Cara Bayar Shopee Pakai GoPay

Bagaimana cara bayar Shopee pakai Gopay? Apa saja langkah langkah untuk Bayar Shopee pakai Gopay? Apa saja persyaratan yang harus dilengkapi untuk bayar Shopee pakai Gopay?

Untuk para pegiat belanja online, tentunya kita sudah mengetahui bahwa saat ini ada banyak sekali layanan e-commerce atau toko online yang menjual beragam produk dengan harga yang amat sangat terjangkau diseluruh indonesia.

Bahkan, kita tak perlu lagi khawatir untuk mencari-cari produk yang mungkin lokasinya jauh, sebab kita bsia memanfaatkan layanan jasa ekspedisi ataupun transportasi online untuk menerima dan mengirim produk kita.

Maka dari itu, tak heran jika sat ini kita bisa dengan mudah mendapatkan produk di e-commerce yang kita gunakan, seperti misalnya Shopee. Shopee sendiri merupakan salah satu layanan e-commerce terbersar di Asia, yang tidak hanya di Indonesia saja.

Adapun mengapa Shopee banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia adalah, harga yang ditawarkan lebih murah, terdapat beragam promo yang bisa dipakai, sering mendapatkan promo Gratis Ongkos Kirim, dan juga cashback untuk pengguna baru.

Nah, sebab itulah Shopee menjadi pilihan terbaik bagi para shopaholic, yang biasa berbelanja ketika tanggal gajian tiba. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas sedikit tentang Cara Bayar Shopee lewat Gopay, yang mungkin belum diketahui pengguna Shopee sebelumnya.

Seperti yang kita ketahui, Gopay sendiri merupakan sebuah metode pembayaran dari Gojek, yang disebut dengan Gojek Payment. Nah, untuk menggunakan layanan Gopay sendiri, pengguna harus terlebih dulu mendaftarkan diri mereka melalui Aplikasi Gojek.

Mungkin sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa Gopay bisa digunakan sebagai metode pembayaran kepada Driver ketika memesan layanan dari Gojek, seperti Go-Ride, Go Car, Go Food, atau bahkan yang lainnya.

Tapi siapa sangka, Gopay juga ternyata bisa digunakan untuk lain hal loh. Mulai dari membayar makanan atau minuman yang dipesan di sebuah stand atau merchant yang menerima pembayaran melalu Gopay, pembelian pake data Internet, pembelian pulsa, membayar tagihan Ruang Guru, membeli kebutuhan voucher Game, sampai juga melakukan pembayaran untuk beberapa layanan Online Shop atau e-commerce.

Adapun beberapa layanan online shope yang menerima pembayaran dengan Gopay salah satunya adalah Shope. Oleh sebab itulah, pengguna shopee bisa berbelanja dengan Saldo Gopay yang dimiliki pengguna.

Tapi sayangnya, tidak semua pengguna Shopee paham betul tentang Cara Bayar Shopee pakai Gopay. Padahal, caranya tak jauh berbeda dengan cara bayar Shopee lewat DANA. Nah, buat kamu yang mungkin juga belum tau, kalian bisa menyimak artikel berikut, tentang Cara Bayar Shopee pakai Gopay.

Cara Bayar Shopee Pakai GoPay

Cara Bayar Shopee Pakai GoPay
Bayar Shopee Pakai GoPay

1. Sudah memiliki atau Mendaftar Akun Gojek

Karena Gopay sendiri menjadi satu dengan Akun Gojek, maka sangat disarankan untuk pengguna yang ingin melakukan pembayaran Shopee dengan Gopay untuk memiliki Akun Gojek terlebih dahulu. Jika belum, kalian bisa melakukan pendaftaran akun Gojek, dengan pertama menginstall Aplikasi Gojek di Android ataupun iPhone kalian.

Setelah itu, kalian bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor telfon yang sesuai dengan yang digunakan untuk mendaftar di akun Shopee, lalu mengisi semua data yang dibutuhkan. Seperti Nama, Email, dan juga password. Dan jangan lupa untuk memasukkan 6 Digit PIN pada aplikasi Gojek, guna melindungi data dan juga Saldo Gopay kalian, dari pencurian data ataupun ketika mungkin akun Gopay kalian terlogin kedalam perangkat yang berbeda.

2. Memiliki Saldo Gopay atau Melakukan Top Up Gopay

Nah, kemudian kalian bisa melakukan Top Up agar bisa menggunakan Gopay sebagai metode pembayaran. Untuk cara top up nya sendiri kalian bisa menggunakan beberapa cara, yakni baik dari Alfamart, Transfer Bank, atau bahkan melakukan Top Up Saldo Gopay melalui Driver Gojek.

Jika dibutuhkan, kalian bisa melakukan verifikasi dan pengupgrade-an akun Gojek kalian ke Gopay+ dengan menyertakan data diri, seperti Foto KTP, dan Selfie dengan KTP. Setelah itu, baru kita bisa mulai untuk menggunakan Gopay sebagai metode pembayaran.

3. Memilih Produk, dan Membuat Pesanan di Shopee

Jika proses pendaftaran sudah dilakukan dan kalian juga sudah melakukan Top Up saldo Gopay, maka selanjutnya kita bisa langsung membuka Aplikasi Shopee, untuk mulai berbelanja produk atau barang yang tersedia.

Tapi sebelumnya juga tak lupa kita ingatkan, pastikan sebelumnya kamu sudah melakukan pendaftaran dan memiliki Akun Shopee, jika belum, kami sudah menuliskannya dalam poin penting di aritkel cara bayar Shopee lewat Dana, atau juga cara bayar Shopee lewat Indomaret.

Cari produk yang sesuai dengan kebutuhanmu, dan kamu juga bisa mencari produk berdasarkan kategori yang tersedia. Mulai dari Kecantikan, Otomotif, Olahraga, Rumah Tangga, atau yang lainnya.

Jika sudah, kalian bisa langsung memasukkan produk yang diinginkan kedalam keranjang, dan lanjut untuk melakukan pembayaran.

4. Mengganti Metode Pembayaran dengan Gopay

Untuk mengubah metode pembayaran sendiri, kamu bisa melihat nya didalam laman Check Out atau menu pembayaran. Ketika melakukan Check Out, kalian juga akan diminta untuk melengkapi data lain, seperti

  • Alamat penerima (alamat lengkap)
  • Nama Penerima
  • Nomor Telpon (nomor telfon yang bisa dihubungi kurir)
  • Opsi Pengiriman (pilih jasa ekspedisi yang akan digunakan)
  • Jumlah Produk (jika produk lebih dari 1)
  • Kode Voucher (jika memiliki kode voucher)
  • Metode Pembayaran
  • Gunakan Shopee Koin (opsional)

Setelah semuanya terisi, klik pada Pembayaran dan ganti metode pembayaran dengan Gopay. Setelah itu barulah kita masuk kedalam tahapan terakhirnya, yakni.

5. Melakukan Pembayaran dan Verifikasi Gopay

Pada tahap ini, setelah semua data terisi dengan baik, langsung saja klik BUAT PESANAN dan kalian akan otomatis diarahkan kedalam Aplikasi Gojek, yang sudah sebelumnya terinstall.

Tunggu beberapa saat sampai Aplikasi Gojek Terbuka, kalian akan melihat detail jumlah pembayaran belanjaan kalian. Dan dibagian bawah, akan ada tulisan BAYAR DENGAN. Disini, kamu bisa mengklik nya dan memilih opsi Gopay.

“Penting untuk dicatat, ketika pengguna sudah mengklik tombol BUAT PESANAN, maka pengguna akan diberikan waktu sekitar 1 x 24 jam untuk menyelesaikan atau melakukan pembayaran pesanan mereka. Jika lebih dari itu, maka pihak Shopee akan melakukan pembatalan pesanan secara otomatis.”

Lalu klik pada tombol BAYAR dan masukkan PIN Gojek kalian yang sebelumnya sudah diatur tadi. Dan tunggu sampai pembayaran selesai, dan kalian akan menerima notifikasi bahwa pembayaran telah dilakukan.

Terakhir, kalian bisa mengecek aplikasi Shopee untuk mengetahui status pembayaran kalian. Jika dalam waktu 1 x 24 jam setelah pembayaran terjadi kendala, kalian bisa menghubungi pihak Shopee ataupun Seller, dan juga pihak Gojek untuk memecahkan masalah kalian.

Sebagai penutup, itulah tadi cara bayar Shopee lewat Gopay yang bisa teman-teman coba dan terapkan ketika berbelanja sebuah produk atau barang di Shopee. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi