Cara Jualan Online Laris di WhatsApp

Cara Jualan Online Laris di WhatsApp
Cara Jualan Online Laris di WhatsApp

Makin maraknya peminat online shopping membuat makin banyak pula yang mencari cara jualan online laris di WhatsApp. Pasalnya, aplikasi chatting ini memang merupakan salah satu media yang paling populer.

Menurut Data Kominfo, sebanyak 83% dari 171 juta pengguna internet di Indonesia menggunakan aplikasi WhatsApp.

Read More

Artinya, terdapat peluang untuk menjangkau pasar yang luas dengan WhatsApp. Maka tidak heran jika banyak pemilik bisnis berjualan melalui aplikasi ini.

Cara Jualan Online Laris di WhatsApp

Cara Jualan Online Laris di WhatsApp
Cara Jualan Online Laris di WhatsApp

WhatsApp menawarkan berbagai keuntungansaat digunakan sebagai media untuk bisnis. Salah satunya adalah memudahkan komunikasi dengan pelanggan apabila memiliki pertanyaan mengenai produk.

WhatsApp juga dapat digunakan untuk promosi, menampilkan katalog barang, serta memudahkan untuk share location dengan kurir.

Jika kamu ingin berjualan melalui WhatsApp, maka sebaiknya mengunduh WhatsApp Business yang memiliki fitur-fitur khusus untuk mendukung bisnis.

Selain itu, kamu juga perlu menerapkan cara berjualan online dengan efektif, meliputi:

Menggunakan Nomor Khusus

Saat membuka bisnis online, sangat disarankan untuk menggunakan nomor WhatsApp khusus untuk jualan. Dengan demikian, akun WhatsApp tersebut akan terarah untuk keperluan bisnis saja.

Selain itu, kamu bisa mengatur foto profil dan status terkait dengan bisnis yang akan memberikan kesan profesional saat calon pelanggan menghubungi. WhatsApp Business juga dilengkapi dengan fitur pesan otomatis yang memudahkan kamu untuk memberikan balasan cepat.

Membuat Perencanaan Bisnis

Sebagaimana bisnis pada umumnya, kamu juga perlu membuat rencana dan menentukan target pemasaran dengan matang. Selanjutnya, kamu juga memerlukan strategi pemasaran yang akan digunakan.

Tahapan tersebut akan membuat promosi lebih terarah sehingga dapat mencapai target yang diharapkan. Ada baiknya untuk menentukan juga target jangka panjang dari bisnis kamu.

Manajemen Kontak

Aplikasi WhatsApp memungkinkan kamu untuk menyimpan ratusan kontak. Dengan keunggulan ini, kamu bisa menyimpan semua kontak yang kamu kenal, mulai teman, keluarga, hingga rekan dalam bisnis.

Supaya lebih mudah, sebaiknya kamu mengatur kontak dengan baik dengan memisahkan berdasarkan kategori. Misalnya, buat kategori khusus untuk kontak yang berpotensi untuk mendukung perkembangan bisnis kamu.

Membuat Katalog dengan Rapi

Buatlah katalog produk pada toko kamu dengan rapi dan menarik. Sebaiknya memakai foto yang jelas dan proporsional sesuai ketentuan WhatsApp sehingga tampil bagus saat pelanggan membuka katalog.

Tambahkan pula judul dan deskripsi produk dengan tepat, termasuk informasi mengenai harga. Selanjutnya, hapus produk yang stoknya habis supaya pelanggan tidak kecewa setelah tertarik untuk membeli.

Memanfaatkan WhatsApp Story

Banyak bisnis online yang menggunakan fitur Story untuk meningkatkan penjualan. WhatsApp Story dapat dijadikan media promosi yang efektif dan gratis.

Kamu hanya perlu membuat konten menggunakan foto atau video yang menarik. Tambahkan pula tagline untuk memancing rasa penasaran audiens.

Selain itu, gunakan kata-kata promosi yang membuat calon pelanggan tertarik. Sebagai contoh membuat konten promosi dengan metode AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action). Story sebaiknya diposting pada waktu pengguna WhatsApp paling aktif, seperti siang atau sore hari.

Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pastikan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Meningkatkan pelanggan baru melalui promosi memang penting, tapi menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada juga tidak kalah penting bagi bisnis kamu.

Kamu bisa memberikan pelayanan paska transaksi seperti menanyakan pendapat pelanggan mengenai produk.

Demikianlah beberapa cara jualan online laris di WhatsApp yang bisa kamu coba. Satu tips yang perlu diingat, yaitu untuk menjalankan bisnis dengan konsisten. Sukses melalui jualan online memerlukan upaya, bahkan kadang perlu melalui naik turun.

Related posts