[Updated] Cara Tambal Ban Tubeless, 11 Langkah!

Cara Tambal Ban Tubeless
Cara Tambal Ban Tubeless

WIGATOS.com | Saat berkendara, kejadian kempes ban adalah suatu hal yang paling tidak diinginkan oleh pengemudi. Namun, kejadian ini kerap kali tidak terhindarkan, terutama jika kamu sering mengendarai kendaraan di jalan yang bergelombang atau penuh dengan kerikil. Namun jangan khawatir, karena ada cara tambal ban tubeless paling mudah yang bisa kamu lakukan.

Cara Tambal Ban Tubeless

Cara Tambal Ban Tubeless
Cara Tambal Ban Tubeless

Sebelum membahas tentang cara tambal ban tubeless yang kempes, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu apa itu ban tubeless. Ban tubeless adalah ban yang tidak memerlukan ban dalam atau tube dalam. Pada ban tubeless, ada sebuah pelindung yang mengelilingi bagian dalam ban. Pelindung inilah yang dapat mengurangi terjadinya risiko kebocoran karena tidak ada ruang di antara ban dan tabung dalam.

Read More

Beberapa langkah yang perlu kamu lakukan dalam cara tambal ban tubeless yang perlu kamu ketahui, antara lain :

1. Persiapkan Peralatan

Kamu harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu, sebelum mulai menambal ban tubeless. Ada beberapa peralatan yang diperlukan untuk menambal ban tubeless diantaranya :

  • Kantong plastik,
  • Pemotong kawat,
  • Lem tembak,
  • Selotip,
  • Alat khusus penambal ban (biasanya sudah termasuk pemotong kawat, jarum, dan lem tembak), dan
  • Pompa angin untuk mengisi angin pada ban tubeless yang sudah ditambal.

2. Temukan Sumber Kebocoran

Langkah selanjutnya yaitu carilah sumber penyebab ban bocor. Hal ini pentig sekali agar kamu bisa menambal bagian yang bocor dengan tepat. Biasanya ban bocor terjadi akibat sobekan karena gesekan antara ban dan kerikil, atau bisa juga karena adanya benda asing yang menusuk ban seperti paku dan benda lainnya.

3. Jika Tidak Bisa Menemukan Kebocoran Pada Ban

Solusi lain jika Kamu tidak bisa menemukan sumber kebocoran, Kamu bisa mencoba meletakkan ban ke dalam air untuk menemukan gelembung udara yang keluar dari lubang yang bocor.

4. Bersihkan Sumber Kebocoran Pada Ban

Setelah itu, silakan bersihkan terlebih dahulu area sekitar sumber kebocoran jika kamu sudah menemukan sumber kebocoran. Untuk membersihkannya bisa dengan menggunakan kain kering atau lap khusus. Pastikan juga area tersebut benar-benar sudah bersih dari kotoran dan debu agar lem tembak dapat menempel dengan sangat baik.

5. Siapkan Penambal Ban

Selanjutnya siapkan alat penambal ban. Penting sekali memiliki alat penambal ban dan kamu harus mempersiapkannya jauh-jauh hari, karena sangat berguna dalam kondisi darurat. Sehingga saat ban bocor, kamu bisa memperbaikinya sendiri.

6. Masukkan Jarum Alat Penambal Ban

Setelah alat penambal ban siap, sekarang masukkan jarum alat penambal ban ke dalam lubang yang menyebabkan kebocoran tersebut. Tarik keluar, jarum alat penambal ban pelan-pelan untuk menciptakan lubang kecil di dalam ban.

7. Gunakan Lem Tembak

Lanjutkan dengan masukkan lem tembak ke dalam lubang setelah membuat lubang kecil tersebut. Pastikan agar lem tembak menempel dengan baik dan merata di sekitar lubang.

8. Potong Kawat Penambal Ban

Sesudah itu, potong kawat penambal ban dengan ukuran yang cukup sesuai dengan lubang yang akan ditambal.

9. Masukkan Kawat Penamba Ban

Selanjutnya masukkan kawat penambal ban ke dalam lubang dan pastikan agar kawat menutupi seluruh lubang dan menempel dengan sangat baik pada lem tembak.

10. Tekan Kawat ke Dalam Ban

Tekanlah kawat ke dalam ban dengan menggunakan jarum alat penambal ban atau alat khusus yang disediakan dalam kit penambal ban. Tekan kawat sampai menempel dengan baik pada lem tembak, pastikan pula supaya tidak ada bagian kawat yang terlihat di luar ban.

11. Cek Tekanan Angin

Periksa tekanan angin setelah menambal ban tubeless dengan menggunakan pompa angin.

Itulah step by step cara tambal ban tubeless dengan baik, agar ban kamu bisa digunakan kembali dan kamu tidak perlu khawatir lagi saat berkendara.