ShopeePay Tidak Bisa Digunakan

ShopeePay Tidak Bisa Digunakan
ShopeePay Tidak Bisa Digunakan

Pengguna marketplace yang identik dengan warna orange-nya ini tentu merasa bingung jika ShopeePay tidak bisa digunakan. Pasalnya, proses transaksi jadi terhalangi, bahkan bisa tidak jadi membeli barang yang telah dipilih.

ShopeePay Tidak Bisa Digunakan

"<yoastmark

ShopeePay merupakan nama dompet digital dari aplikasi e-commerce Shopee. Kamu bisa mengisi saldo ShopeePay untuk kemudian menggunakannya saat melakukan pembayaran.

Transaksi menggunakan ShopeePay menawarkan banyak keuntungan, terutama prosesnya yang praktis dan cepat.

Namun, ada kalanya pengguna Shopee tidak bisa menggunakan Shopee Pay saat memilih metode pembayaran untuk membeli barang yang diinginkan.

Penyebab ShopeePay Tidak Bisa Digunakan

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab ShopeePay tidak bisa kamu pakai. Berikut beberapa di antaranya:

1. Saldo ShopeePay Tidak Cukup

Salah satu faktor yang sering menyebabkan pembayaran dengan ShopeePay tidak bisa dipakai adalah karena saldo yang tersisa tidak mencukupi. Misalnya, total belanja kamu berjumlah Rp200 ribu, sedangkan sisa saldo tingga Rp100 ribu.

Masaah tersebut diindikasikan dengan fitur pembayaran ShopeePay yang berwarna abu-abu dan tidak bisa dipilih.

2. Lupa PIN ShopeePay

Tahukah kamu? ShopeePay tidak akan bisa dipakai jika kamu salah memasukkan PIN. Maka bisa saja penyebabnya bukan karena saldo yang kurang, tapi karena kamu lupa PIN ShopeePay kamu.

3. Penjual Tidak Menerima Pembayaran via ShopeePay

Faktor berikutnya yang dapat menjadi penyebab ShopeePay tidak bisa dipakai adalah dari pihak seller atau penjual. Rupanya, tidak semua penjual di Shopee menerima metode pembayaran melalui ShopeePay.

4. Koneksi Internet Terputus

Masalah tidak bisa digunakannya ShopeePay bisa terjadi akibat koneksi internet yang tidak stabil hingga sempat terputus. Hal tersebut bisa menyebabkan aplikasi sulit merespon data sehingga fitur pembayaran ShopeePay tidak bisa kamu pakai.

5. Shopee Sedang Error

Sebagaimana aplikasi lain, Shopee juga terkadang dapat mengalami error. Akibatnya, beberapa fitur tidak bisa diakses, termasuk ShopeePay.

Cara Mengatasi ShopeePay Tidak Bisa Digunakan

Cara untuk mengatasi masalah ini tergantung pada penyebabnya. Mari simak ulasan lengkapnya berikut:

1. Mengisi Saldo

Sebelum berbelanja, ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu besar saldo yang tersisa di ShopeePay. Jika dirasa kurang, maka kamu bisa melakukan top up terlebih dahulu. Dengan demikian, proses belanja dapat berlangsung dengan nyaman dan praktis.

2. Mencatat PIN ShopeePay

Nomor PIN merupakan bagian metode keamanan. Sudah sewajarnya jika hanya kamu yang tahu PIN ShopeePay milikmu. Meski begitu, kamu bisa saja lupa mengenai kode PIN tersebut.

Untuk mengantisipasinya, tidak ada salahnya jika mencatat PIN ShopeePay dan menyimpannya dengan aman. Perlu diketahui, saat kamu berkali-kali salah memasukkan PIN, maka ShopeePay milikmu akan diblokir.

3. Mengecek Metode Pembayaran

Pastikan untuk mengecek bahwa penjual menerima pembayaran melalui ShopeePay sebelum kamu melakukan checkout. Jika penjual tidak menerima metode pembayaran tertentu, maka kamu harus memakai metode yang tersedia.

4. Memastikan Koneksi Stabil

Koneksi internet yang terputus-putus dapat menjadi kendala saat memilih metode pembayaran. Jadi, saat berbelanja online, pastikan bahwa perangkat kamu terhubung ke koneksi internet yang stabil.

5. Menunggu Layanan Kembali Normal

Nah, jika penyebab masalah terletak pada aplikasi Shopee, maka solusinya adalah menunggu hingga layanan Shopee bisa digunakan dengan normal. Kamu bisa menyimpan barang yang hendak dibeli ke keranjang kemudian melanjutkan pembayaran nanti setelah fitur ShopeePay bisa diakses.

Itulah penyebab dan cara mengatasi ShopeePay tidak bisa digunakan. Selain penyebab yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa faktor lain yang bisa mengakibatkan ShopeePay tidak bisa kamu pakai, seperti belum verifikasi ShopeePay dan akun yang dibatasi.

Related posts