Cara Cek Saldo KIP

Cara cek saldo KIP kini bisa dilakukan dengan mudah lewat HP. Dengan demikian, Kamu tak perlu repot-repot harus pergi ke Bank untuk mengecek saldo PIP/KIP. Sebab kini pengecekan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui HP. Cek pencairan saldo KIP bisa dilakukan memakai NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).

Apa Itu KIP?

KIP adalah kependekan dari Kartu Indonesia Pintar, yakni sebagai salah satu bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP). KIP biasanya berbentuk bantuan dana tunai untuk siswa yang berusia mulai dari 6 tahun sampai 21 tahun khusus dari keluarga yang kurang mampu, dimana penerima bantuan bisa mengecek saldo KIP lewat HP.

Biasanya penerima bantuan adalah siswa atau pelajar yang sudah memiliki KIP, jika Kamu termasuk ke dalam siswa dari keluarga yang tidak mampu bisa mengajukan pendaftaran bantuan belajar PIP.

Saldo KIP sendiri berbentuk pencairan dana bantuan PIP lewat KIP, dimana KIP ini akan diberikan kepada pelajar sebagai sebuah identitas bahwa pelajar tersebut sudah menerima bantuan dari Program Indonesia Pintar.

Sejalan dengan penerima bantuan BLT, bantuan PIP sendiri sangat membantu para peserta didik dari keluarga tidak mampu, karena tidak sedikit orang tua terpaksa tidak menyekolahkan anaknya mengingat masalah biaya. Melalui program bantuan PIP ini, pastinya sangat membantu para orang tua untuk memenuhi keperluan sekolah anak-anaknya.

Persyaratan Penerima Bantuan PIP

Para peserta didik yang menerima bantuan PIP tentu saja wajib memenuhi beberapa ketentuan untuk bisa memperoleh sekaligus dapat mencairkan dana bantuan PIP dari sekolah. Adapun salah satu persyaratan yang harus dipenuhi ialah tiap-tiap peserta didik yang menerima PIP wajib mempunyai rekening sendiri yang akan dipakai untuk penerimaan penyaluran dana bantuan PIP langsung dari pusat.

Dimana bantua PIP nantinya diterima oleh tiap-tiap penerima bantuan dan disalurkan berbentuk dana tunai, sehingga uang tersebut  akan disalurkan ke rekening tiap-tiap penerima bantuan dengan nominal yang mungkin berbeda-beda. Perbedaan nominal ini tak lain tergantung dari jenjang pendidikan, seperti SD, SMP, SMA. Karena kebutuhan tiap-tiap jenjang pendidikan pun berbeda-beda.

Cara Cek Saldo KIP

Cara Cek Saldo KIP
Mengecek Saldo KIP

Mengecek Saldo KIP

Jika Kamu termasuk salah satu siswa penerima KIP, maka Kamu bisa mengecek saldo KIP apakah sudah cair ataukah belum. Ada beberapa cara cek saldo KIP yang bisa Kamu gunakan berikut ini!

1. Cek Saldo KIP Lewat Hp di Aplikasi Jaga.ID

Untuk mengecek saldo KIP Kamu apakah sudah cair ataukah belum, maka cara pertama yang bisa dilakukan ialah dengan mengunduh dan memasang aplikasi Jaga.ID. Adapun aplikasi ini bisa dipasang lewat perangkat android di Google PLay Store.

Jika aplikasi sudah berhasil di install di Hpmu, selanjutnya Kamu tinggal buka dan jalankan aplikasi. Lalu ikuti cara cek saldo KIP melalui aplikasi Jaga.ID :

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Jaga.ID yang sudah Kamu unduh sebelumnya.
  • Dalam menu pendidikan, Kamu bisa pilih “Sekolah”.
  • Lalu tinggal pilih tingkat/jenjang sekolah, apakah SD, SMP, SMA atau yang lainnya sesuai dengan tingkat sekolahmu.
  • Sesudah memilih jenjang pendidikan, lengkapi data-data seperti Nama Sekolah, Kota/Kabupaten, lalu ketuk “Cari Sekolah”.
  • Selajutnya nama sekolahmu akan langsung muncul, silahkan ketuk  nama sekolah yang dimaksud.
  • Lalu Kamu akan ditampilkan menu pilihan tahapan pengecekan saldo KIP, yaitu “Lihat Profil Sekolah” kemudian “Lihat Anggaran Sekolah” dan “Lihat Program Sekolah” selanjutnya pilih opsi “Program Sekolah”.
  • Langkah berikutnya di halaman PIP akan terbuka menu “Tentukan Jenjang Sekolah”, “Masukkan NISN” dan tekan “Cari”.
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan informasi mengenai jenjang sekolah, Sekolah, Nama Kamu, NISN, Nomr SK, Kelas, Rekening Bank untuk pencairan bantuan dana tunai KIP/PIP waktu pencairan KIP dan sebagainya.

2. Cek Saldo KIP Tanpa Aplikasi

Di samping pengecekan saldo KIP lewat HP, cara cek saldo KIP lainna bisa dilakukan memakai PC. Pengecekan saldo KIP ini tak memakai aplikasi tambahan, sehingga lebih mudah dan cepat dilakukan.

Adapun panduan pengecekan saldo KIP memakai NISN tanpa aplikasi, ialah sebagai berikut :

  • Untuk pengecekan saldo KIP tanpa memakai aplikasi, Kamu bisa membuka web browser di HP atau PC menggunakan alamat link ini!
  • Jika laman utama web di atas sudah terbuka, gulir ke bawah hingga Kamu menemukan “Sektor atau Pelayanan Publik” lalu pilih lagi “Pendidikan” dan di sektor pendidikan, Kamu akan melihat beberapa pilihan menu yang harus dilengkapi berdasarkan nama sekolah dan jenjang pendidikan. Untuk menu “Pilih Kategori” bisa diisi dengan tingkat/jenjang sekolah, “Nama” diisi dengan nama sekolah, “Kota/Kabupaten” diisi oleh nama Kabupaten dan selanjutnya ketuk “Tampilkan”.
  • Sesudah mengikuti tahapan di atas, selanjutnya Kamu akan ditampilkan menu “Sektor/Pendidikan” selanjutnya akan muncul  nama sekolah sesuai yang dicari, dilanjutkan dengan klik “Nama Lembaga” di layar, selanjutnya akan muncul  “halaman profil Sekolah”, Kamu bisa pilih lagi “Program PIP” dan dilanjutkan ke samping kanan “Cek Nomor KIP” cukup inputkan nomor NISN atau nomr KIP lalu tekan “Cari”.
  • Jika sudah, Kamu akan mendapatkan tampilan keterangan Siswa/pelajar yang menerima pecairan dana KIP berdasarkan data diri pelajar, mulai dari jenjang sekolah, nomor NISN, nama sekolah, kelas dan rekening pencairan KIP.

Cek Penerima Bantuan KIP di Website SiPintar

Pengecekan penerima bantuan KIP juga bisa dilakukan lewat laman link dari SiPintar guna memastikan pelajar/siswa tersebut adalah penerima PIP. Caranya sebenarnya cukup mudah, Kamu bisa mengecek penerima dana bantuan PIP di web pup.kemdikbud. Selanjutnya inputkan NISN beserta data lain yang diminta lalu klik “Cek Data”. Setelah itu, Kamu pun akan menerima informasi mengenai siswa tersebut.

Berikut ulasan cara cek saldo KIP atau penerima KIP, diantaranya :

  • Silahkan buka website SiPintar di link ini!
  • Jika web yang Kamu tuju sudah terbuka, Kamu bisa memilih “Cek Penerima PIP”.
  • Lalu Kamu akan diminta mengisi form yang telah disediakan, seperti memasukkan NISN, menginputkan tanggal lahir dan nama ibu kandung.
  • Setelah itu, klik “Cek Data” di laman PIP.

Selanjutnya Kamu akan langsung menerima informasi pelajar atau siswa penerima bantuan PIP tersebut, jika siswa tersebut seagai penerima bantuan artinya siswa bisa mencairkan saldo di rekening bank penyalur.

Bank penyalur sendiri adalah bank yang telah menyalurkan dana PIP tersebut ke siswa/pelajar, ini artinya pelajar menerima saldo KIP yang bisa dicairkan. Jika siswa atau pelajar yang sudah dicek bukan penerima  bantuan program PIP maka biasanya akan muncul keterangan bertuliskan bawa siswa tersebut bukan penerima bantuan PIP.

Cek Saldo KIP Dapat Dilakukan, Apabila?

Bagi Kamu yang ingin mengecek saldo KIP yang akan Kamu terima, maka Kamu hanya bisa mengeceknya jika SK penetapan dari nama-nama siswa yang masuk menjadi calon penerima PIP sudah keluar. Adapun untuk mengecek SK ini, maka Kamu dapat meminta bantuan pihak sekolah agar mengetahui jumlah saldo yang ada di rekeningmu. Sehingga dapat dicairkan dalam proses pencairan dana bantuan PIP.

Jadi intinya, jumlah saldo yang diterima oleh tiap-tiap penerima PIP akan berbeda walaupun jenjang pendidikannya sama. Jumlah dana antuan yang diberikan umumnya disesuaikan berdasarkan SK tahap pencairan dan tingkatan kelas.

Ya, semoga ulasan cara cek saldo KIP di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019