Cara Nerangin Laptop

Cara Nerangin Laptop
Cara Nerangin Laptop

Cara nerangin laptop menjadi solusi terbaik bagi kamu yang kurang nyaman ketika layar redup di saat siang hari  ataupun berada di luar ruangan. Oleh karena itu, kamu harus menerangkannya agar bisa melihat tampilan laptop secara jelas. Ada banyak sekali metode-metode yang bisa digunakan untuk melakukannya

Namun sayangnya, masih banyak yang belum tahu bagaimana cara melakukannya atau masih ragu atau takut bahwa yang mereka lakukan adalah salah dan justru merusak laptop. Padahal, hal ini tidak benar adanya. Jika kamu adalah salah satunya yang demikian, maka bisa simak penjelasan pada artikel kali ini.

Cara Nerangin Laptop

Cara Nerangin Laptop
Cara Nerangin Laptop

Bagi kamu yang  masih belum tahu bagaimana cara nerangin laptop, maka tenang saja sebab kamu akan mendapatkan informasi lebih lengkapnya pada artikel kali ini. Bahkan kamu bisa menggunakan berbagai metode yang sangat ampuh untuk bisa membuat layar laptopmu menjadi lebih terang. Jika kamu penasaran dengan apa saja metodenya, maka kamu bisa langsung simak penjelasan di bawah ini.

Cara Nerangin Laptop Pakai Menu Pengaturan Atau Settings

Metode pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan menu pengaturan yang bisa kamu gunakan untuk menambah tingkat kecerahan laptopmu. Bahkan dengan menggunakan menu ini, kamu juga bisa mengurangi kecerahannya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dengan menggunakan menu pengaturan.

  • Pertama,  kamu tekan tombol windows + I untuk bisa membuka pengaturan windows atau windows swttings
  • Kemudian kamu tekan system dan pada menu ini pilih display yang ada pada side bar
  • Pada tahapan ini, kamu bisa mengatur atau meningkatkan kecerahan layar laptopmu dengan menggeser scroll yang ada di kolom change brightness

Metode pertama ini juga bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan fitur night light settings. Fitur ini sangat bertujuan untuk mengatur tingkat kecerahan laptop secara otomatis jika kamu menggunakannya di waktu malam hari.

Cara Nerangin Laptop Pakai Action Center Windows

Metode kedua yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan tingkat kecerahan pada layar laptopmu adalah dengan menggunakan display settings dengan cara menggunakan fitur canggih bernama action center windows. Metode ini juga bisa kamu gunakan untuk mengubah pengaturan lain, misalnya mengaktifkan tablet mode, fokus assist, dan lain sebaginya. Jika kamu ingin menggunakan fitur ini untuk mencerahkan atau menerangkan layar laptopmu, maka bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama,  kamu tekan windows + A pada keyboard mu hingga menampilkan beberapa pengaturan
  • Tekan ikon brightness pada menu yang tersedia
  • Tunggu sampai tingkat presentase bertambah menjadi 25 persen
  • Jika kamu ingin mengurangi kecerahan layar, makankamu tinggal tekan dari 25 persen hingga 0 persen

Perlu kamu ketahui, pada fitur action center windows ini juga bisa menampilkan notifikasi email, schedule, dan lain sebagainya. Jadi kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

Cara Nerangin Laptop Dengan Memeriksa Driver

Jika kamu sudah mencoba Nerangin layar laptop dengan menggunakan kedua metode di atas dan belum berhasil, maka ada kemungkinan bahwa driver laptopmu sedang mengalami masalah. Jadi alangkah baiknya jika kamu segera memperbarui driver yang sudah tidak berfungsi agar bisa Nerangin cahaya laptopmu. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama,  kamu tekan tombol windows dan ketik device manager pada kolom pencarian
  • Setelah itu,  kamu ketik dua kali pada display adpters
  • Pilih direct Intel HD graphics family
  • Tekan pada bagian kanan dan update driver software
  • Tekan let me pick fortm a list on device drivers on my computer
  • Jika sudah, maka kamu pilih Microsoft basic display adapter pada model dan tekan next
  • Terakhir,  kamu restart laptop untuk bisa menerapkan konfigurasi yang sudah kamu ambil urtnradi

Apabila laptopmu sudah hidup kembali, maka kamu bisa mencoba car sebelumnya untuk bisa menerangkan ataupun meredupkan layuart laptopmu

Cara Nerangin Laptop Pakai Mobility Center

Mobilty Center ini merupakan sebuah fitur yang ada di windows untuk menampilkan informasi dan pengaturan yang paling relevan. Fitur ini juga biasanya digunakan sebagai cara yang paling cepat untuk mengatur beberapa hal, termasuk meningkatkan kecerahan layar laptop.

Namun untuk bisa memanfaatkan fitur saat ini, maka kamu harus melakukan beberapa langkah untuk membukanya, maka berikut adalah penjelasannya.

  • Pertama, silahkan kamu tekan tombol kombinasi antara windows +x
  • Setelah itu akan muncul tab baru dan pilih mobility center
  • Jika sudah, maka akan muncul tab windows mobility center yang memunculkan berbagai pengaturan
  • Kamu jangan bingung sebab kamu hanya perlu memilih display brightness dan tingkatkan kecerahan laptop sesuai dengan kebutuhanmu

Semakin kecil tingkat kecerahan yang kamu atur, maka semakin redug Pila layar laptopmu dan begitupula sebaliknya.

Cara Nerangin Laptop Pakai Generic PnP Monitor

Apabila metode-metode sebelumnya tidak berhasil kamu lakukan, maka tenang saja sebab kamu bisa mengaktifkan generic PNP sebagai metode atau solusi yang paling alternatif. Ya, memang PnP ini sangat memungkinkanmu untuk menggunakan perangkat keras seperti monitor tanpa harus menginstall driver.

Metode ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi pengaturan atau Nerangin kecerahan layar laptop yang sudah tidak berfungsi dengan hantak mengaktifkan PnP monitor. Dengan begitu, monitor laptopmu akan bisa dikenali oleh windows dan brightness serta bisa difungsikan kembali. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama,  kamu buka jendela Run
  • Setelah itu  kamu tekan tombol kombinasi windows + R
  • Jika sudah, maka tunggulah beberapa saat hingga menu device manager muncul
  • Pilihlah monitor dengan menekan panah yang ada di samping tulisan tersebut
  • Klik kanan pada generic PnP monitor dan pilih enable device

Jika sudah, kamu bisa melakukan ulang laptop untuk bisa menerapkan pengaturan tersebur. Setelahnya kamu bisa mengatur kembali tingkat kecerahan laptopmu, termasuk menerangkan laptop.

Cara Nerangin Laptop Dengan Mematikan Power Saver

Metode terakhir yang kamu gunakan untuk Nerangin laptop adalah dengan mematikan power saver. Biasanya, banyak pengguna laptop yang terkadang tidak sadar bahwa mereka telah mengaktifkan fitur power saver ini. Alhasil, fitur brightness menjadi adaptif untuk menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis. Hal ini tentunya bisa menyebabkan cara menurunkan ataupun mencerahkan layar laptop di atas tidak bisa dilakukan secara manual.

Oleh karena itu, kamu harus memastikan fitur satu ini. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Pertama, silahkan ketik control panel pada kolom pencarian windows
  • Buka hasil pencarian dan masuk ke halaman utama control panel
  • Pilih hardware and sounds
  • Kilik power options dan ganti pengaturan tersebut menjadi balanced atau high perfomance

Jika kamu ingin mengejar baterai laptopmu, maka kamu bisa mengatur cahaya Laptop secara manual dengan metode ini dan pilih change plan settings

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat terkait bagaimana cara nerangin laptop secara mudah dengan menggunakan beberapa metode yang paling ampuh tanpa memerlukan waktu yang banyak. Silahkan kamu memilih salah satu metode di atas yang menurutmu paling mudah untuk dilakukan dan sesuai dengan kwbutuhamu. Selamat mencoba dan sampai bertemu kembali di artikel-artikel lainnya, ya!

 

Related posts