Cara Backup Chat Whatsapp

Bagaimana cara backup chat WhatsApp? Apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan backup chat WhatsApp? Ada cara manual untuk melakukan backup chat whatsApp?

Sebagai pengguna smartphone Android atau bahkan iOS, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama WhatsApp. Aplikasi chatting yang satu ini memang banyak digunakan oleh pengguna smartphone, bahkan saat ini WhatsApp sudah seperti aplikasi yang sangat dibutuhkan untuk melakukan komunikasi.

Karena dengan menggunakan WhatsApp para pengguna bisa melakukan panggilan suara, panggilan video, berkirim pesan suara, atau bahkan mengirim file dan juga dokumen.

Selain itu Whatsapp juga seringkali digunakan untuk bercengkrama lebih dalam dengan memanfaatkan fitur grup WhatsApp. Sehingga para pengguna bisa dengan mudah mengetahui informasi yang dibagikan di grup, terlebih untuk para pelajar dan mahasiswa.

WhatsApp sendiri Memang dikenal memberikan kemudahan untuk para penggunanya dalam melakukan komunikasi, karena mereka bisa terhubung dengan nomor telepon, dan hanya perlu menyimpan nomor telepon pengguna lain untuk Akhirnya bisa berkomunikasi melalui WhatsApp. Sama seperti telegram dan juga LINE, kini whatsapp sudah bisa digunakan untuk berkirim stiker, bahkan jika kamu memiliki keseharian yang seru, kamu juga bisa melakukan update status di WhatsApp, yang mirip-mirip dengan Instagram.

Selain itu tiap panggilan telepon yang dilakukan di WhatsApp, hanya membutuhkan jaringan internet saja. Sehingga Aktivitas ini tidak akan memotong pulsa utama kalian. Walaupun demikian, nyatanya pengguna Whatsapp lebih sering melakukan chat melalui teks, dan juga voice note.

Tapi pernahkah kalian terfikir, apa yang akan terjadi jika pengguna Whatsapp mengganti handphone mereka, dan melakukan login ulang di perangkat yang baru? Apakah history chat mereka akan hilang?

Tentunya pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh para pengguna Whatsapp, terlebih untuk mereka yang memiliki percakapan penting, ataupun berurusan dengan dunia pekerjaan mereka. Tentu pengguna seperti ini sangat khawatir ketika mereka harus kehilangan chat history mereka.

Pada dasarnya, history chat di WhatsApp sendiri bisa di backup dengan beragam cara. Baik itu dengan cara manual, atau bahkan cara otomatis. Hal ini juga sangat penting dilakukan pengguna, agar mereka tidak kehilangan chat history, ketika berpindah atau berganti perangkat.

Namun sayangnya masih saja ada pengguna Whatsapp yang tidak mengetahui dan juga tidak memperhatikan cara ini. Padahal untuk cara backup chat WhatsApp sendiri, sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Untuk itu kali ini kita akan mengulas nya lebih lanjut.

Cara Backup Chat Whatsapp

Cara Backup Chat Whatsapp
Backup Chat Whatsapp

Cara Backup Chat Whatsapp ke Google Drive

Sama seperti ketika kalian melakukan backup Chat Line, kalian juga bisa melakukan backup chat WhatsApp melalui Google Drive. Cara ini tentu sangat mudah digunakan dan juga mengharuskan kalian untuk memiliki akun email yang aktif dan terhubung dengan Google Drive. Bisa dilakukan lewat aplikasi whatsapp-nya itu sendiri, yakni dengan.

  • Buka aplikasi Whatsapp yang ada di Smartphone kalian
  • Pada bagian setting atau pengaturan yang ada di pojok kanan atas
  • Setelah itu klik pada menu chats
  • Selanjutnya klik pada menu chat backup
  • Kemudian kalian cara memilih akun Google mana yang akan terhubung ke Google Drive.
  • Terakhir klik pada pilihan backup to Google Drive, dan tunggu proses backup-nya selesai

Penting untuk dicatat pastikan terlebih dahulu penyimpanan dari Google Drive kalian, masih tersedia ruangnya. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan pada saat melakukan backup.

Selain itu pastikan Kalian juga sudah melakukan login ke akun Gmail yang menjadi media penyimpanan Google Drive kalian, di ponsel atau perangkat kalian yang baru sebelum melakukan restore

Walaupun cara ini terdengar sangat mudah, namun nyatanya cara ini tidak berlaku untuk pengguna Whatsapp mod atau bahkan WhatsApp yang sudah dimodifikasi, dan memiliki fitur tambahan yang tidak ada pada WhatsApp official. Untuk itu pastikan kalian menggunakan WhatsApp yang berasal dari Google Play Store.

Cara Backup Chat Whatsapp ke Internal Storage

Acara selanjutnya adalah kalian bisa melakukan backup ke dalam internal storage kalian. Cara ini sebenarnya hanya berlaku untuk perangkat yang digunakan saja, namun cara ini juga tetap berlaku ketika kalian melakukan login ulang, di perangkat yang berbeda

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat kalian
  • Kemudian klik pada menu yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih setting
  • Setelah masuk ke dalam pengaturan profile, klik pada menu chats
  • Di bagian paling bawah kalian bisa menemukan backup chat atau chat backup. Klik pada pilihan tersebut dan tunggu prosesnya selesai

Selain melakukan back up melalui Google Drive dan juga internal storage, kalian juga bisa mengatur durasi atau interval dari backup kalian. Maksudnya disini adalah kalian bisa memilih opsi back up otomatis, sesuai keinginan kalian.

Biasanya pilihan ini akan ditemui, ketika pengguna masuk ke dalam aplikasi WhatsApp melalui perangkat yang berbeda. Pada halaman awal, kalian akan dihadirkan dengan opsi back up secara daily, weekly, monthly, dan yearly.

Cara Restore Chat WhatsApp

Setelah melakukan backup baik melalui Google Drive ataupun internal storage, kalian bisa melakukan restore untuk mengembalikan history chat yang sudah di backup sebelumnya. Orangnya juga nggak jauh beda kok dengan melakukan backup

  • Instal aplikasi WhatsApp pada perangkat baru yang digunakan
  • Bukan login seperti biasa dengan menggunakan nomor telepon yang terdaftar di WhatsApp
  • Tunggu beberapa saat dan jika file backup ditemukan, maka ketika masuk kalian akan melihat opsi untuk melakukan restore.
  • Klik pada tombol restore, dan tunggu sampai proses restore nya selesai.

Cara restore ini juga bisa digunakan untuk kalian yang melakukan backup baik melalui Google Drive ataupun internal storage. Karena sistem dari WhatsApp sendiri adalah otomatis membaca backup yang tersedia, namun jika terjadi masalah pada saat proses restore, kalian bisa melakukan restore secara manual. Yakni dengan

  • Masuk ke dalam aplikasi WhatsApp
  • Klik pada tombol yang ada di bagian pojok kanan atas
  • Klik pada menu chats
  • Lalu pilih restore chat

Setelah itu kalian tinggal memilih opsi restore yang akan digunakan, bisa melalui Google Drive, atau bahkan dengan memilih internal storage backup.

Jika kalian ingin tetap aman dan tidak kehilangan history chat kalian, kalian bisa memilih opsi daily backup, dan mengatur jamnya sekitar pukul 2 pagi atau 2 dini hari.

Selain itu Kalian juga disarankan untuk rutin melakukan backup secara manual, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya kehilangan backup chat.

Kesimpulan

Dengan melakukan backup chat WhatsApp, tentunya pengguna tidak lagi khawatir ketika mereka harus berpindah ponsel atau bahkan perangkat. Jika pengguna melakukan backup ke Google Drive, tentunya mereka bisa melakukan restore dengan menambahkan email yang digunakan sebagai penyimpanan di Google Drive.

Ataupun jika mungkin seseorang yang melakukan reset ponsel atau reset pabrik, mereka bisa menggunakan opsi yang kedua, dengan melakukan backup ke penyimpanan internal.

Lah beberapa cara backup chat WhatsApp yang bisa kalian gunakan, silakan periksa terlebih dahulu untuk pengaturan backup chat kalian apakah masih menggunakan cara manual, atau sudah otomatis? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, semoga bermanfaat!

Faiz Dawami
suka diajak ngopi