya secara langsung untuk menggantikan tujuan perjalanan. Jika belum tahu, sebaiknya ikuti beberapa langkah cara ganti tujuan perjalanan. Berikut ulasannya :

  • Jika mau memindahkan atau menggati alamat tujuan, kamu perlu menggeser detail pada informasi perjalanan orderan tadi.
  • Sesudahnya, kamu akan diarahkan langsung ke men edit untuk bisa mengubah alamat dan lokasi tujuan akhir pesanan.
  • Setelah itu, bis amelanjutkan lagi dengan tekan menu tersebut.
  • Kini kamu bisa menginputkan tujuan perjalanan baru dan tekan Ok Ganti.
  • Selesai, hasil tujuan orderanmu kini telah berganti.

Kamu juga perlu tahu, dengan mengubah alamat tujuan terbaru biasanya biaya pengantarannya langsung menyesuaikan jarak tempuhnya.

Cara Pesan Gocar dengan Mudah

Jika kamu termasuk pengguna baru Gojek, mungkin masih bingung bagaimana cara pesan layanan Gocar. Berikut ada beberapa langkah yang perlu kamu ketahui untuk pesan Gocarm :

  • Silakan akses aplikasi Gojek di hp dan klik Gocar.
  • Jika GPS belum diaktifkan, aplikasi Gojek biasanya akan mengingatkan supaya mengaktifkan lokasi di perangkat. Jika GPS atau layanan lokasi sudah aktif, kamu tinggal masuk ke langkah selanjutnya.
  • Pilih lokasi untuk penjemputan. Deteksi lokasi secara otomatis di perangkat terkadang tidak selalu tepat langsung menunjuk ke lokasi tepat kamu berada, jadi kamu harus menuliskannya dengan manual.
  • Akan tetapi, apabila lokasi yang ada di aplikasi Gojek sudah benar, klik Set Jemput.
  • Jika sudah menentukan lokasi untuk jemput. Selajutnya pilih lokasi tujuan. Secara otomatis kamu akan melihat biaya ongkos dan jarak tempuhnya.
  • Selanjutnya kamu akan dibawa ke 3 pilihan metode bayar pesanan GoCar, antara lain tunai, GoPay dan PayLater. Apabila sudah sesuai, klik pesan sekarang.
  • Lalu sistem akan langsung memilih driver buat menjemputmu. Sebelum melakukan penjemputan, biasanya pengemudi GoCar langsung menghubungimu untuk memastikan lokasi tempat penjemputan.
  • Jika driver dari Gocar sudah tiba, kamu bisa menikmati perjalanan ke lokasi tujuan. Ketika di perjalanan, akan terlihat rute perjalanan yang mau ditempuh. Rute tersebut seringkali tidak sama antara yang ada pada aplikasi dengan rute yang ditempuh driver Gocar. Biasanya hal tersebut sebagai antisipasi untuk menghidari kemacetan.
  • Jika sudah tiba di tempat tujuan, kamu tinggal berikan komentar positif dan bintang kr driver yang mengantarkanmu.

Kesimpulan

Menggunakan Gocar sebetulnya tidak sulit, karena kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah praktis di atas saja. Selain itu, driver GoCar juga kebanyakan sangat ramah dan responsif. Sehingga membuatmu sangat nyaman. Kamu juga bisa lebih mudah melakukan cara pesan Gojek lainnya jika mau menggunakan layanan Gojek.

Apabila ada hal yang tidak diinginkan atau terjadi kondisi tertentu yang mengharuskanmu membatalkan Gocar, silakan ikuti cara cancel Gocar di atas. Namun ingat, saat melakukan pembatalan sebaiknya dilakukan sebelum mendapatkan driver. Sebab jika sudah dapat driver, kamu harus menghubungi driver terlebih dahulu agar pesanan dibatalkan.

Related posts