Cara Memverifikasi Email

Apa itu verifikasi email? Apa fungsinya sehingga email harus di verifikasi baik sebelum digunakan atau ganti perangkat? Bagaimana cara verifikasi email yang benar? Atau bagaimana jadinya jika tidak melakukan verifikasi email? Semua pertanyaan kalian akan langsung dijawab lewat pembahasan cara memverifikasi email disini!

Apa Itu Verifikasi Email?

Setiap kali menggunakan email, pada kondisi tertentu kalian diharuskan melakukan verifikasi email, hal ini bertujuan bahwa email yang digunakan merupakan email valid milik sendiri. Dengan kata lain, verifikasi difungsikan sebagai langkah keamanan akun kalian.

Read More

Melalui verifikasi, maka kalian harus membuka email yang berisi link, kemudian memasukkan kode verifikasi. Jika itu berhasil, maka proses verifikasi telah selesai dan email sepenuhnya bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Tujuan verifikasi email tentunya sebagai salah satu cara untuk menghindari penyalahgunaan alamat email yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Contoh kasus penyalahgunaan email salah satunya adalah, email kalian bisa saja dipakai untuk mendaftar ke sebuah situs tertentu atau untuk hal-hal lainnya yang tidak bertanggung jawab. Selanjutnya, kalian selaku pemilik email tersebut, akan langsung menerima email masuk dari situs tersebut yang tentunya dapat mengganggu.

Meskipun kalian akan menemukan opsi spam di email, untuk menampung kiriman pesan elektronik dari alamat yang tidak jelas, namun tetap saja hal tersebut mengganggu pemilik emal. Karena ujung-ujungnya yaitu melanggar privasi orang lain.

Pendaftaran Ke Situs Yang Di Perbaharui

Memang tidak semua situs menggunakan sistem verifikasi jika ada seseorang yang ingin mendaftar di sebuah situs. Akan tetapi kebanyakan kini situs-situs yang menawarkan sesuatu pada orang lain lewat pendaftaran via online, biasanya mengharuskan proses verifikasi.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Gmail

Dengan begitu, kalian yang akan mendaftar akan merasa aman dan nyaman. Terlebih jika ada orang yang tidak bertanggung jawab mendaftar di situs dengan sistem keamanan verifikasi. Sehingga mereka tidak akan bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, karena hanya bisa menyalahgunakan email saja tanpa tahu password dari email tersebut.

Bagi kalian yang ingin mendaftar di sebuah situs, maka pastikanlah situs tersebut merupakan situs valid yang dipercaya dan memiliki sistem verifikasi untuk keamanannya.

Saat ini bahkan sebuah situs web sudah memaksimalkan tingkat keamanan mereka, dengan tidak semua pihak bisa sembarangan memasukkan email untuk pendaftaran. Sebab adanya ancaman terhadap pihak peretas yang menyalahgunakan email seseorang, sehingga tidak bisa lagi mengakses situs tersebut dengan leluasa.

Bahkan kini tahapan verifikasi tidak hanya mengharuskan kalian melakukan verifikasi email, tetapi juga dapat memanfaatkan verfikasi ganda, misalnya dengan memakai nomor WhatsApp, hingga dapat memakai Google Authenticator. Fitur ini memungkinkan hanya pemiliknya saja yang dapat mengakses situs atau platform tertentu.

Jika dilihat penjelasan di atas, maka sudah tentu verifikasi email adalah syarat wajib untuk memastikan bahwa yang bersangkutan merupakan pemilik email asli. Tentu saja, di samping verifikasi lanjutan untuk standar keamanan ganda.

Cara Memverifikasi Email

Cara Memverifikasi Email
Memverifikasi Email

Cara memverifikasi email bisa kalian lakukan baik menggunakan hp ataupun dengan menggunakan laptop/PC. Mengingat saat ini kebanyakan orang lebih menyukai menggunakan perangkat ponsel untuk berbagai aktivitas, maka di bawah ini kami akan membagikan tahapan verifikasi email melalui hp smartphone yang berbasis android atau iPhone.

Proses verifikasi email pada kedua perangkat ini memangtidak jauh berbeda, sebab email merupakan salah satu produk dari penyedia layanan seperti Google. Dengan kata lain, setiap kali mengakses email tersebut maka tampilannya akan tetap sama. Untuk lebih jelasnya, berikut cara memverifikasi email gmail :

Terkait:  Cara Verifikasi No Hp di Tokopedia

1. Masuk ke Gmail

Langkah pertama, kalian bisa langsung masuk pada aplikasi gmail. Atau jika ingin langsung melakukan verifikasi email di sebuah aplikasi yang telah terintegrasi dengan layanan gmail, kalian bisa a menggunakan browser Google Chrome.

2. Masuk pada pengelola akun

Cara memverifikasi email selanjutnya adalah masuklah pada menu ‘Kelola Akun Google Anda’ yang berada di menu settings. Caranya yaitu klik ikon settings yang berada di sebelah kanan atas, lalu nanti akan muncul beberapa settings mengenai pengelolaan akun. Jika sudah, selanjutnya tinggal masuk ke tab ‘Info Pribadi’.

3. Masukan Nomor Hp Untuk Verifikasi

Pada tahapan ini, kalian harus memasukkan nomor hp sebagai tahap lanjutan untuk verifikasi email. Caranya adalah klik opsi ‘nomor telepon’ lalu masukanlah nomor telepon aktif yang sering kalian pakai.

Di sebelah pinggir kolom nomor, kalian akan menemukan ikon bendera yang menandakan kode negara. Sebaiknya jangan mengubah ikon tersebut, biarkan apa adanya karena sudah secara otomatis sistem mendeteksi bahwa kalian sedang mengakses Google Mail di Negara Indonesia.

Untuk memasukkan nomor telepon yang aktif, mulai dari angka 0 dilanjut dengan angka lainnya. Jangan menambahkan kode negara lgi seperti +62 karena sudah secara otomatis terdeteksi.

4. Masukkan Kode Verifikasi

Langkah cara memverifikasi email selanjutnya, klik lanjutkan dan tunggulah beberapa saat hingga ada notifikasi yang akan muncul pada pesan masuk yang menginfokan kode verifikasi. Tulislah kode verifikasi tersebut ke dalam kolom yang sudah tersedia.

Jika sudah mengisi, konfirmasilah kode verifikasi tersebut hingga selesai. Dengan begitu, pihak Google telah menerima data yang kalian isikan. Tujuannya untuk verifikasi bahwa alamat email dan juga nomor hp yang sudah di masukan tadi merupakan milik kalian. Dengan begitu, akan terus terhubung ketika kalian membuka atau mendaftar sebuah website.

Terkait:  Cara Keluar dari Akun Google

Itulah cara memverifikasi email praktis dan mudah, jika kalian menggunakan Google Mail sebagai email utamanya. Jika seandainya kalian menggunakan alamat email lainnya selain produk dari Google, kurang lebih langkahnya sama.

Namun yang paling penting adalah harus ada nomor hp aktif agar proses verifikasi bisa berhasil dengan sistem keamanan ganda yang melindungi email kalian dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Memulihkan Akun Email

Tujuan dari pemulihan akun email adalah untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu pada alamat email kalian yang digunakan untuk hal-hal penting. Cara pemulihan akun email bisa menggunakan dengan menambahkan nomor lainnya, nomor hp yang ditambahkan tersebut dinamakan dengan nomor pemulihan.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai pemulihan akun email di bawah ini :

  • Langkah pertama, silakan masuk terlebih dahulu pada bagian ‘Kelola Akun Google Anda’
  • Langkah selanjutnya, pilih tab keamanan dan silakan scroll ke bagian bawah hingga kalian menemukan nomor telepon untuk pemulihan email.
  • Tambahkanlah nomor pemulihan yang selalu aktif lalu masukanlah password email agar bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya.
  • Setelah mengisi nomor pemulihan, klik selanjutnya lalu tunggu beberapa saat hingga ada notifikasi pada nomor yang dimaksud mengenai kode untuk verifikasi.
  • Tuliskan kode tersebut lalu dengan begitu telah selesai menambahkan nomor hp untuk pemulihan email.

Cara ini sangat mudah dilakukan dan tentunya bisa digunakan jika suatu saat email yang kalian gunakan lupa password atau bahkan nomor hp utama tidak aktif karena alasan tertentu. Jadi untuk bisa mengaktifkannya kembali, bisa menggunakan nomor pemulihan yang telah dimasukkan sebelumnya.

Demikian cara memverifikasi email yang kalian miliki berikut mengenai cara pemulihan akun email dengan menggunakan nomor pemulihan.

 

Related posts