Cara Menonaktifkan Talkback Realme

Cara menonaktifkan talkback Realme memang menjadi solusi terbaik bagi kamu yang tidak merasa nyaman atau merasa terganggu karena fitur ini masih aktif. Mengapa tidak? Sebab fitur ini memang diperuntukkan dan membantu bagi tunanetra pada saat mengoperasikan Hp Realme. Jadi tidak ada salahnya, jika kamu ingin menonaktifkan fitur ini.

Namun jika ketika kamu ingin menonaktifkannya, tapi bingung bagaimana cara melakukannya? Jangan khawatir sebab pada artikel ini akan dikupas beberapa metode paling efektif untuk menonaktifkannya. Penasaran? Begini penjelasan lebih lengkapnya.

Mengenal Apa Itu Fitur Talkback Pada Realme

Mungkin beberapa pengguna Hp Realme, masih ada yang belum tahu apa yang dimaksud dengan fitur talkback ini. Maka dari itu, sebelum masuk ke pembahasan utama kami menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan talkback ini. Sebenarnya, talkback atau voice assistant ini merupakan sebuah fitur yang berupa perintah pada smartphone yang memang dihubungkan melalui audio atau suara saja.

Jadi ketika fitur talkback ini aktif, maka kamu hanya perlu memberikan instruksi berupa suara untuk dapat mengoperasikan semua sistem yang ada pada handphone realme. Sebenarnya, fitur ini dapat dikatakan sangat efektif jika digunakan oleh pengidap tunanetra, sebab fitur ini sangat membantu mereka pada saat ingin mengoperasikan Hp Realme.

Namun hal ini justru sebaliknya bagi orang yang mempunyai penglihatan normal. Terutama hal ini dianggap sangat menggangu, sebab ketika ingin membuka sebuah menu ataupun aplikasi, mereka harus mengetuk sebanyak dua kali. Oleh kare itu, tak heran jika banyak pengguna yang ingin menonaktifkan fitur talkback. Jika kamu salah satunya, maka jangan kebingungan bagaimana cara menonaktifkannya. Karena terdapat beberapa metode efektif yang dapat kamu gunakan untuk menonaktifkannya dalam jangka waktu yang singkat.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Paket Smartfren

Cara Menonaktifkan Talkback Realme

Cara Menonaktifkan Talkback Realme
Cara Menonaktifkan Talkback Realme

Seperti yang sudah kamu jelaskan sebelumnya, fitur talkback ini cukup menggangu beberapa pengguna jika fitur ini diaktifkan, karena penggunaan Hp Realme jadi berbeda sebab kamu harus melakukan tap atau klik secara berulang-ulang ketika ingin membuka sebuah menu ataupun aplikasi.

Sebenarnya fitur ini memberikan banyak manfaat, namun jika kamu sudah terlanjur merasa terganggu dengan kehadirannya maka bisa mengikuti beberapa metode yang dapat kamu lakukan berikut ini.

Cara Menonaktifkan Talkback Realme Lewat Menu Pengaturan

Metode efektif pertama yang dapat kamu gunakan adalah dengan menggunakan menu pengaturan atau settings yang tentunya sudah ada di Hp Realme kesayanganmu. Metode pertama ini dapat kamu gunakan pada realmi C21Y, C11, dan Realme tipe lainnya. Jika kamu penasaran bagaimana langkah-langkah untuk bisa melakukan metode pertama ini, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Bukalah Menu Pengaturan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika memilih menggunakan metode ini, adalah dengan membuka menu pengaturan atau settings. Kamu bisa menemukan menu ini pada halaman utama Hp Realme dengan logo khasnya, yaitu gerigi.

  1. Pilih Opsi Pengaturan Tambahan Atau More Settings

Selanjutnya, silahkan kamu menggeser layar Hp Realmemu jengawah secara perlahan. Kamu bisa melakukan swipe seperti yang kamu lakukan biasanya. Jika kamu tidak dapat menggesernya dengan menggunakan satu jari, maka usaokah dengan menggunakan kedua jarimu. Jika sudah, maka silahkan pilih menu pengaturan tambahan yang ada di bagian bawah.

  1. Tekan Bebas Halangan

Cara menonaktifkan talkback Realme semua tipe metode pertama ini selanjutnya adalah kamu harus mengetuk atau memilih opsi bebas halangan yang ada di bagian atas. Jika kamu sudah berhasil di menu halaman pengaturan tambahan, maka menu bebas halaman ini akan muncul di atasnya.

  1. Pilih Menu Talkback

Kemudian, silahkan kamu mencari menu talkback yang ada di bagian bebas halangan. Opsi ini biasanya ada di bagian atas menu bebas halangan. Kamu bisa segera menonaktifkan fitur ini dengan mengetuk atau menggeser googlenha ke arah kiri hingga warnanya sudah berubah menjadi abu-abu atau tidak bewarna. Maka dari sini, berarti talkback sudah berhasil kamu nonaktifkan.

  1. Lakukan Konfirmasi

Langkah menonaktifkan talkback terakhir dengan menggunakan metode ini adalah dengan menunggu beberapa saat hingga ada tampilan pop-up yang menjelaskan tentang penonaktifan talkback. Jika fiturnya ingin kamu matikan, maka tekan tombol mari dan talkback tidak akan digunakan lagi atau tidak aktif lagi pada Hp Realme kesayanganmu.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi

Cara Menonaktifkan Talkback Realme Pakai Tombol Fisik

Selain menggunakan metode pertama tadi, kamu juga bisa menggunakan metode lain yang jauh lebih praktis, yaitu menggunakan tombol fisik antara vokume dan power. Bagaimana cara menonaktifkan dengan menggunakan kedua tombol tersebut? Begini penjelasan lebih lengkapnya.

  • Pertama, silahkan kamu membuka Hp Realme kesayanganmu
  • Setelah itu kamu tekan sekaligus tombol power, volume bawah, DNA volume atas dalam waktu yang bersamaan
  • Jika kamu sudah menekan kombinasi ketiga tombol tersebut, maka silahkan kamu menunggu beberapa saat hingga layar Hp Realmemu menampilkan notifikasi yang menyatakan bahwa fitur talkback pada Hp Realmemu sudah berhasil dinonaktifkan

Cara Menonaktifkan Talkback Realme Pakai Google Assistant

Perlu kamu ketahui, bahwa kamu tidak hanya bisa melakukan penonaktifan fitur talkback ini melalui metode menu setelan atau menekan ketiga tombol secara bersaman. Tapi kamu juga bisa menonaktifkan fitur talkback ini dengan menggunakan Google Assistant. Kamu jangan khawatir atau bingung dengan fitur ini, sebab Google Assistant ini sudah ada dan disematkan secara otomatis di semua Hp smartphone ataupun iPhone, termasuk Realme. Fitur Google Assistant ini berupa suara. Jika kamu penasaran bagaimana cara menggunakan fitur ini, maka simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, silahkan kamu membuka Hp Realme kesayangmu terlebih dahulu
  • Setelah itu, kamu harus memastikan bahwa fitur Google Assistant ini sudah terpasang dan aktif di Hp Realmemu
  • Jika sudah, maka langsung kamu katakan OK Google
  • Kalau Google Assistant ini berhasil menanggapi suaramu, maka kamu harus mengucapkan nonaktifkan talkback atau turn of talkback
  • Langkah terakhir, adalah kamu harus mengikuti smwu instruksi selanjutnya hingga muncul sebuah fitur yang menyatakan bahwa fitur talkback di Hp Realmemu sudah berhasil dinonaktifkan atau dimatikan
Terkait:  Cara Menonaktifkan Google Form

Cara Mengatasi Talkback Gagal Dinonaktifkan

Jika kamu sudah melakukan dan mencoba ketiga metode di atas namun tidak berhasil juga, maka kami sangat menyarankan untuk mereset pengaturan yang ada di Hp Realmemu menjadi setelan pabrik. Hal ini dapat kamu lakukan dengan bantuan orang lain yang menurutmu benar-benar faham dengan teknologi atau bisa mengikuti video tutorial yang menurutmu terpercaya di platform YouTube. Apabila kamu melakukan hal ini, maka berarti Hp Realmemu akan direset dan akan kembali sama seperti kamu pertama kali membelinya.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara menonaktifkan talkback Realme yang dapat kamu ikuti dan praktekkan secara mandiri di rumahmu. Intinya, kamu jangan takut untuk mencoba semua metode yang sudah dijelaskan di atas karena ini akan sangat membantumu dari rasa tidak nyaman akibat fitur talkback ini masih aktif. Demikian yang dapat kamu sampaikan, semoga informasi di atas dapat membantu dan menambah wawasanmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related posts