Cara Memperbaiki Charger Laptop Tidak Berfungsi

Cara MemperbaikI Charger Laptop Tidak Berfungsi
Cara MemperbaikI Charger Laptop Tidak Berfungsi

Bagaimana cara memperbaiki charger laptop tidak berfungsi? Saat melakukan isi ulang baterai laptop yang baterainya hanya tersisa beberapa persen saja, maka kamu akan melihat tulisan plugged in atau charging. Ini artinya charger laptop sedang melakukan pengisian daya baterai dan laptop terhubung. Selanjutnya akan diikuti oleh estimasi waktu charging selesai.

Hanya saja, jika kamu menerima status berbeda saat melakukan pengisian ulang notebook atau laptop. Seperti status not charging, maka artinya laptop terhubung pada charger, akan tetapi tidak melakukan pengisian daya.

Jika hal tersebut terjadi, ini artinya ada masalah pada charger laptop milikmu. Untuk mengatasinya, silakan cek panduan di bawah ini!

Cara Memperbaiki Charger Laptop Tidak Berfungsi

Cara MemperbaikI Charger Laptop Tidak Berfungsi
Cara MemperbaikI Charger Laptop Tidak Berfungsi

Di bawah ini ada beberapa solusi praktis untuk mengatasi masalah charger laptop yang rusak atau tidak berfungsi. Berikut diantaranya :

1. Atasi Masalah yang Terjadi Pada Hardware

Kamu bisa mencoba memecahkan masalah pada hardware yang bisa mengakibatkan charger menjadi tidak berfungsi, antara lain :

  • Silakan hubungkan charger laptop pada stop kontak berbeda dari tempat kamu memakai PC kamu, kemudian cek apakah perangkat laptop kamu sudah ter-charger dengan benar. Apabila berhasil di charger, ini artinya stop kontak yang ada di tempat kamu mencolokkan kabel laptop sebelumnya bermasalah. Namun jika masih tidak bisa tersambung, kamu harus mengecek kabel daya kemudian cek apakah ada komponen yang mengalami kerusakan ataukah tidak.
  • Keluarkan baterai perangkat laptip dari tiap-tiap kompartemennya. Kemudian hubungkan lagi sesudah 1 menit penuh. Sabungkan charger pada laptop, kemudian cek apakah LED indikator pengisian daya pada perangkat laptop sudah menyala atau masih tidak.

2. Lakukan Reset Daya Laptop

Cara memperbaiki charger laptop tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan reset daya laptop. Metode ini merupakan jawaban bagi banyak masalah. Perangkat laptop terkadang memerlukan penyetelan, sehingga dperlukan reset daya. Ada beberapa langkah cara melakukan hard reset pada laptop, antara lain :

  • Lepaskan baterai pada laptop sesudah mematikannya.
  • Selajutnya tetap tahan bagian tombol daya perangkat laptop hingga 30 detik, kemudian lepaskan.
  • Silakan masukkan lagi baterai ke kompartemenya, lalu nyalakan laptop.
  • Sambungkan pula charger, lalu cek apakah daya perangkat laptop kamu sudah terisi atau belum.

3. Perbarui Perangkat Driver Baterai

Mungkin pembaruan OS Windows belum lama ini sudah mengganggu kemampuan daya baterai untuk mengecek atau mendeteksi sambungan charger. Hal tersebut terutama akibat ketidaksesuaian driver baterai  laptop kamu dengan update Windows baru atau mungkin saja karena sudah kadaluwarsa. Kamu bisa memperbaikinya dengan cara memperbarui driver pada baterai lewat utilitas manajer Windows.

Begini cara melakukannya :

  • Akses Manajer Perangkat, caranya ketikkan nama pada bilah pencarian OS Windows.
  • Cari “Baterai” pada daftar, kemudian tekan dua kali.
  • Silakan klik kanan pada driver baterai kamu, lalu tekan “Perbarui Driver”. Jika sudah lanjut ke cara berikutnya.
  • Tekan opsi yang bertuliskan temukan perangkat driver yang secara otomatis diperbarui supaya antarmuka bisa melakukan tugasnya.
  • Silakan tunggu beberapa lama mengingat driver nantinya akan diperbarui, kemudian tutup jendela, lalu muat ulang laptop sebelum kamu mencolokkan charger dan mengecek apakah cara tersebut sudah sukses atau belum.

Kesimpulan

Charger laptop dan baterai tentu saja akan memberikan beberapa indikasi atau tanda kerusakan sebelum mereka benar-benar berhenti bekerja. Maka dari itu, kamu harus selalu mengecek kondisi charger dan baterai agar terhindar dari permasalahan di atas. Jika memang terlanjur, silakan ikuti cara memperbaiki charger laptop tidak berfungsi.

Related posts