Cara Copy Link LinkedIn

Cara Copy Link Linkedin
Cara Copy Link Linkedin

Jika kamu mau mengatur akun LinkedIn ke publik, harus tahu gimana cara copy link LinkedIn. Setelah menyalin link LinkedIn, maka kamu bisa leluasa share profil LinkedIn berbentuk tautan dengan menyematkannya dalam Curiculum Vitae.

LinkedIn tak hanya menjadi tempat untuk portofolio pekerjaan, berdiskusi, aktivitas jurnalisme dan lainnya. Melainkan juga menjadi forum untuk orang-orang yang berorientasi terhadap bisnis.

Read More

LinkedIn merupakan sebuah platform yang baik bagi kamu yang sedang mencari kerja. Bahkan tak sedikit anggota LinkedIn rutin memakai situs web ini, seperti owner, fresh graduate, MD, CEO dan lainnya.

Jika kamu mau melamar kerja, bisa coba cara melamar kerja di LinkedIn lewat artikel yang sudah kami bagikan sebelumnya!

Apa itu LinkedIn?

LinkedIn merupakan platform jaringan profesional yang memungkinkan penggunanya menciptakan dan memperluas jaringan kontak untuk bisnis. Berbeda dengan platform media sosial yang lain, LinkedIn lebih fokus pada aspek profesional, mulai dari kesempatan berkarir, rekrutmen, dan kolaborasi bisnis.

Pengguna LinkedIn dapat membuat profil secara professional yang mencantumkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, sertifikasi, dan rekomendasi kerja dari rekan atau atasan sebelumnya.

Cara Copy Link LinkedIn

Cara Copy Link Linkedin
Cara Copy Link Linkedin

Berikut langkah-langkah care copy LinkedIn terutama profil LinkedIn yang dapat dibagikan untuk urusan professional :

1. Login ke Akun LinkedIn

Masuk terlebih dahulu ke akun LinkedIn kamu dengan menggunakan alamat email dan kata sandi yang sudah didaftarkan sebelumnya. Atau kamu juga bisa langsung menggunakan akun Google agar bisa langsung terhubung dengan mudah.

2. Buka Profil

Setelah masuk, pergi ke profil LinkedIn kamu dengan care klik foto profil kamu yang berada bagian atas, lalu pilih “Lihat Profil”.

3. Salin URL Profil LinkedIn

Di halaman profil, kamu akan melihat dibagian atas yang berjudul “Public Profil & URL”, di bagian tersebut terdapat ikon pensil, klik ikon tersebut. Selanjutnya blok link yang ada.

Terakhir cukup klik kanan dengan mengarahkan kursor pada link tersebut lalu klik tombol Copy. Atau jika ingin menggunakan keyboard bisa langsung klik tombol kombinasi berikut ini, CTRL + C.

4. Selesai

Setelah mengikuti langkah cara copy link LinkedIn, kini URL profil LinkedIn kamu sudah disalin dan siap untuk dibagikan atau digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Adapun caranya cukup mudah cukup klik kanan pada kolom yang lain lalu klik “Tempel” atau “Paste”. Adapun jika menggunakan keyboard bisa langsung klik kombinasi tombol berikut pada kolom yang tersedia yaitu : CTRL + V.

Cara Membuat Akun LinkedIn

Setelah memahami cara copy link LinkedIn di atas, kamu tinggal membagikannya. Lalu, bagaimana jika belum punya akun LinkedIn? Jangan khawatir, berikut panduan langkah demi langkah membuat akun LinkedIn terutama bagi kamu yang belum memiliki akun sama sekali :

1. Buka Situs Web LinkedIn

Kunjungi situs web LinkedIn di alamat www.LinkedIn.com kemudian klik tombol “Daftar” atau “Lanjutkan dengan Google”.

2. Isi Informasi Pribadi

Masukkanlah informasi pribadi kamu pada kolom yang telah disediakan. Seperti informasi nama depan, nama belakang, alamat email aktif berikut kata sandi yang digunakan untuk akses LinkedIn. Setelah selesai mengisi data, klik tombol “Join Now”.

3. Masukkan Negara Asa

Pada kotak Country yang muncul pada layar, pilihlah negara tempat kamu tinggal saat ini. Dalam hal ini pilihlah negara Indonesia. Selanjutnya pada kolom ZIP Code, masukkan kode pos tempat kamu tinggal. Jika sudah mengisinya, klik tombol NEXT.

4. Pengisian Kolom Lanjutan

Pada kolom lanjutan, kamu akan mendapatkan kolom mengenai status kamu, pilihlah apakah kamu masih berstatus pelajar atau tidak. Jika berstatus pelajar, masukkanlah nama almamater, Angkatan, dan perkiraan tahun kelulusan.

5. Kolom Jabatan dan Perusahaan Tempat Kerja

Jika kamu sudah berstatus seorang pekerja, maka akan muncul kolom isian mengenai tempat kerja sebelumnya, berikut rinciannya :

  • Masukkan job title pada kolom yang disediakan.
  • Masukkan nama perusahaan pada kolom yang disediakan.
  • Tentukan jenis industry perusahaan sebelumnya pada kolom yang disediakan.

Setelah semuanya di isi, klik tombol NEXT.

6. Lengkapi Profil Anda

Setelah terdaftar dan memiliki akun LinkedIn, sekrang kamu sudah bisa mengisi informasi pribadi,  termasuk nama lengkap, gelar, foto profil, dan ringkasan singkat tentang diri kamu. Pastikan memberikan informasi yang akurat dan profesional.

7. Terhubung dengan Orang Lain

Setelah profil selesai dibuat, LinkedIn akan menyarankan kontak yang mungkin kamu kenal. Kamu dapat mengundang mereka untuk terhubung dengan akun LinkedIn milikmu dan bisa saling bertukar informasi mengenai pekerjaan atau informasi lainnya.

Bagaimana LinkedIn Bekerja?

LinkedIn beroperasi secara online yang dapat diakses menggunakan situs web dan aplikasi berbasis seluler. Pengguna LinkedIn dapat mencari kolega yang baru dikenalnya dan terhubung dengan rekan kerja secara profesional melalui permintaan koneksi. System kerjanya adalah menerima dan mengirim permintaan koneksi.

Selain itu, LinkedIn dapat digunakan untuk berbagi konten yang berkaitan dengan sector industri, pemikiran, dan wawasan profesional yang dapat dicurahkan melalui postingan, artikel, dan diskusi di dalam grup.

Apa Saja Keunggulan LinkedIn?

1. Jaringan Profesional Global

LinkedIn menyediakan akses ke jaringan profesional lingkup global dengan lebih dari 700 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Hal ini memungkinkan penggunanya tetap terhubung dengan orang-orang yang memiliki profesi dan pemikiran yang sejalan hingga lintas negara.

2. Kesempatan Karir Terbuka Luas

LinkedIn bisa dibilang tempat yang ideal untuk mencari peluang karir dan mendapatkan pemberitahuan mengenai lowongan pekerjaan terbaru.

Banyak perusahaan menggunakan LinkedIn untuk mencari calon pekerja potensial. Oleh karena itu, penting sekali membuat akun LinkedIn terutama bagi kamu yang baru lulus sekolah atau kuliah.

3. Meningkatkan Visibilitas Profesional

Profil LinkedIn yang lengkap dan profesional dapat membantu meningkatkan visibilitas dan kredibilitas kamu di dunia secara profesional.

Rekomendasi dan penghargaan dari rekan kerja atau atasan sebelumnya dapat meningkatkan profil kamu. Dengan begitu, jika dilihat dan direview akan sangat baik bagi keberlangsungan karir kamu di masa yang akan datang.

4. Pembelajaran dan Pengetahuan

LinkedIn menyediakan berbagai konten pembelajaran, termasuk diantaranya kursus daring, webinar, dan berbagai macam artikel dari para pakar yang berkecimpung di industry manapun.

Ini dapat membantu pengguna agar terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan terutama di dunia kerja.

5. Interaksi dan Kolaborasi

Pengguna dapat terlibat dalam kelompok atau komunitas yang relevan sesuai minat dan bakat di industry tertentu, hal ini dapat memungkinkan interaksi dan kolaborasi dengan para profesional yang sejenis sehingga dapat menambah banyak kenalan.

6. Iklan dan Branding Perusahaan

Selain untuk kebutuhan profil, LinkedIn menyediakan fasilitas khusus bagi perusahaan dalam mempromosikan merek melalui halaman Perusahaan. Perusahaan dapat membuat halaman khusus yang memuat informasi mengenai perusahaan, produk, dan layanannya.

Di samping itu, LinkedIn menyediakan platform iklan yang memungkinkan perusahaan menargetkan audiens secara spesifik berdasarkan kriteria seperti sector tertentu, jabatan, lokasi, dan minat.

Ya, itulah ulasan tentang LinkedIn secara detail, untuk membantumu memahami LinkedIn secara keseluruhan, bagaimana cara kerjanya dan keunggulan platform ini. Bahkan kamu jga bisa tahu bagaimana cara copy link LinkedIn profil kamu. Semoga bermanfaat!

 

Related posts