Cara Request Lagu di Radio

Cara Request Lagu di Radio
Cara Request Lagu di Radio

Radio adalah salah satu hiburan zaman dulu yang kerap menemani seseorang atau siapa saja, yang sedang berkumpul bersama teman sembari menikmati lagu-lagu atau acara di radio. Selain mendengarkan musik, kamu juga bisa mendengarkan berita di radio. Lantas, bagaimana cara request lagu di radio?

Di tengah-tengah perkembangan teknologi digital seperti saat ini, nyatanya masih saja ada yang nyaman mendengarkan radio. Bahkan kamu juga bisa request lagu tertentu untuk didengarkan secara eksklusif. Bukan hanya request lagu, kamu juga dapat berkirim salam kepada orang lain dengan harapan orang tersebut juga sedang mendengarkan radio di lokasi lain.

Cara Request Lagu di Radio

Cara Request Lagu di Radio
Cara Request Lagu di Radio

Karena request lagu adalah hal yang sangat unik untuk dilakukan, maka kamu bisa coba cara request lagu di radio dengan langkah-langkah berikut :

1. Pilih Saluran Radio yang Akan Kamu Mintai Request Lagu

Hal ini sangat penting terutama saluran radio yang memiliki daya tangkap yang sangat baik di lokasi kamu agar suaranya jernih.

Berdasarkan fakta di lapangan bahwa gelombang FM memiliki Panjang gelombang yang lebih pendek dibandingkan dengan gelombang AM. Hal inilah yang membuat penurunan daya yang hampir tidak berpengaruh pada gelombang FM.

Dengan demikian radio FM akan selalu lebih jernih dibandingkan dengan radio AM. Selain itu, saluran radio di gelombang FM lebih banyak dibandingkan dengan saluran radio di gelombang AM.

2. Pilih Genre Lagu

Sekarang, pilihlah genre lagu kesukaan yang akan kamu minta ke saluran radio yang sudah ditentukan sebelumnya. Pemilihan genre lagu sangat berpengaruh terhadap acara di saluran radio tersebut, jangan sampai kamu salah pilih genre karena nantinya permintaan memutar lagu tidak akan diproses. Misalnya ketika acara pada saluran radio fokus pada genre pop, sedangkan kamu memilih lagu dengan untuk diputar dengan genre dangdut.

3. Kirim Salam ke Pendengar Lain

Biasanya pembawa acara akan meminta kamu yang menginginkan lagunya diputar selalu disisipi kirim salam kepda orang lain. Dengan demikian, maka persiapkan juga siapa yang akan dikirim salam ketika permintaan lagu kamu hendak diputar.

4. Perhatikan Metode Request Lagu

Ada beberapa metode rewuest lagu yang dapat kamu lakukan, tentu saja metode ini hanya pemilik saluran radio saja yang menentukan. Ada yang melalui telepon, melalui SMS dengan format tertentu, melalui Whatsapp, bahkan melalui email dengan alamat email yang sudah ditentukan.

Saluran Radio yang Menawarkan Request Lagu

Contoh Saluran Radio Yang Kerap Menawarkan Request Lagu Kepada Pendengarnya

1. 97,5 FM Motion Radio

Ini adalah salah satu saluran radio yang eksis hingga hari ini, bahkan untuk mempromosikan salurannya kerap masuk pada media sosial popular seperti Twitter. Untuk permintaan lagu, mereka menentukan format sendiri dengan format : #LAWANGIndo (spasi) Nama Lagu. Lalu kirim ke nomor 0818 879 975.

Contoh : #LAWANGIndo Hanya Sekali by Prilly Latucinsia. Lalu kirim ke nomor 0818 879 975.

2. Radio 105,1 FM Bandung

Saluran radio lainnya yang kerap menawarkan request lagu kepada pendengarnya adalah I – Radio 105,1 FM Bandung. Adapun format untuk request lagu yaitu :

BDG (spasi) NAMA (spasi) UMUR (spasi) LAGU (spasi) KIRIM SALAM. Lalu kirim ke nomor 081 122 1051 dalam bentuk SMS.

Contoh :

BDG DADANG 20 PESAWAT TEMPUR BY IWAN FALS UNTUK SEMUA TEMAN DI BANDUNG. Kirim ke nomor 081 122 1051.

Jadi, jika kamu belum tahu cara request lagu di radio karena baru pertama kali mendengarkan radio, bisa ikuti langkah-langkahnya di atas dengan cara yang sangat mudah dan praktis!