Cara Membuka File BIN

Cara Membuka File BIN

Tahukah kalian bagaimana cara membuka file BIN? Ya, format file BIN Sebenarnya merupakan cara lama sekaligus sudah ketinggalan zaman jika dipakai dalam penyimpanan data. Bisa dibilang bahwa file BIN ini merupakan file Biner, artiya tidak bisa dibaca oleh perangkat atau program yang membutuhkan format teks, baik .pdf maupun .doc.

Apa itu File .bin ?

Bin merupakan format file yang berjenis berkas lama yang didalamnya mengandung seluruh informasi yang berasal dari CD maupun DVD. Kegunaannya tentu saja untuk menyimpan berkas yang ada di dalamnya.

Bin merupakan file biner yang merupakan salinan byte dari file aslinya. Biasanya sistem yang ada di dalamnya berisi sebuah angka-angka biner untuk menghubungkan berbagai macam file baik itu foto, video, software, maupun program yang seringkali di kompilasi menjadi satu kesatuan.

Dengan demikian, kalian tidak akan bisa membuka file bin begitu saja, termauk jika menggunakan laptop sebagai perangkat untuk membuka file bin.

Cara Membuka File BIN

Cara Membuka File BIN
Tutorial Membuka File BIN

Cara Membuka File BIN di Android

Bagi pengguna android, untuk membuka file BIN di smartphone android ada beberapa metode yang disarankan yakni:

Metode 1: Tanpa Aplikasi

Bisa dilakukan tanpa aplikasi sekalipun, langkah-langkahnya:

  • Langkah awal, masuk ke File Manager atau File Saya di penyimpanan android kamu
  • Lalu, cari file dengan akhiran .bin yang akan diganti formatnya
  • Setelah ketemu, tap/tekan tahan hingga muncul menu baru lanjut pilih menu Rename atau Ganti nama

  • Selanjutnya ubah format BIN tadi sesuai dengan jenis file
  • Misalnya file kalian adalah sebuah video, maka ubah formatnya menjadi Mp4. Sedangkan jika file adalah sebuah dokumen, ubah format menjadi Txt atau docx
    Contoh: wigatos.bin diganti menjadi wigatos.mp4
  • Setelah itu, tekan Save
  • Terakhir, buka file yang sudah diganti tadi.

Metode 2: Dengan Aplikasi

Bisa juga pakai aplikasi tambahan, dan ada 2 aplikasi yang bisa dipakai yaitu ZArchiver dan QuickEdit. Begini langkahnya:

Menggunakan ZArchiver

Langkah-langkahnya:

  • Download dulu, aplikasi ZArchiver di Google Play Store
  • Buka dan jalankan aplikasi ZArchiver, jika meminta ijin akses file maka ijinkan saja
  • Setelah aplikasi terbuka, cari file .bin
  • Setelah ketemu, Ekstrak file .bin tersebut ke folder yang diinginkan
  • Setelah berhasil terekstrak, kamu bisa langsung membuka file .bin tersebut

Cara Membuka File BIN di PC/Laptop

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan jika ingin membuka file bin pada perangkat laptop. Silahkan simak tutorial cara membuka file BIN berikut ini :

Metode 1: Ubah File Eksensi BIN ke ISO Memakai Software PowerISO

Cara membuka file BIN selanjutnya adalah dengan mengubah file ekstensi BIN ke ISO dnegan software PowerISO. PowerISO merupakan salah satu software yang berfungsi sebagai kandar virtual yang bisa menirukan kandar optik fisik yang terpasang pada laptop atau komputer.

Dengan menggunakan PowerISO, memungkinkan kalian untuk memasukkan berkas ke dalamnya terutama file bin untuk dirubah menjadi ISO sehingga bisa dibuka dengan mudah berkas yang ada di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya di bawah ini :

  • Download terlebih dahulu PowerISO agar bisa di install di perangkat laptop kalian.
  • Pastikan jika file BIN dan CUE sudah berada di folder yang sama, bagi yang tidak ada file CUE pada folder yang telah kalian siapkan, lebih baik membuat file CUE terlebih dahulu sebelum melanjutkan.
  • Untuk membuatnya, silakan ikuti cara-cara yang sudah di terangkan pada bagian pertama di pembahasan ini.
  • Pada halaman utama aplikasi PowerISO, silakan klik Open yang ada di deretan menu utama lalu pilihlah file BIN yang akan kalian buka.
  • Nantinya file BIN tersebut bisa berhasil terbaca pada aplikasi PowerISO, yang didalamnya terdapat berkas-berkas sesuai dengan isi dari file bin tersebut.
  • Silakan untuk mengekstraknya dengan klik tombol Extract lalu pilih direktori folder yang kalian inginkan.
  • Bagi kalian yang ingin menjadikan file bin menjadi ISO, silakan klik Add lalu ubahlah menjadi file ISO agar bisa dimasukkan ke dalam cd maupun dvd.
  • Apabila file bin sudah berhasil di ubah menjadi ISO. Masuklah pada explorer lalu pilih kandar virtual dari PowerISO untuk mencoba file bin tersebut.
  • Jika sudah berhasil dimasukkan pada kandar virtual tersebut, jika sudah berhasil di buka, maka berkas di dalamnya bisa langsung di gunakan sebagaimana mestinya.

Sekedar informasi bahwa PowerISO terdiri dari 2 pilihan lisensi, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Tentunya yang berbayar lebih banyak fitur di dalamnya yang bisa dibuka ketimbang versi gratisannya.

Metode 2: Memakai Software Nero Burning ROM

Bagaimanapun, setelah mengubah file BIN ke bentuk file ISO, maka berkas yang tersedia di dalamnya dapat dibuka dengan mudah. Kalian nantinya dapat memakai software tambahan seperti PowerISO atau berbagai software serupa yang tersebar di internet.

Untuk memulainya, simak cara membuka file BIN dengan software Nero Burning ROM berikut :

Langkah 1. Temukan File BIN

Temukan terlebih dahulu file BIN yang ada pada explore. Caranya, klik kanan di ikon menu, lalu pilih menu File Explorer.

Langkah 2. Masuk ke Explorer

Setelah masuk pada explorer, silakan cari file yang berbentuk BIN pada folder penyimpanan.

Langkah 3. Buat Folder Baru

Agar lebih rapi ketika mengubah file BIN ke ISO, lebih baik membuat folder baru untuk menyimpan file tersebut. Jika ingin melakukan burning file BIN ke CD maupun ke DVD, maka yang diperlukan adalah harus ada berkas CUE yang selalu berdampingan dengan file BIN. Silakan cari berkas CUE pada folder sebelumnya.

Langkah 4. Buat Berkas CUE Memakai Notepad

Namun, jika ternyata berkas CUE tidak ada, silakan untuk membuat sendiri berkas CUE yang cukup mudah dilakukan yaitu dengan menggunakan notepad. Buka terlebih dahulu notepad dengan masuk pada menu start lalu cari aplikasi notepad.

Langkah 5. Ketikkan Format File BINARY

Setelah terbuka aplikasinya, silahkan ketikkan format teks berikut beserta barisnya harus sama dengan tulisan ini (silakan copy paste ke notepad yang sudah disiapkan).

  • FILE ‘filename.bin” BINARY
  • TRACK 01 MODE1/2352
  • INDEX 01 00:00:00

Langkah 6. Ganti Filename.Bin

Setelah di paste kan tulisan di atas, selanjutnya gantilah filename.bin menjadi nama sesuai dengan file BIN yang akan dilakukan burning ke file ISO. Ingat, jangan hapus tanda kutipnya.

Langkah 7. Simpan Berkas CUE

Setelah itu, silakan untuk menyimpan berkas CUE tersebut pada folder yang sama dengan file BIN yang akan kalian bakar. Cara menyimpannya adalah dengan mengklik menu File, lalu Save As, di bawahnya klik ‘Save as Type’ dan terakhir tinggal pilih ‘All Files’. Silakan berikan file ekstensi .cue pada berkas yang telah dibuat pada notepad.

Langkah 8. Buka Software Khusus Burning File BIN

Langkah berikutnya yaitu membuka software khusus untuk membakar file BIN tersebut. Adapun software yang biasa di gunakan untuk membakar file bin bisa menggunakan Alcohol 120 %, CDRWIN, dan Nero Burning ROM. Silakan pilih salah satu dari ketiga software rekomendasi tersebut.

Langkah 9. Muat Berkas Citra

Selanjutnya adalah memuat berkas citra dengan target file yaitu file yang berkestensi CUE maupun BIN. Sebagai contoh di sini menggunakan software nero burning ROM.

Langkah 10. Bakar File BIN

Setelah software Nero Burning ROM telah di install di perangkat laptop, langkah berikutnya yaitu tinggal membakar file bin. Caranya adalah klik menu sebelah kiri ‘CD Image’ lalu pada tab di sebelah kanannya klik ‘Burn’.

Langkah 11. Masukkan Berkas File BIN

Masukan berkas file binnya, lalu di bagian bawah ada tulisan ‘Burn’. Silakan klik tombol bertuliskan burn tersebut. Lamanya waktu pembakaran tergantung dari ukuran file binnya. Jika cukup besar di atas 1 GB, maka proses pembakaran akan cukup lama.

Langkah 12. Uji Coba Memakai Software Lain

Apabila telah selesai membakar file bin nya, silakan untuk mulai mengujinya dengan menggunakan software lainnya seperti PowerISO atau bisa juga langsung dengan menggunakan CD/DVD pada laptop.

Metode 3: Memakai Aplikasi Daemon Tools

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Daemon Tools adalah aplikasi untuk melakukan berbagai aktivitas seperti burning, mounting, membuka berbagai file seperti bin, ISO, maupun cue. Berikut cara membuka file BIN dengan aplikasi Daemon Tools :

  • Silakan install terlebih dahulu aplikasi Daemon Tools.
  • Setelah itu, pada jendela utama aplikasi ini, pilihlah opsi ‘Image Editor’ dan pilihlah file bin nya.
  • Dengan begitu akan otomatis berkas di dalamnya akan terbuka pada jendela berikutnya.
  • Silakan ektract ke folder yang kalian inginkan.

Metode 4: Menggunakan TUGZip

Masih ada metode lain untuk membuka file BIN di laptop atau PC, yakni pakai aplikasi TUGZip. Dan langsung saja ke langkah-langkahnya:

  • Download dulu aplikasinya melalui web resmi di http://www.tugzip.com/downloads/
  • Setelah terdownload, buka dan jalankan File Explorer
  • Cari file .bin atau .lzh yang ingin dibuka
  • Setelah ketemu, klik kanan pada file tersebut
  • Pilih dan klik Open with TUGZip
  • Lalu, klik Extract
  • Setelah berhasil ter-extract, maka kamu bisa langsung membuka file nya.

Dengan 3 pilihan cara membuka file BIN di atas, kalian bisa memilih salah satu tutorialnya yang paling mudah dilakukan. Semoga membantu!

 

Related posts