Cara Buat Absen di Google Form Tanpa Ribet (8 Step)

Cara Buat Absen di Google Form
Cara Buat Absen di Google Form

Google Form adalah alat khusus persembahan dari Google yang dapat digunakan untuk membuat formulir online, termasuk formulir absensi. Cara buat absen di Google Form sendiri cukup mudah dan simpel. Belum lagi dengan adanya fitur-fitur menarik yang mempermudah kamu membuat formulir sesuai dengan kebutuhan.

Cara Buat Absen di Google Form

Cara Buat Absen di Google Form
Memuat Absen di Google Form

Absensi merupakan aktivitas yang dapat membuktikan kehadiran karyawan dalam sebuah instansi. Selain itu juga dapat digunakan oleh tenaga pendidik untuk daftar absen siswa. Absensi berhubungan dengan sistem penerapan disiplin sesuai dengan ketentuan masing-masing institusi.

Read More

1. Cara Buat Absen di Google Form : Buka Google Forms

Akses Google Forms terlebih dahulu melalui akun Google kamu di alamat https://forms.google.com.

2. Cara Buat Absen di Google Form : Pilih Template atau Mulai Form Baru

Cara buat absen di Google Form selanjutnya adalah silakan mulai dengan memilih template absen yang telah disediakan atau mulai form baru dari awal dengan mengklik tombol “+ Blank” atau “Template Gallery”.

3. Beri Judul dan Tambahkan Pertanyaan

Beri judul pada formulir absen dan tambahkan beberapa pertanyaan seperti nama siswa, tanggal absen, dan pilihan hadir atau absen. Pertanyaan disesuaikan dengan kebutuhan absen pada saat itu.

4. Sesuaikan Opsi Jawaban

Pada pertanyaan “Pilihan Hadir atau Absen,” kamu dapat menyesuaikan opsi jawaban. Misalnya dapat menggunakan kotak centang untuk “Hadir” dan “Absen” atau menggunakan fitur lainnya yang disediakan pada Google Form.

5. Atur Logika Percabangan (opsional)

Jika kamu ingin menambahkan logika percabangan, misalnya untuk pertanyaan tambahan, maka ketika siswa memilih “Absen,” kamu dapat menggunakan fitur logika percabangan yang ada di Google Forms.

6. Sesuaikan Tema dan Tampilan (opsional)

Tema dan tampilan sifatnya opsional, artinya kamu bisa menggunakannya atau tidak sama sekali. Jika ingin menggunakannya, maka bisa dengan memilih tema dan mengkustomisasi tampilan formulir sesuai preferensi kamu dengan memilih opsi “Tema” yang ada di bagian atas formulir.

7. Bagikan dan Distribusikan Formulir

Setelah selesai membuat formulir absen, sekarang kamu dapat membagikannya dengan siswa melalui tautan yang disediakan. Atau bisa juga mengundang mereka melalui email, kirim link melalui media social atau platform pembelajaran online yang sedang digunakan.

8. Lihat dan Analisis Tanggapan

Setelah melakukan absensi, sekarang kamu dapat melihat tanggapan siswa dalam bentuk grafik atau spreadsheet yang terhubung dengan formulir. Dengan begitu, maka kamu dapat menganalisis data absensi dengan mudah untuk melacak kehadiran siswa dan mengidentifikasi pola absensi yang telah terjadi.

Kelebihan Absen dengan Google Form

Menggunakan Google Form untuk absensi memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan paling populer di kalangan para pendidik. Berikut beberapa kelebihan yang dapat kamu rasakan menggunakan absen Google Form :

1. Kemudahan Aksesibilitas

Google Form dirancang untuk digunakan dengan sangat mudah untuk para penggunanya, dengan berbagai tingkat keahlian. Antarmuka yang intuitif memungkinkan pendidik untuk membuat formulir absen dalam waktu yang singkat tanpa harus memiliki pengetahuan teknis yang mendalam.

2. Fleksibilitas dan Kustomisasi

Google Form memberikan fleksibilitas tinggi dalam hal kustomisasi. Kamu dapat menyesuaikan pertanyaan, tata letak, tema, dan opsi jawaban sesuai dengan kebutuhan pada saat itu. Ini memungkinkan untuk membuat formulir absen yang sesuai dengan kebijakan dan preferensi sekolah atau kelas.

3. Pengumpulan Data yang Terstruktur dan Terorganisir

Absen menggunakan Google Form memungkinkan pengumpulan data yang terstruktur dan terorganisir. Setiap tanggapan siswa akan secara otomatis terrekam, sehingga memudahkan pendidik untuk melihat dan menganalisis kehadiran siswa secara efisien.

4. Integrasi yang Mudah dengan Google Classroom

Google Form dapat dengan mudah diintegrasikan dengan Google Classroom. Hal ini tentunya menjadi keuntungan bagi pendidik sehingga proses absen menjadi lebih terpadu dan efisien dalam lingkungan pembelajaran secara digital.

Itulah cara buat absen di Google Form dengan mudah yang bisa kamu coba, dengan beberapa kelebihannya, semoga bermanfaat!

Related posts