Cara Mengatasi Hp Lemot Samsung

Cara mengatasi hp lemot Samsung sebenarnya cukup mudah dilakukan. Tidak jarang para pengguna ponsel Samsung seringkali mengeluhkan hp yang tiba-tiba ngelag dan lemot. Bahkan tidak hanya berlaku bagi hp Samsung yang sudah lama digunaka saja, tetapi juga bagi hp baru. Masalah hp lemot tentu sangat menjengkelkan, karena bisa menghambat dan mengganggu aktivitas ketika memakai hp Samsung.

Penyebab Hp Samsung Ngehang

Ada beberapa faktor penyebab hp Samsung ngelag dan lemot, diantaranya sebagai berikut :

Read More
  • Kapasitas RAM terbatas, jika hp Samsung kalian memiliki kapasitas RAM yang terbatas, saat mengakses banyak aplikasi bersamaan, maka bisa menyebabkan hp ngelag.
  • Menginstall aplikasi terlalu banyak juga bisa membuat memori penyimpanan hp menjadi penuh, sehingga membuat performa hp menurun dan menjadi ngehang.
  • Membiarkan banyak aplikasi berjalan di latar belakang juga bisa membuat hp menjadi lemot.
  • Performa hp Samsung juga bisa menurun seiring lamanya pemakaian. Jadi, jika smartphone penggunaan hp Samsung teralu lama sekitar 2-5 tahun bisa mempengaruhi performa Samsung yang menjadi menurun.
  • Bugs pada aplikasi dan sistem juga bisa menyebabkan hp Samsung lemot. Biasanya masalah ini terjadi mengingat aplikasi yang dioperasikan masih tahap uji coba atau masih dilakukan tahap pengembangan.

Lantas, bagaimana agar performa hp Samsung tetap baik dan tidak ngehang? Maka dari itu, ada beberapa cara mengatasi hp lemot Samsung yang bisa kalian coba di bawah ini!

Terkait:  Cara Menghidupkan HP Samsung Tanpa Tombol Power

Cara Mengatasi Hp Lemot Samsung

Cara Mengatasi Hp Lemot Samsung
Tutorial Mengatasi Hp Samsung Lemot

Tutorial Mengatasi Hp Lemot Samsung

Ada beberapa pilihan cara mengatasi hp lemot Samsung yang bisa kalian lakukan, seperti memperbarui aplikasi, meminimalisir akvitias multitasking, membersihkan file, meminimalisir pemakaian widget dan animasi, menghapus aplikasi tertentu yang tidak diperlukan dan lainnya. Berikut ulasannya :

1. Menghapus File Cache Aplikasi

Cache merupakan penyimpanan file sementara untuk aplikasi dan sistem yang sudah terinstall. Tujuan dari file cache sebenarnya untuk dapat mengoptimalkan kinerja aplikasi maupun sistem supaya lebih cepat dan ringan. Cache yang dihasilkan tersimpan pada memori internal yang harus dibersihkan secara rutin.

Sumber : sipitek.com

Apabila tidak dibersihkan, file cache ini nantinya bisa mengakibatkan masalah terjadi pada aplikasi atau sistem. Kalian bisa membersihkan cache, baik melalui opsi Perawatan Perangkat maupun pembersihan secara manual.

  • Silahkan buka pengaturan di hp Samsung.
  • Selanjutnya gulir layar ke bawah, tekan aplikasi.
  • Setelah itu, temkan aplikasi sesuai keinginan.
  • Pilih Penyimpanan.
  • Kemudian klik hapus memori dan hapus cache aplikasi yang dimaksud.

2. Menghapus Media atau Berkas yang Tidak Diperlukan

Cara mengatasi hp lemot Samsung yang bisa kalian lakukan berikutnya adalah membersihkan data atau file yang tidak diperlukan, baik itu audio, foto, apk, dokumen, video dan sebagainya. Ini dibutuhkan untuk meminimalisir beban file yang menumpuk pada memori internal.

Terlebih game dan aplikasi pihak ketiga saat ini rata-rata berukuran lebih besar, karenanya memerlukan sumber daya yang juga semakin tinggi. Dengan demikian, dibutuhkan manajemen memori lebih baik supaya internal memori tidak penuh.

Sumber : imeandroid.com

Paling tidak menyisakan sebanyak 20% space kosong dari kapasitas total internal memori kalian. Kalian bisa mengecek beberapa bagian, seperti folder WhatsApp, dan DCIM. Untuk membersihkan semua file tersebut, kalian bisa mengandalkan opsi Perawatan Perangkat.

  • Silahkan buka Pengaturan di hp Samsung kalian.
  • Scroll layar ke bawah, dan tekan opsi Perawatan Perangkat dan baterai atau Device Care.
  • Di halaman device care atau perawatan perangkat, kalian bisa mengecek informasi pemakaian sumber daya perangkat.
  • Selanjutnya pilih Penyimpanan.
  • Scroll layar ke bawah dan pilih kategori file atau dokumen yang akan dihapus.
  • Apabila kalian ingin menghapus file duplikat, kalian dapat memilih duplikatkan file.
  • Silahkan tandai medi  atau file yang akan kalian hapus.
  • Klik hapus jika ingin menghapus file secara permanen.
Terkait:  Cara Klaim Garansi Samsung

3. Mengosongkan Sebagian Tempat Penyimpanan Ponsel Samsung

Ada beberapa file yang bisa memakan lebih banyak tempat penyimpanan, seperti video, foto maupun aplikasi. Oleh karena itu, jika kalian memiliki penyimpanan internal kecil. Kalian dapat memindahkan atau menghapus semua data yang kurang penting. Uninstall atau hapus aplikasi-aplikasi yang memang tidak diperlukan.

Jika ingin mengetahui sisa penyimpanan, kalian dapat membuka file management, di hp Samsung kalian. Misalnya saja, bagi pengguna hp Samsung, kalian dapat membuka My Files.

  • Silahkan buka aplikasi My Files di hp Samsung kalian.
  • Pilih kategori dokumen atau file yang akan dibersihkan.
  • Jika kalian ingin menghapus APK, kalian dapat memilih kategori APK.
  • Silahkan tandai semua atau hanya beberapa file yang akan dihapus.
  • Klik hapus jika ingin menghapus file sesuai keinginan.

4. Menghapus Widget Pada Homescreen

Widget adalah fitur yang bisa kalian temukan pada sistem androd. Kalian bisa menampilkan widget yang dapat diakses melalui homescreen. Contohnya seperti search, cuaca, jam dan lainnya.

Akan tetapi, jika widget yang terdapat pada homescreen terlalu banyak, bisa menghabiskan resource pada android. Maka dari itu, gunakan atau tampilkan widget hanya seperlunya, sementara widget yang sudah tidak diperlukan bisa kalian buang atau hapus.

5. Menonaktifkan Animasi Pada Hp Samsung

Biasanya animasi launcher akan terlihat ketika menutup atau membuka aplikasi di perangkat andorid, sehingga membuat tampilan di perangkat android terlihat lebih menarik dan keren. Akan tetapi, fitur tersebut justru bisa mengurangi performa perangkat. Oleh sebab itu, kalian dapat mengurangi atau bahkan mematikan fitur efek animasi ini.

Jika kalian memakai hp Samsung dengan OS android Pie untuk versi 9.0. Maka kalian bisa menonaktifkan animasi launcher ini dengan membuka Settings kemudian pilih opsi Advanced Features dan mengaktifkan opsi Reduce Animations. 

Sumber : Youtube

6. Mengecek Panas Berlebih Pada Hp Samsung

Cara mengatasi hp lemot Samsung yang selanjutnya adalah dengan mengecek di bagian belakang perangkat hp Samsung. Silahkan periksa apakah perangkat kalian mengalami overheat ataukah tidak. Jika mengalami overheat, maka yang harus dilakukan adalah dengan mendiamkan hp sampai beberapa menit, tujuannya agar suhu prosesor perangkat menjadi lebih dingin.

Terkait:  Cara Mengganti Tulisan di Hp Samsung

7. Merestart Hp Samsung

Sumber : Phandroid

 

Apabila metode sebelumnya masih tidak bekerja, silahkan restart hp Samsung kalian. Dengan merestart perangkat kalian, seharusnya sudah bisa membuat performa hp Samsung kalian lebih baik lagi. Caranya cukup tekan lalu tahan tombol power atau fisik di sebelah kanan.

8. Factory Reset

Masalah ngelag hp samsung masih belum terselesaikan juga? Kalian bisa mencoba factory reset hp Samsung. Namun untuk mengembalikan hp ke setelan pabrik sebaiknya harus sudah mencadangkan data ponsel samsung terlebih dahulu ke laptop atau PC. Tujuannya, agar data-data yang kalian simpan di hp Samsung tidak hilang.

Dengan 8 cara mengatasi hp lemot Samsung di atas, kalian tidak perlu repot dan bingung lagi ketika hp tiba-tiba ngelag. Selain itu, sebaiknya kurangi aktivitas berlebihan pada hp untuk mengurangi masalah overheating yang mengakibatkan hp Samsung menjadi lemot. Sehingga, kalian bisa menjalankan aktivitas di perangkat Samsung dengan leluasa.

 

Related posts