Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email
Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Bagaimana cara melamar pekerjaan lewat email? Ya, melamar pekerjaan melalui email sudah menjadi hal yang umum dan sudah familiar. Karena dianggap lebih praktis dan cepat untuk mengirimkan berkas lamaran pada perekrut akan semakin cepat. Namun, terkadang penggunaan benda yang digunakan seperti Hp smartphone atau PC dapat mempengaruhi kesan pada penerima email.

Cara Melamar Pekerjaan lewat Email

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email
Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Setiap orang tentu saja memiliki smartphone untuk kebutuhan komunikasi dan kebutuhan lainnya. Penggunaan smartphone sudah sangat umum dan menjadi benda yang selalu dibawa ke mana-mana. Mengingat smartphone menjadi barang yang sangat penting saat ini, maka tidak jarang smartphone kini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Ada banyak kebutuhan smartphone, seperti mengirimkan chat, mengirimkan email, hingga untuk keperluan melamar pekerjaan lewats smartphone. Namun jika kamu tertarik dengan cara melamar pekerjaan lewat email, harus tahu beberapa langkah yang perlu dilakukan berikut :

1. Pastikan mengatur email dengan baik

Sebelum mulai melamar pekerjaan, pastikan untuk mengatur email terlebih dahulu sebelumnya. Hal ini termasuk menambahkan alamat email yang professional. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan tanda tangan email yang mencantumkan informasi kontak, serta menghapus email yang sudah tidak perlu.

2. Gunakan email formal

Pastikan email yang Kamu kirimkan memiliki gaya bahasa formal dan hindari kata-kata yang tidak sopan. Gunakan pula kalimat yang jelas dan mudah dipahami agar perekrut merasa yakin mengenai lamaran pekerjaan yang Kamu kirimkan.

3. Gunakan email template

Agar lebih praktis lagi, Kamu bisa menggunakan email template yang tersedia di Hp smartphone. Template ini umumnya sudah disediakan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Gunakan template yang memiliki tampilan sederhana dan elegan sehingga memiliki kesan profesional.

4. Sisipkan lampiran yang dibutuhkan

Setelah menuliskan email lamaran pekerjaan, selanjutnya sisipkan lampiran sesuai kebutuhan perusahaan yang kamu lamar. Silakan cek lagi, apakah lampiran yang Kamu sertakan sudah sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan atau ada yang kurang. Jika perlu, cek kembali format file yang Kamu kirimkan dan pastikan file tidak terlalu besar agar bisa terkirim dengan lancer ke perekrut.

5. Perhatikan tata letak email

Pastikan tata letak email rapi dan mudah dibaca oleh perekrut. Gunakan spasi yang cukup dan jangan terlalu rapat agar terlihat lebih jelas dan dapat dipahami. Selain itu, Kamu juga bisa memperhatikan penggunaan huruf tebal atau miring untuk menekankan poin penting pada lamaran pekerjaan tersebut.

Tips Agar Sukses Mengirimkan Lamaran via Email

Selain aturan di atas, kamu juga harus memahami cara melamar pekerjaan lewat email agar langsung diproses HRD :

1. Pastikan Akun Email Sesuai Nama Asli

Memiliki akun email dengan alamat non formal mungkin sudah biasa, akan tetapi jika untuk kebutuhan melamar kerja sebaiknya gunakan akun email yang namanya sesuai dengan nama asli kamu. Contoh akun email formal, yaitu [email protected].

2. Berkas Lamaran Harus Tidak Melebihi 1 MB

Apabila berkas lamaran kamu mempunyai kapasitas ukuran di atas 1 MB, sebaiknya konversi terlebih dahulu sampai ukurannya tidak lebih dari 1 MB. Alasannya, pemakaian file dokumen lamaran di bawah 1 MB bisa mempermudah rekruter atau pihak HRD mendownload file berkas untuk lamaranmu.

3. Jangan Kirim Berkas Lamaran lewat Format Rar/Zip

Berkas lamaran sebaiknya tidak dalam bentuk format Rar atau Zip, kedua format ini merupakan bentuk berkas kompresi sehingga memungkinkan beberapa file dapat dikumpulkan ke dalam 1 file saja dengan ukuran lebih kecil. Namun meskipun ukuran filenya lebih kecil, justru hal ini bisa mempersulit tim recruiter atau HRD ketika mengubah berkas lamaran kamu.

Dengan memahami tips cara melamar pekerjaan lewat email di atas, memungkinkan kamu untuk berpeluang mendapatkan panggilan kerja. Asalkan, pastikan untuk membaca persyaratan yang diperlukan di perusahaan tempat kamu melamar kerja. Semoga bermanfaat!

Related posts