Cara Mengganti Password Wifi Indihome Huawei dengan Mudah

Wifi banyak digunakan karena menawarkan kecepatan akses internet yang mumpuni, belum lagi memang tarifnya lebih murah dibandingkan dengan internet dengan data seluler. Inilah yang membuat akses wifi banyak disukai di rumah-rumah khususnya. Banyak pengguna baru mencari info cara mengganti password wifi Indihome Huawei.

Bagi pengguna Indihome salah satu modem yang sering dipilih untuk jaringan wifi di rumah adalah Huawei. Agar akses wifi bisa digunakan dengan baik, tugas kalian adalah memastikan performa dari modem Huawei lebih terjaga, terutama dari segi performanya.

Read More

Untuk meningkatkan kecepatan, kalian harus memperhatikan bagaimana kondisi pemasangan modem dan paket yang kalian pilih. Sementara itu, dari sisi keamanannya kalian harus mengubah password Wifi secara berkala agar tidak digunakan banyak orang. Dari segi keamanan sendiri, artinya kalian harus secara berkala mengganti password wifi.

Cara Mengganti Password WiFi Indihome Huawei

Cara mengganti password sangat mudah dilakukan, bahkan bagi kalian yang belum pernah mengganti password sejak pertama kali bisa mengikuti panduan di bawah ini :

  • Siapkan username dan password wifi indihome terlebih dahulu. Kalian bisa mendapatkannya di bagian bawah modem. Namun ada juga username dan password yang diberikan langsung oleh petugas pada saat pemasangan modem Huawei.
  • Sekarang, sambungkan hp kalian dengan wifi indihome dengan menggunakan password yang digunakan untuk menghubungkan internet.
  • Lanjutkan dengan membuka browser pada hp.
  • Kemudian masukan angka 192.168.1.1 pada kolom pencarian situs yang ada di browser tersebut. Klik ok atau enter.
  • Tunggu beberapa saat hingga tampilan situs yang dikhususkan untuk mengatur perangkat modem Huawei muncul pada layar.
  • Di halaman depan dari situs tersebut, sekarang masukan username dan password yang sudah kalian miliki atau persiapkan di awal.
  • Apabila telah berhasil masuk, lanjutkan dengan klik menu network.
  • Lalu klik WLAN security.
  • Selanjutnya tampilan layar akan masuk pada halaman penggantian password tepat di samping WPA Passphrase.
  • Sekarang masukan password baru yang sudah kalian persiapkan. Untuk password yang dimasukan minimal 8 karkater.
  • Jika sudah selesai, klik tombol Submit.

Bagaimana, mudah kan cara mengganti password wifi Indihome Huawei? Kamu hanya perlu memastikan langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar.

Cara Mengganti Nama Wifi

Selain mengganti password, kalian juga bisa sekalian mengganti nama Wifi. Biasanya, nama wifi akan terlihat pada perangkat lain saat kalian hendak menghubungkannya. Jika ingin mengganti nama wifi, silahkan ikuti panduannya berikut :

 

  • Jika sudah close halaman yang di akses tadi, silakan log in Kembali ke alamat yang sama yaitu 192.168.1.1 lalu masukan username dan password nya.
  • Sekarang pilih menu network lalu lanjutkan pada menu WLAN.
  • Pada menu WLAN pilih yang bagian SSID setting lalau ganti namaWifi nya.
  • Sekarang restart koneksi Wifi sebelum kalian menggunakannya Kembali.

Cara Mempercepat Modem Huawei

Setelah mengetahui cara mengganti password dan mengubah nama wifi nya, di bawah ini kalian akan mendapatkan beberapa trik untuk mempercepat akses wifi modem Huawei :

1. Restart Modem

Langkah pertama, silahkan restart modem Huawei kalian jika jaringan wifi yang kalian dapatkan sangat lemot atau lambat. Ini merupakan opsi paling mudah dilakukan, apalagi bagi kalian yang kurang begitu mengerti teknologi modem dalam hal konfigurasi.

Apabila modem Huawei telah nyala Kembali, sekarang coba akses internet dari jaringan modem Huawei tersebut, apakah kecepatannya akan tetapa sama atau lebih cepat. Jika lebih cepat maka masalah terpecahkan hanya sampai pada restart modem saja.

2. Menggunakan Repeater

Cara kedua dilakukan apabila restart modem tidak memberikan dampak yang signifikan. Repeater adalah alat khusus yang bisa digunakan untuk memperkuat sinyal. Cara kerjanya cukup sederhana yaitu hanya mendongkrak kecepatan jaringan internet dari modem tersebut. Yang perlu kalian lakukan adalah dengan membelinya terlebih dahulu karena repeater merupakan alat terpisah dari modem.

Jika ingin menggunakan alat ini, agar dipastikan membeli yang benar terutama dari segi kualitasnya harus yang bagus agar bisa mempengaruhi kinerja modem Huawei dengan sebagik-baiknya.

3. Menenmpatkan Modem Pada Posisi Yang Strategis

Ingat, modem membutuhkan ruangan yang luas karena akan memancarkan jaringan ke segala arah. Jika tidak di simpan di tempat luas, seperti di sudut rumah, maka daya jangkau jaringan tidak akan memancar lebih jauh, hanya sebatas di sudut rumah tersebut.

Selain itu, sebaiknya tidak menyimpan modem di lantai, usahakan harus berada di atas, kalian bisa menggunakan tempat dudukan khusus menyimpan modem agar bisa disimpan di atas.

Alasannya cukup sederhana, kaerna sinyal memancar ke segala arah termasuk ke bagian bawah modem. Jika disimpan di lantai, maka sinyal yang memancarkan ke bawah tidak akan berfungsi dengan baik.

4. Jumlah Pengguna Tidak Melebihi Kapasitas Yang Ditentukan

Jangan anggap remeh terkait jumlah pengguna jaringan modem Huawei, karena jumlah pengguna akan mempengaruhi pada kecepatan internet modem tersebut.

Sederhananya, bandwidth modem akan terbagi ke dalam beberapa pengguna secara merata merata. Misalnya kecepatan maksimal modem adalah 1 MB per detiknya. Namun yang menggunakan ada 5 orang, maka kecepatan internet yang didapat untuk kelima orang tersebut adalah hanya 200 kb per detik saja.

Bisa dibayangkan jika penggunanya lebih dari 5, maka lambatnya internet saat mengakses situs web akan sangat terasa.

Oleh karena itu, agar terhindar dari penggunaan orang yang tidak dikenal, sebaiknya rutin mengganti kata sandi Indihome Huwei. Pastikan hanya memberitahukan password kalian ke orang-orang terdekat saja yang berada satu rumah dengan kalian.

5. Menambah Kecepatan jaringan Internet

Cara selanjutnya adalah dengan menambah kecepatan jaringan internet. Menambah kecepatan artinya melakukan upgrade paket ke yang lebih tinggi. Tentu saja biaya yang harus dikeluarkan akan lebih tinggi dibandingkan dengan layanan paket sebelumnya yang menurut kalian perlu di upgrade.

Menambah kecepatan jaringan internet berarti bisa menambah kecepatan mengakses internet untuk setiap orang yang mengakses pada modem Huawei tersebut, dengan begitu, semua masalah lambatnya internet terpecahkan dengan cara upgrade paket ke yang lebih tinggi.

6. Membersihkan Cache Pada Browser

Cara ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan modem Huawei yang digunakan, akan tetapi akan membantu kalian dalam memecahkan masalah karena jaringan wifi melalui modem Huawei lemot.

Langkah-langkah menghapus cache pada browser bisa masuk pada menu settings yang ada di setiap browser, jika sudah tinggal cari bagian cache dan hapus sampah pada folder cache tersebut.

Kapan Seharusnya Password Wifi Indihome Diganti?

Mengganti password wifi indihome Huawei harus diganti secara berkala yang bertujuan untuk menjaga fasilitas internet tidak digunakan oleh orang sembarangan yang bisa mengurangi kuota utama kalian karena jika hal itu terjadi maka bisa menyebabkan kerugian seperti kecepatan yang terganggu hingga kuota modem cepat habis. Oleh karena itu wajib bagi kalian untuk mengganti password wifi indihome Huawei.

Itulah cara mengganti password wifi indihome Huawei dan beberapa informasi lainnya yang berguna bagi kalian. Semoga bermanfaat!

 

Related posts