Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat GPS

Keberadaan GPS penting sekali terutama ketika kita sedang mencari lokasi rumah teman atau orang yang dikenal. Selain lokasi rumah teman, kalian juga dapat mengetahui alamat lokasi tempat usaha yang sedang dicari. Bahkan banyak digunakan oleh jasa transportasi online dan layanan ekspedisi yang digunakan untuk mengirimkan paket langsung ke rumah tujuan. Pada pembahasan kali ini, kita akan mencoba cara mengetahui lokasi seseorang lewat GPS.

Ada banyak kegunaan GPS yang bisa kalian manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Bahkan kalian bisa menemukan lokasi keberadaan perangkat yang hilang sekalipun dengan mudah memakai bantuan GPS.

Read More

Tentang GPS

GPS atau Global Positioning System, adalah sebuah teknologi dengan bantuan satelit yang dapat digunakan untuk menentukan dan mengetahui lokasi tertentu. Sehingga informasi pada lokasi yang diberikan menjadi lebih akurat.

Tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk menentukan sebuah rute perjalanan, biasanya GPS juga dipakai untuk melakukan pelacakan terhadap lokasi seseorang. Selain memakai GPS, sebenarnya untuk melacak keberadaan seseorang dapat memanfaatkan banyak pilihan cara.

Contohnya, kalian ingin mengecek lokasi seseorang melalui nomor hp,mengecek posisi orang yang dituju melalui sinyal hp maupun dengan melacak lokasi keberadaan seseorang melalui email.

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat GPS

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat GPS
Tutorial Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat GPS

Ada beberapa pilihan cara mengetahui lokasi seseorang lewat GPS yang dapat kalian coba, di bawah ini :

1. Mengetahi Lokasi Seseorang Lewat GPS Melalui Situs Pelacak

Metode pertama untuk mengetahui lokasi keberadaan seseorang lewat GPS yaitu dengan memanfaatkan situs pelacak. Situs yang satu ini biasanya akan berjalan memakai bantuan GPS, sehingga GPS pada perangkat kalian harus diaktifkan ketika proses pelacakan berlangsung. Silahkan simak ulasannya berikut ini :

  • Kalian bisa mengaktifkan GPS di perangkat smartphone terlebih dahulu.
  • Aktifkan juga jaringan internet agar bisa mengakses pada salah satu situs rekomendasi ini.
  • Buka browser pada perangkat smartphone.
  • Setelah browser terbuka, masuk pada kolom pencarian situs, ketikkan webnya di alamat berikut : www.SAT-GPS-Tracker.com.
  • Pada halaman depan dari situs ini, klik menu ‘track a phone number here’.

  • Masukanlah nomor telepon yang akan kalian cari dengan menggunakan GPS. Isi nomor telepon pada kotak yang telah di sediakan.
  • Karena saat ini kalian sedang berada di Indonesia, jangan lupakan menggunakan kode negara +62 yang harus di tulis pada awal nomor telepon yang dituju dan tanpa menggunakan angka 0. Sebagai contoh : +6285221122114.
  • Jika sudah menuliskan nomor telepon yang akan di cari, kalian cukup klik ‘to search’ yang ada di halaman yang sama.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian berhasil.

2. Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat GPS Melalui Google Maps

Cara mengetahui lokasi seseorang lewat GPS yang kedua adalah dengan memakai Google Maps yang sudah terinstal pada perangkat hp smartphone. Adapun langkah-langkahnya yaitu :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Google Maps.
  • Setelah itu, masuk pada menu option. Di sana akan ada opsi lanjutan yaitu “Friend List” atau istilah lainnya adalah Daftar Teman. Tap pilihan tersebut.
  • Selanjutnya kalian bisa menambahkan daftar siapa saja yang ingin dimasukkan pada daftar teman tersebut, bisa keluarga, sahabat, teman kantor, atau mungkin pasangan hidup.
  • Jika sudah memilih siapa saja yang kalian tambahkan, selanjutnya orang tersebut akan menerima undangan persetujuan. Pada bagian ini, orang tersebut harus menerima undangan yang dikirimkan oleh kalian agar bisa dengan mudah melakukan pelacakan. Ciri dari menerima undangan adalah nomor hp sudah terdaftar pada daftar teman.
  • Selanjutnya, kalian tinggal memilih salah satu dari beberapa orang yang ada pada daftar teman untuk mulai melakukan pelacakan dengan menggunakan Google Maps melalui bantuan GPS.

3. Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat GPS Dengan HRL Lookup

HRL Lookup adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu seseorang ketika akan melacak keberadaan orang lain dengan menggunakan GPS. Ini merupakan aplikasi rekomendasi dari beebrapa aplikasi pilihan yang bisa kalian gunakan karena aplikasi ini menawarkan pengoperayang sederhana. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya di bawah ini :

  • Silahkan install terlebih dahulu aplikasi HRL Lookup yang bisa kalian dapatkan pada Google Play Store atau bisa juga didapatkan pada App Store bagi kalian pengguna iPhone.
  • Setelah aplikasinya terinstall pada perangkat, bukalah aplikasi tersebut dan jangan lupa klik izinkan semua jika aplikasi tersebut meminta perizinan.
  • Di halaman pertama, isilah pada kolom yang disediakan di mana kolom teresebut untuk mengisi nomor HP yang akan kalian lacak.
  • Jika sudah selesai mengisi nomor HP nya, klik tombol ‘check’.
  • Selanjutnya, akan muncul beberapa informasi mengenai data-data dari nomor hp yang dimasukkan sebelumnya. Adapun data-data yang dimaksudkan adalah meliputi data kota dan negara, provider yang digunakan, dan lain sebagainya.

Perlu kalian ketahui bahwa penggunaan aplikasi ini dimaksudkan untuk mendapatkan data dari nomor hp yang dimasukkan sebelumnya. Jadi untuk provider yang ditampilkan pada aplikasi tersebut merupakan data ketika nomor hp tersebut baru di daftarkan.

4. Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat GPS Menggunakan Aplikasi Whatsapp

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan populer yang banyak digunakan pengguna hp. Hal ini dikarenakan WhatsApp kini telah menjadi alat utama untuk melakukan komunikasi bersama banyak orang. Tentu saja baik untuk sekedar chatting, atau melakukan panggilan menggunakan aplikasi whatsapp.

Bukan hanya itu saja, kalian juga akan disuguhkan dengan beberapa fitur menarik dari aplikasi whatsapp, diantaranya bisa melacak seseorang ketika kalian sedang mencari orang tersebut di suatu tempat. Namun untuk menggunakan whatsapp, perlu adanya kerja sama dari orang yang kalian tuju untuk melacaknya.

Ada 2 cara jika ingin melacak seseorang melalui aplikasi whatsapp, yaitu berbagi lokasi terkini dan kirim lokasi Anda saat ini. Silahkan cek cara mengetahui lokasi seseorang lewat GPS menggunakan aplikasi WhatsApp berikut :

Metode 1 : Berbagi Lokasi Terkini

Sebelumnya, mintalah orang yang akan kalian cari untuk melakukan beberapa langkah di bawah ini :

  • Buka aplikasi Whatsapp, lalu masuk pada chat personal.
  • Silahkan klik ikon berbentuk klip, tepatnya berada di samping kanan bawah dekat kamera, itulah ikon files.
  • Setelah di klik, maka akan muncul beberapa opsi di sana, pilihlah opsi ‘Lokasi’.

  • Selanjutnya, pilih opsi Berbagi Lokasi Terkini.

  • Ada beberapa pilihan durasi yang bisa dipilih, ada yang 15 menit, 1 jam, dan ada juga yang 8 jam. Jika setelah melewati batas durasi yang telah ditentukan, maka berbagi lokasi akan berakhir.

  • Klik tombol kirim, jika sudah maka teman kalian telah menerima berbagi lokasi terkini.
  • Kalian yang mencari lokasi orang tersebut bisa langsung mencarinya dari Berbagi Lokasi Terkini yang orang lain share.

Metode 2 : Kirim Lokasi Anda Saat Ini

Cara mengetahui lokasi seseorang lewat GPS di Whatsapp selanjutnya yaitu dengan mengirim lokasi saat ini menggunakan fitur ‘Kirim Lokasi Anda Saat Ini’. Ini ulasannya  :

  • Dengan cara yang sama, masuk terlebih dahulu pada aplikasi perpesanan lalu masuk pada chat pribadi.
  • Selanjutnya masuk pada ikon ‘Files’ dan pastikan untuk memilih opsi Lokasi.
  • Di halaman lokasi, pilih Kirim Lokasi Anda Saat Ini.

  • Seketika itu, kalian yang mencari orang tersebut bisa langsung diketahui di mana lokasi berada.

Demikian ulasan tentang cara mengetahui lokasi seseorang lewat GPS baik menggunakan Google Maps, aplikasi maupun WhatsApp. Semoga bermanfaat!

Related posts