Cara Agar Foto Tidak Blur

Cara Agar Foto Tidak Blur
Cara Agar Foto Tidak Blur

Tidak ada yang lebih mengecewakan daripada mengambil foto lalu hasilnya buram atau blur. Apapun alasan mengambil foto tersebut, setiap orang tentu ingin hasil foto yang mereka buat lebih detail dan juga tajam. Untuk itu, penting sekali mengetahui cara agar foto tidak blur yang bisa kamu coba.

Beberapa penyebab foto menjadi blur bermacam-macam, berikut ini :

  • Akibat guncangan tangan saat memotret.
  • Karena faktor kondisi pencahayaan yang buruk.
  • Fokus kamera yang salah.

Mengingat begitu pentingnya foto untuk mengabadikan suatu momen, kamu harus bisa memahami trik agar foto lebih jelas.

Cara Agar Foto Tidak Blur

Cara Agar Foto Tidak Blur
Tips Supaya Foto Tidak Blur

Metode 1 : Cara Agar Foto Tidak Blur Pada Kamera DLSR atau sejenisnya

Untuk menyiasati supaya foto lebih jernih, jelas dan tidak blur, berikut beberapa metode yang bisa kamu lakukan :

1. Menggunakan Tripod

Jika Kamu ingin mengambil foto yang tajam dan terlihat jelas, maka yang harus dipastikan pertama kali adalah kamera yang dibawa harus stabil. Gunakanlah tripod untuk menstabilkan kamera untuk menghidari terjadinya guncangan tangan pada saat mengambil foto. Dengan menggunakan tripod, kamera menjadi lebih stabil dan proses pengambilan foto bisa menjadi lebih tajam dan sangat jelas, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang buruk sekalipun.

2. Memakai Mode Shutter Priority

Mode Shutter Priority (S atau Tv pada beberapa kamera) memungkinkan Kamu untuk memilih kecepatan rana yang tepat pada hasil jepretan nantinya. Semakin tinggi kecepatan rana, maka akan semakin sedikit waktu kamera dalam menangkap gambar. Dengan demikian, dapat mengurangi kemungkinan guncangan tangan dan foto blur.

Dalam kondisi pencahayaan yang buruk, bisa menggunakan mode Shutter Priority dengan kecepatan rana yang lebih lambat. Akan tetapi, tetap saja kamu harus memakai tripod untuk menjaga kamera tetap stabil.

3. Gunakan Remote Shutter

Remote Shutter memungkinkan pengguna pada saat mengambil foto tanpa menyentuh kamera. Ini merupakan cara terbaik untuk menghindari guncangan tangan pada saat mengambil foto. Kamu dapat menggunakan remote shutter nirkabel atau kabel berdasarkan pada jenis kamera yang Kamu gunakan. Dengan menggunakan remote shutter, maka Kamu dapat memotret lebih tenang dan tentunya dapt terhindar dari hasil foto yang blur.

Cara Agar Foto Tidak Blur pada Smartphone

Berikut beberapa cara untuk menstabilkan kamera pada perangkat smartphone :

1. Gunakan Stabilizer atau Tripod

Menggunakan stabilizer atau tripod dapat terhindar dari guncangan tangan pada saat mengambil foto dengan smartphone. Ada beberapa stabilizer atau tripod yang tersedia di pasaran dengan harga yang terjangkau. Bahkan ada beberapa model yang dirancang khusus untuk membuat sebuah video yang tahan terhadap guncangan.

2. Mode Burst

Mode Burst memungkinkan pengguna untuk mengambil beberapa foto dalam waktu singkat. Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk memastikan agar foto yang kamu hasilkan tidak blur. Tekan dan tahanlah tombol shutter pada smartphone Kamu untuk menggunakan mode Burst ini.

3. Gunakan Fokus Manual

Fokus manual memungkinkan penggunanya untuk mengatur fokus secara manual pada subjek foto. Ini dapat membantu Kamu dalam menghindari fokus yang salah dan foto menjadi blur. Kamu dapat mengatur fokus manual pada smartphone, dengan cara klik pada layar dan pusatkan pada titik tertentu agar foto menjadi autofocus.

4. Hindari Cahaya Rendah

Pencahayaan yang buruk bisa menyebabkan foto blur pada smartphone. Hindarilah pengambilan foto dalam kondisi cahaya rendah. Selain itu, pastikan pula ruangan tempat kamu mengambil foto dalam kondisi pencahayaan yang cukup. Jika memungkinkan, bisa menggunakan lampu tambahan untuk membantu menambahkan pencahayaan yang berada di sekitar subjek.

Itulah 2 metode cara agar foto tidak blur, baik menggunakan PC maupun smartphone  tergantung dari perangkat yang kamu pakai.

Related posts