Cara Booking Tiket Kereta Api (Online dan Offline) Bisa Banget!

Cara Booking Tiket Kereta Api
Cara Booking Tiket Kereta Api

Perjalanan dengan kereta api menjadi salah satu pilihan transportasi favorit di Indonesia untuk bepergian dari suatu daerah ke daerah lain. Hal ini dikarenakan banyak orang menganggap jika perjalanan dengan kereta api sangat terjangkau harganya. Apalagi dengan kemudahan cara booking tiket kereta api via online dan offlinw, yang membuatnya semakin praktis.

Cara Booking Tiket Kereta Api

Cara Booking Tiket Kereta Api
Cara Booking Tiket Kereta Api

Untuk memesan tiket kereta api, kamu bisa melakukannya lewat beberapa metode di bawah ini :

1. Booking Tiket Kereta Api melalui Agen Penjualan Resmi

Pertama, kamu bisa booking tiket kereta api lewat agen penjualan tiket KAI resmi.  Kamu dapat mengunjungi agen penjualan tiket kereta api yang terdekat, seperti loket tiket di stasiun kereta api atau agen penjualan tiket resmi yang tersebar di berbagai kota.

Pilih stasiun keberangkatan dan tujuan, serta tanggal keberangkatan yang diinginkan. Informasikan kepada petugas stasiun atau agen penjualan tiket mengenai jenis kereta yang ingin digunakan (misalnya kelas ekonomi, bisnis, atau eksekutif) dan tak lupa jumlah penumpang.

Setiap kebutuhan akan dilayani oleh petugas sampai proses pembelian tiket selesai hingga memberikan tiket fisik yang dapat kamu gunakan saat naik kereta api.

2. Booking Tiket Kereta Api melalui Aplikasi atau Situs Web Resmi

Metode yang semakin populer saat ini adalah booking tiket kereta api melalui aplikasi atau situs web resmi. Banyak perusahaan kereta api di Indonesia memiliki aplikasi resmi yang dapat di unduh di Hp Smartphone. Selain itu, kamu juga dapat mengakses situs web resmi perusahaan kereta api melalui peramban internet di komputer atau HP.

Setelah mengunduh aplikasi atau mengakses situs web, ikuti langkah berikut :

  • Pilih stasiun keberangkatan dan tujuan, serta tanggal keberangkatan yang kamu inginkan.
  • Pilih jenis kereta (kelas ekonomi, bisnis, atau eksekutif) dan jumlah penumpang.
  • Tampilan layar akan menunjukkan daftar kereta yang tersedia dengan informasi jadwal keberangkatan dan harga tiket.
  • Silakan pilih kereta yang diinginkan, lalu pilih tempat duduk yang tersedia.
  • Setelah memilih tempat duduk, lanjutkan ke proses pembayaran tiket.
  • Pilihlah metode pembayaran yang kamu inginkan, seperti menggunakan kartu kredit/debit atau menggunakan dompet digital.
  • Setelah pembayaran berhasil, kamu akan menerima e-tiket melalui email atau dalam bentuk kode QR yang nantinya dapat ditunjukkan saat naik kereta api.

3. Booking Tiket Kereta Api melalui Mesin Tiket Mandiri (MTM)

Metode lain yang bisa kamu gunakan yaitu bisa melalui Mesin Tiket Mandiri (MTM). Mesin Tiket Mandiri adalah mesin otomatis yang tersedia di beberapa stasiun kereta api.

  • Setelah berada di MTM, pilih bahasa yang diinginkan pada mesin.
  • Pilih menu “Pesan Tiket”.
  • Kemudian masukkan nomor identitas (KTP/SIM/Paspor) dan pilih stasiun keberangkatan beserta tujuannya.
  • Pilih tanggal keberangkatan dan jenis kereta (kelas ekonomi, bisnis, atau eksekutif) yang kamu inginkan.
  • Pilih jumlah penumpang dan jenis pembayaran.
  • Lakukan pembayaran melalui mesin dengan menggunakan uang tunai atau kartu pembayaran.
  • Setelah pembayaran selesai, mesin akan segera mencetak tiket fisik yang dapat kamu gunakan pada saat naik kereta api.

Keuntungan Booking Tiket Kereta Api :

1. Kemudahan Akses

Dengan adanya agen penjualan tiket, aplikasi/situs web resmi, dan Mesin Tiket Mandiri (MTM), maka kamu sudah memiliki beberapa opsi cara booking tiket kereta api.

2. Fleksibilitas Waktu

Metode online seperti aplikasi/situs web resmi dan MTM memungkinkan kamu melakukan booking tiket kapan saja, 24 jam sehari, tanpa harus pergi ke stasiun atau pergi mendatangi agen penjualan tiket.

3. Pilihan Tempat Duduk

Dalam aplikasi/situs web resmi, kamu dapat melihat peta tempat duduk dan memilih tempat duduk yang diinginkan sesuai ketersediaan.

4. Pembayaran Mudah

Metode online dan MTM menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran, termasuk penggunaan kartu kredit/debit dan dompet digital yang sangat mudah diakses. Oleh karena itu, semakin mempermudah proses pembayaran tiket kereta api.

Dengan berbagai cara booking tiket kereta api yang mudah dan efisien seperti di atas, maka kamu dapat memastikan kenyamanan perjalanan saat menggunakan kereta api sebagai pilihan transportasi. Selamat mencoba!

Related posts