8 Step Cara Cari Efek di IG dan Cara Menggunakannya

Cara Cari Efek di IG
Cara Cari Efek di IG

Bagaimana cara cari efek di IG? Salah satu kelebihan Instagram yaitu menawarkan efek instagram, sehingga kamu sebagai pengguna bisa ubah suasana dan tampilan gambar yang mau diupload. Di samping itu, efek juga dapat menjadikan konten IG lebih menarik.

Semakin berkembangnya media sosial, membuat Instagram hadir sebagai platform terpopuler agar bisa saling berbagi momen dan dapat mengekspresikan diri kamu. IG juga telah menghadirkan banyak fitur menarik, seperti cara copy video di Instagram dengan mudah hingga menggunakan berbagai efek menarik.

Read More

Sayangnya tak semua pengguna tahu gimana cara cari efek di IG. Kamu bisa menemukan efek di Instagram memakai efek bawaan pengguna maupun kreator agar pengalaman pengguna IG kian meningkat.

Jenis-jenis Efek di Instagram

Ada beberapa jenis efek yang ada di Instagram dan bisa kamu nikmati. Beberapa diantaranya :

1. Filter Foto

Filter adalah efek yang paling umum di Instagram. Adanya filter ini bisa mengubah warna, kontras, dan tampilan keseluruhan foto yang akan kamu unggah menjadi lebih menarik. Beberapa filter populer yang sering digunakan yaitu Clarendon, Valencia, dan Juno.

2. Stiker

Stiker adalah gambar atau animasi yang dapat kamu tambahkan ke foto atau video yang akan kamu posting. Instagram menyediakan banyak stiker, termasuk emoji, stiker musim, stiker lokasi, dan masih banyak lagi disesuaikan dengan konten yang akan kamu bagikan.

3. Efek AR (Augmented Reality)

Efek AR adalah efek interaktif yang berfungsi berdasarkan teknologi augmented reality. Ini adalah efek buat menambahkan elemen virtual ke dalam gambar dengan cara yang unik. Misalnya saja, seperti menambahkan topi, kacamata, atau hewan lucu yang dapat mengikuti gerakan wajah kamu di foto yang akan di bagikan.

4. Efek Boomerang

Boomerang adalah efek video berulang pendek yang dapat membuat adegan yang lucu dan menarik. Durasi boomerang tidak terlalu Panjang, namun melalui ciri khas inilah bisa membuat konten lebih menarik.

5. Efek Musik

Instagram memungkinkan penggunanya untuk menambahkan musik ke dalam cerita yang kamu bagikan untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan gambar atau video konten milikmu.

Cara Cari Efek di Instagram

Cara Cari Efek di IG
Cara Cari Efek di IG

Jika kamu belum tahu gimana cara cari efek di Instagram, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba agar bisa menemukan efek di IG dengan mudah berikut ini :

1. Cari Efek di Instagram dengan Memakai Instagram Apk Terbaru

Sebelum mulai mencari efek, pastikan aplikasi Instagram kamu sudah di update ke versi terbaru yang dapat di update melalui Toko Aplikasi Google Play Store atau Apps Store. Pembaruan terbaru biasanya menyertakan efek dan fitur baru yang mungkin tidak tersedia pada versi sebelumnya.

2. Buka Instagram Stories

Jika mau cari efek Instagram, buka aplikasi Instagram terlebih dahulu. Kemudian pilih fitur “Stories” dengan menggeser ke kanan yang berada di beranda IG kamu.

3. Pilih Opsi Efek

Setelah masuk ke Instagram Stories, kamu akan melihat antarmuka kamera di layar. Di bagian bawah layar, kamu akan melihat berbagai opsi menarik yang dapat kamu tentukan sesuai dengan keinginan.

4. Telusuri Efek Populer

Instagram akan menampilkan efek populer yang dapat kamu gunakan. Caranya cukup mudah, teruslah geser efek-efek yang tersedia hingga mencapai batasnya. Di paling batas kamu akan menemukan opsi Jelajah Efek. Klik bagian tersebut.

Pada opsi tersebut, terdapat berabagai macam efek yang menarik mulai dari efek yang sedang tren, estetis, tampilan, game, humor, hingga efek khusus.

Ini merupakan pencarian efek berdasarkan kategori yang tersedia. Silakan pilih salah satu dari banyaknya efek tersebut untuk mendapatkan pengalaman lebih dari mencoba efek satu demi satu.

5. Gunakan Pencarian Efek

Masih pada halaman yang sama, kamu bisa menggunakan pencarian efek dengan mengetik efek yang kamu inginkan pada bagian pencarian (ikon gambar kaca pembesar) yang berada sebelah kiri. Ketik nama efeknya dan tunggu beberapa saat hingga kamu mendapatkan efek yang diinginkan.

6. Pratinjau Efek dan Simpan ke Koleksi

Ketika kamu menemukan efek yang menarik, ketuk ikon “Pratinjau” untuk melihat bagaimana efek tersebut akan terlihat di foto atau video kamu.

Jika kamu menyukai efek tersebut, selanjutnya kamu dapat menyimpan efek tersebut ke koleksi dengan mengklik ikon “Simpan” (ikon unduh) yang ada di halaman tersebut.

7. Gunakan Efek dalam Cerita

Setelah menyimpan efek ke koleksi, selanjutnya kamu dapat menggunakannya dalam cerita yang akan kamu unggah. Kembalilah ke layar “Stories,” kemudian ambil foto atau video seperti biasanya, dan ketuk efek yang sudah kamu pilih sebelumnya.

8. Ciptakan Efek Anda Sendiri

Jika kamu memiliki kreativitas dan pengetahuan tentang desain grafis, kamu juga dapat mencoba untuk membuat efek kamu sendiri menggunakan aplikasi desain atau platform khusus pembuat efek AR.

Setelah selesai membuat efek, selanjutnya kamu dapat mengunggahnya ke Instagram untuk digunakan oleh pengguna lain.

Hal-hal Yang Perlu Diketahui Mengenai Efek di Instagram

Setelah mengetahui cara cari efek Instagram dan menggunakannya di Instagram, ada beberapa hal lain yang perlu kamu ketahui mengenai efek Instagram, yaitu :

1. Efek Efimeral di Stories

Efek yang kamu tambahkan ke cerita biasanya akan hilang setelah 24 jam. Jadi, pastikan selalu mengecek efek yang sedang tren dan mencoba berbagai efek secara teratur untuk mengasah kreatifitas kamu menggunakan efek lanjutan.

2. Efek Khusus dari Kecantikan

Instagram menyediakan beberapa efek khusus untuk perawatan wajah, seperti efek yang menghaluskan kulit, memutihkan gigi, atau menambahkan blush on.

Pastikan kamu menggunakan efek ini dengan bijak dan tidak berlebihan agar tetap terlihat alami karena kecantikan alami jauh lebih baik daripada menggunakan efek.

3. Efek Kreatif untuk Merek dan Bisnis

Jika kamu sedang mengelola akun bisnis di Instagram, mencari dan menggunakan efek yang relevan dengan merek bisa membantu meningkatkan kesadaran merek dan menarik perhatian audiens. Pilihlah efek yang sesuai dengan bisnis yang sedang kamu jalani.

4. Komunitas Efek Kreator

Di Instagram, ada banyak komunitas kreator yang berdedikasi untuk berbagi dan menciptakan efek baru. Bergabunglah dengan komunitas tersebut untuk mendapatkan inspirasi dan mendiskusikan ide sesama kreator.

Apa Saja Efek Instagram yang Sedang Trend?

Ada beberapa pilihan efek Instagram yang sedang trend dan bisa kamu jumpai, antara lain :

1. Glow Up

Glow Up adalah salah satu efek Instagram terbaru yang membuat wajah penggunanya jadiĀ glowing atau cerah. Biasanya kaum wanita yang sering memakai efek IG ini sebab bisa membuat wajah lebih bersinar.

2. Don’t Judge Me

Efek yang satu ini sedang trending, yakni Don’t Judge Me. Pertama, efek ini bakal memberikan efek gelap di wajah pengguna lalu sesudah beberapa lama efek akan lebih cerah secara otomatis.

3. Lens

Kamu juga bisa memilih efek yang satu ini jika gemar mengambil video maupun foto di smartphone. Selain itu, efek Lens juga bisa menampilkan gambar tepat di tengah layar hp seakan-akan kamu tengah mengambil foto lewat viewfinder kamera.

Itulah beberapa jenis efek Instagram yang bisa kamu coba berikut cara cari efek di Instagram tanpa ribet. Semoga membantu!

Related posts