Cara Menghilangkan Gambar Headset di HP OPPO

Cara Menghilangkan Gambar Headset di HP OPPO
Cara Menghilangkan Gambar Headset di HP OPPO

Bagaimana cara menghilangkan gambar headset di HP OPPO ?. Terkadang setelah melepas jack audio masih terdapat logo headset di status bar smartphone OPPO.

Keberadaan logo headset ini kadang membuat kamu menjadi terganggu karena kamu harus menggunakan headphone, earphone saat ingin mendengarkan suara seperti saat menelpon, dan mendengarkan musik.

Read More

Adanya logo headset biasanya karena terjadi sebab ada bug pada handphone OPPO milikmu. Dengan munculnya logo headset ini membuat suara pada sistem handphone tidak akan bisa keluar.

Sebenarnya cara menghilangkan headset supaya suara muncul di HP OPPO cukup mudah untuk dilakukan. Ada beberapa metode yang dapat kamu coba untuk mengilangkan logo headset di status bar.

Faktor Penyebab Logo Headset Muncul di HP OPPO

Sebelumnya sudah dijelaskan sekilas mengenai faktor yang bisa menyebabkan logo headset muncul di status bar HP OPPO. Selain karena adanya bug, ada juga beberapa penyebab lain yang menyebabkan logo headset muncul. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab logo headset muncul, simak !.

1. Kesalahan Sistem

Faktor pertama yang menyebabkan munculnya logo headset di smartphone OPPO adalah karena adanya kesalahan dari sistem, yaitu karena sistem gagal mendeteksi adanya perangkat audio yang terhubung.

Hal ini bisa jadi karena adanya penumpukan file cache di handphone, ataupun karena sistem operasi pada HP yang bermasalah.

2. Komponen Pendukung Audio Rusak

Penyebab kedua bisa jadi karena adanya komponen audio yang rusak di handphone OPPO milikmu. Komponen ini seperti port audio, diola, ataupun komponen lainnya, yang membuat sistem tidak bisa membedakan antara terhubung dengan headphone ataupun tidak.

3. Jack Port Audio Kotor

Berikutnya jika ada debu atauapun kotoran yang menempel di port jack 3.5 mm di handphone OPPO, hal ini bisa menjadi penyebab munculnya ikon headset di handphone selalu muncul. Karena adanya debu ini membuat port jack menjadi eror.

Demikianlah tiga faktor utama yang bisa menyebabkan munculnya ikon headset di handphone OPPO.

Cara Menghilangkan Gambar Headset di HP OPPO

Cara Menghilangkan Gambar Headset di HP OPPO
Cara Menghilangkan Gambar Headset di HP OPPO

Apabila kamu penegguna handphpne OPPO dan sedang mengalami permasalahan adanya ikon headset yang selalu muncul di status bar, yang membuat suara dari speaker bawaan handphone tidak bisa keluar. Maka kamu bisa menyimak artikel ini.

Pada pembahasan artikel kali ini akan dibahas mengenai cara menghilangkan gambar headset di HP OPPO. Simak metode berserta penjelasannya berikut ini.

1. Dengan Melakukan Restart Pada HP OPPO

Cara pertama untuk menghilangkn gambar headset di handphone OPPO adalah dengan cara melakukan restart pada handphone OPPO. Metode pertama ini cukup efektif untuk mengatasi bug yang menjadi penyebab munculnya ikon headset.

Karena dengan melakukan restart maka sistem handphone akan memulai ulang dan pada saat yang sama bug akan secara otomatis hilang. Dan metode ini juga aman dilakukan, sebab kamu tidak berisiko untuk kehilangan data apapun.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama-tama tekan tombol power di handphone OPPO selama beberapa saat.
  • Setelah itu pilih menu Restart.
  • Kemudian tunggu hingga handphone memulai ulang.
  • Selesai.

2. Dengan Mencabut dan Memasang Kembali Headset Selama Beberapa Kali

Selanjutnya ada juga metode kedua yang dapat kamu cuba untuk mengatasi adanya gambar headset di smartphone OPPO. Yaitu dengan cara mencabut dan memasang kembali headset selama beberapa kali.

Caranya adalah pasang dulu headset lalu tunggu hingga beberapa saat. Setelah itu cabut headset secara perlahan. Lalu lakukan langkah ini selama beberapa kali hingga tanda headset di status bar hilang. Bagaimana cukup mudah bukan ?.

3. Dengan Menggunakan Aplikasi Tambahan

Selain kedua metode yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu juga bisa memilih metode keempat yaitu dengan cara memanfaatkan aplikasi tambahan. Aplikasi tambahan ini sebenarnya tidak berfungsi untuk menghilangkan gambar headset, akan tetapi menormalkan suara speaker sehingga suara tetap akan keluar dari speaker handphone kamu meskipun ada loho headset.

Pada metode ke tiga ini kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi HeadSet Toogle. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Google Play Store, dengan memanfaatkan aplikasi ini maka suara dari handphone OPPO kamu tetap bisa muncul.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi HeadSet Toogle, simak penjelasannya :

  • Langkah pertama adalah download dan install aplikasi HeadSet Toogle di Google Play Store terlebih dahulu.
  • Setelah itu langkah berikutnya adalah buka aplikasi HeadSet Toogle.
  • Lalu kamu akan menemukan tampilan ikon Saklear.
  • Jika sudah ketuk ikon Speaker, dan coba mendengerkan suara untuk memeriksa apakan suara pada speaker sudah aktif apa belum.
  • Selesai.

4. Melakukan Reset Pabrik Handphone OPPO

Metode berikutnya yang sangat ampuh untuk menghilangkan gambar headset di handphone adalah dengan cara melakukan reset pada HP OPPO. Cara ini selain bisa mengatasi munculnya ikon headset di handphpone, juga bisa mengatasi permasalahan lain pada smartphone OPPO.

Meskipun begitu metode ini berisiko kamu akan kehilangan semua data yang ada di handphonem milikmu. Karena reset pabrik artinya mengembalikan setelan awal HP seperti keadaan baru.

Oleh karena itu sebelum menggunakan metode ini, pastikan jika kamu sudah melakukan back up data di handphone OPPO milikmu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mereset handphone OPPO ke setelan pabrik :

  • Langkah pertama adalah buka menu Pengaturan yang ada di handphone kamu.
  • Kemudian langkah selanjutnya adalah pilih menu Pengaturan Sistem.
  • Jika sudah klik menu Cadangkan dan Reset.
  • Setelah itu ketuk opsi Reset Ponsel.
  • Lalu ikuti proses reset handphone, dan tunggu hingga proses reset selesai.
  • Selanjutnya handphone kamu akan hidup lagi.
  • Selesai, kamu berhasil mengatasi gambar headset di HP OPPO.

5. Mencabut Baterai HP OPPO

Apabila semua metode sudah kamu coba dan masih belum bisa mengatasi kemunculan gambar headset di smartphone OPPO, maka tidak ada salahnya kamu mencoba cara kelima ini.

Caranya adalah dengan mencabut baterai handphone OPPO, kamu jika HP kamu menggunakan baterai tanam maka cara yang satu ini tidak bisa kamu lakukan. Dan jika kamu tidak menggunakan baterai tanam maka cobalah metode yang satu ini.

6. Melakukan Update Software HP

Ada juga metode untuk mengatasi ikon headset muncul distatus bar, yaitu dengan melakukan update software. Jika handphone kamu sudah tersedia update sistem OS. Maka kamu bisa melakukan update software.

Dengan menggunakan cara ini, maka nantinya kerusakan atau bug yang ada di handphone kamu akan diperbaiki dengan sendirinya. Pertama unduh dulu file update. Kemudian lakukan update software, tunggu hingga proses update selesai.

7. Bawa Ke Service Center

Metode terakhir yang bisa kamu coba untuk menghilangkan ikon headset jika segala cara sudah kamu coba tapi masih tidak membuahkan hasil adalah adalah dengan membawa handphone ke tempat service HP OPPO terdekat dari lokasimu.

Hal ini perlu supaya HP kamu ditangani oleh orang yang lebih ahli, dan ikon headset segera hilang.

Itulah pembahasan mengenai cara menghilangkan gambar headset di HP OPPO yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

 

Related posts