Cara Mengisi Rating dan Ulasan Prakerja

Program Prakerja telah diluncurkan oleh Pemerintah Indonesia dari pertengahan tahun 2020 lalu atau tepatnya ketika pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia. Kemudian dari tahun 2021, para pemilik kartu Prakerja diharuskan memberikan ulasan dan rating mengenai pelatihan prakerja di dashboard prakerja. Lantas, bagaimana cara mengisi rating dan ulasan prakerja?

Syarat dan Ketentuan Memberi Rating dan Ulasan Prakerja

Sebelum memasuki cara mengisi rating dan ulasan prakerja, kamu perlu tahu ketentuan dan syarat dalam memberikan rating tersebut, antara lain :

1. Telah Menyelesaikan Pelatihan

Agar kamu dapat memberikan ulasan terkait pelatihan prakerja, wajib untuk menyelesaikan kelas pelatihan prakerja terlebih dahulu. Pastikan status kelasnya telah mencapai hingga 100%.

2. Sudah Ada Sertifikat Pelatihan di Dashboard Prakerja

Pastikan pula sertifikat dari pelatihan yang sudah kamu ikuti telah tersedia di dashboard Prakerja. Apabila sertifikat prakerjanya sudah muncul, kamu hanya perlu menunggu agar bisa memberikan ulasan dan rating di dashboard prakerja.

Cara Mengisi Rating dan Ulasan Prakerja

Cara Mengisi Rating dan Ulasan Prakerja
Cara Mengisi Rating dan Ulasan Prakerja

Setelah memahami syarat ketentuan di atas serta telah mengikut persyaratan yang disebutkan, selanjutnya cek panduan cara mengisi rating dan ulasan prakerja di bawah ini :

1. Periksa Pemberitahuan Pengisian Ulasan

Jika kamu sudah menyelesaikan kelas pelatihan, maka kamu akan menerima email prakerja yang menyatakan bahwa kamu bisa memberikan rating beserta ulasan terkait kelas pelatihan pada dashboard. Silahkan periksa inbox maupun kotak spam pada email.

Terkait:  Cara Cairkan Saldo Pelatihan Prakerja

2. Masuk ke akun Prakerja

Setelah mengecek email prakerja, selanjutnya login atau masuk ke akun prakerja milikmu memakai password dan akun email yang sebelumnya telah didaftarkan. Jika sudah login, maka selanjutnya kamu akan memasuki dashboard Prakerja.

3. Pilih Pelatihan dan Berikan Ulasan

Dalam dashboard Prakerja, selanjutnya kamu dapat melihat seluruh kelas pelatihan untuk prakerja yang telah diikuti pada opsi Pelatihanmu. Apabila tulisan ulas warnanya masih abu-abu, tandanya kamu wajib menyelesaikan kelas pelatihan terlebih dahulu agar dapat memberikan ulasan.

Sementara apabila tulisan ulas-nya telah berwarna biru, kamu sudah dapat memberikan rating dan ulasan. Silahkan tekan Ulas ketika memberikan rating dan ulasan kelas pelatihan tersebut.

4. Memberikan Rating dan Ulasan

Cara mengisi rating dan ulasan prakerja selanjutnya ialah diarahkan ke dalam laman pemberian ulasan beserta rating pelatihan prakerja. Langkah pertama, berikan rating mulai dari 1-5 bintang. Dengan semakin tinggi, tentu saja nilainya akan semakin baik. Setelah itu, berikan ulasan tentang kelas pelatihan, yang berisi pendapat tentang kelas tersebut.

Cara Mencairkan Insentif Prakerja

Jika kamu sudah mengikuti program untuk pelatihan peserta kartu Prakerja kemudian sudah lulus, maka selanjutnya kamu akan menerima insentif senilai Rp. 600 ribu per bulannya. Insentif tersebut akan diperoleh selama 4 bulan dalam waktu berturut-turut dan dikirimkan langsung ke e-wallet atau rekening peserta yang telah didaftarkan sebelumnya.

Ada beberapa cara mencairkan insentif prakerja yang dapat kamu lakukan berikut ini :

1. Mencairkan Insentif Prakerja Melalui Bank BNI

Bagi peserta Prakerja yang sudah mempunyai rekening BNI, kamu hanya perlu mendaftarkan rekeningnya saja untuk pencairan. Namun jika belum, maka kamu bisa mendaftar rekening BNI lewat e-form BNI. Begini tutorialnya :

  • Buka ke e-form BNI. Kamu juga bisa membuka laman e-form lewat https://www.prakerja.go.id/ lalu tekan logo BNI. 
  • Jika sudah terbuka, silahkan isi form daring untuk pembukaan rekening. Sebagai catatan jika kamu belum memiliki rekening BNI.
  • Setelah itu, para peserta  Prakerja akan memilih jadwal untuk pembukaan rekening tepat di kantor cabang bank BNI terdekat sesuai domisili.
  • Pilih waktu kedatangan kamu ke kantor cabang BNI.
  • Jika sudah, ada kode verifikasi dari SMS.
  • Lakukan verifikasi, dan pendaftaran e-form BNI sudah berhasil.
  • Kamu bisa mencetak dan menyimpan e-formi kemudian di bawa langsung ke kantor BNI sesuai waktu kedatangan kamu.
  • Setelah di kantor bank BNI, para peserta bisa mengaktifkan layanan BNI Mobile Banking secara langung beserta kartu debit BNI.
Terkait:  Cara Cairkan Saldo Pelatihan Prakerja

Selanjutnya, peserta biasanya akan langsung menerima saldo insentif pertama senilai Rp. 1 juta. Akan tetapi, saldo tersebut hanya bisa dipakai untuk pembayaran biaya pelatihan serta tidak dapat dicairkan.

Sedangkan uang insentif, entah itu bantuan setelah pelatihan maupun setelah pengisian survey bisa digunakan untuk biaya mencari pekerjaan atau keperluan sehari-hari.

2. Mencairkan Insentif Prakerja Melalui GoPay

Apabila kamu ingin mencairkan uang insentif Prakejra lewat Gopay, ikuti beberapa hal berikut :

  • Nomor Gojek kamu sama seperti nomor yang didaftarkan pada Kartu Prakerja.
  • Kamu sudah memperbarui akunmu ke dalam GoPay Plus.
  • Nomor kartu identitas pada KTP untuk upgrade ke akun GoPay Plus sama seperti yang didaftarkan pada kartu Prakerja.

Setelah itu, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ketika diminta memilih opsi pembayaran untuk insentif Prakerja :

  • Silahkan pilih Gopay.
  • Selanjutnya, pastikan nomor hp yang terletak pada Halaman Konfirmasi memang sudah benar.
  • Inputkan kode PIN Gopay dan OTP.

Kamu akan mendapatkan insentif lewat GoPay sesudah kamu menyelesaikan pelatihan pertama atau sesudah mengikuti berbagai peatihan. Selanjutnya insentif dkirim dengan cara akumulatif sesuai kebijakan prakerja.

3. Mencairkan Insentif Prakerja Melalui LinkAja

Kamu juga bisa mencairkan insentif prakerja lewat LinkAja. Berikut ulasannya :

  • Kamu harus sudah menyelesaikan pelatihan atau kursus yang sudah dipilih lewat mitra pembelajaran untuk program kartu Prakerja.
  • Download aplikasi Linkaja lewat Play store di perangkat andorid maupun lewat App Store di iOS.
  • Selanjutnya pilih distribusi atau penyaluran insentif kartu Prakerja lewat LinkAja.

Kamu bisa memakai dana kartu Prakerja untuk beragam kebutuhan harian, seperti membeli kuota internet, melakukan pembayaran token listrik dan sebagainya. Kamu juga bisa mentransfernya ke rekening bank dan mencairkannya dengan cara tunai.

Terkait:  Cara Cairkan Saldo Pelatihan Prakerja

4. Mencairkan Insentif Prakerja Melalui OVO

Jika ingin mencairkan insentif dari program layanan Kartu Prakerja lewat OVO, peserta harus menginputkan nomor hp aktif yang sudah terdaftar di OVO ketika registrasi. Selain itu, kamu juga harus mengupgrade akun OVO menjadi OVO Premiere.

Jika ingin upgrade OVO ke akun OVO Premiere, maka kamu hanya memerlukan KTP. begini caranya :

  • Buka OVO Apps.
  • Silakan klik Upgrade ke OVO Premiere.
  • Selanjutnya pengguna diminta melakukan foto selfie sembari memegang KTP.

Jika akun sudah terverifikasi ke akun OVO Premier, selanjutnya kamu bisa mengirimkan dana insentif ke layanan OVO memakai cara berikut :

  • Masuk ke dalam aplikasi OVO, tekan Menu Transfer.
  • Silahkan pilih rekening bank tujuanmu.
  • Ketik nominal jumlah uang yang ingin ditransfer dan nomor rekening tujuan. Kamu nantinya akan dibebankan biaya transfer Rp. 2.500 dalam sekali pengiriman dana ke rekening akun bank.

5. Mencairkan Insentif Prakerja Melalui DANA

Untuk mencairkan insentif kartu Prakerja menggunakan DANA bisa dilakukan dengan cara berikut :

  • Masuk ke laman resmi peserta kartu Prakerja, kemudian tekan Sambung Rekening.
  • Tekan dan klik DANA jika ingin menyambungkan.
  • Lakukan konfirmasi nomor hp kemudian inputkan PIN DANA kamu.
  • Dana insentif selanjutnya akan dikirimkan sesudah peserta menyelesaikan pelatihan.

 

 

Related posts