Cara Membuat IGTV

Cara membuat IGTV sangat penting diketahui oleh para pebisnis. Karena seringkali IGTV digunakan sebagai salah satu media untuk promosi produk atau bisnis. Selain itu, IGTV menawarkan keuntungan dengan durasi video lebih lama jika dibandingkan video yang diunggah dalam format post IG serta tentu saja memiliki budget rendah.

Tentang Fitur IGTV

IGTV merupakan salah satu fitur yang sudah ditawarkan pihak Instagram untuk mempermudah para penggunanya mengupload video berdurasi panjang. Pada fitur posting Instagram biasa, umumnya video dapat diupload hanya 1 menit saja, sementara fitur Instastory sendiri hanya berlangsung 15 menit.

Read More

Namun dengan menggunakan IGTV, maka kalian bisa mengunggah video dengan durasi sekitar 1-15  menit. Menariknya lagi, untuk akun Instagram yang sudah terverifikasi Instagram kalian dapat mengunggah video berdurasi sampai 1 jam.

Cara Membuat IGTV

Cara Membuat IGTV
Tutorial Membuat IGTV

Tutorial Membuat IGTV Mudah

Sebenarnya cara membuat IGTV dapat dilakukan dengan mudah, namun bagi kalian yang baru pertama kali mau membuatnya, cukup mengikuti step by step berikut :

1. Harus Menggunakan Instagram Bisnis

IG bisnis biasanya menawarkan berbagai macam fitur menarik seperti Instagram Ads, Instagram Insight, kategori bisnis, kontak, dan tombol email.

2. Buat Video IG

Cara membuat IGTV selanjutnya adalah langsung membat video sesuai aturan. Ada beberapa aturan untuk membuat IGTV, berikut diantaranya :

  • Video yang dibuat harus berdurasi antara 1-60 menit.
  • Format video untuk IGTV adalah berformat MP4.
  • Rasio untuk video vertikal adalah 9:16.
  • Rasio video horizontal adalah 16:9.
  • Video memiliki resolusi minimal sebesar 720 pixel.
  • Memiliki minimal frame rate 30 fps.
  • Video maksimal berkapasitas 3,6GB dengan durasi selama kurang dari 60 menit.
  • Maksimal video 650MB untuk durasi selama kurang dari 10 menit.
Terkait:  Cara Melihat Stalker Instagram

Di samping itu, kalian juga harus memperhatikan beberapa cara membuat IGTV di bawah ini :

  • Video yang diupload durasinya tidak terlalu lama dan juga terlalu cepat.
  • Konten video yang dihasikannya mampu menarik penonton.
  • Untuk pemilihan rasio konten video dapat disesuaikan kebutuhan.
  • Video vertikal direkomendasikan dalam live IGTV, wawancara bersama pembicara, review produk, dan lainnya.
  • Sementara untuk video horizontal dapat dipakai dalam dedicated video, diantaranya seperti video anniversary, promosi, iklan dan lainnya.
  • Supaya loading video menjadi lebih singkat, maka kalian bisa menmastikannya lebih dulu supaya besarannya tidak melebihi kapasitas megabyte yang telah direkomendasikan.

3. Unggah Video IGTV

Cara membuat IGTV berikutnya, kalian dapat mengunggah video IGTV dengan tahapan lanngkah di bawah ini :

  • Tekan ikon + tepat di tengah-tengah footer bar pada akun IG kaian.
  • Silahkan pilih video untuk diupload sebagai IGTV, lalu tekan tanda panah yang berwarna biru di samping kanan bagian atas.
  • Pilih long video, lalu tekan continue.
  • Selanjutnya kalian bisa memilih foto untuk dijadikan thumbnail atau sampul di video IGTV kalian.
  • Tekan add from gallery untuk memilih foto, bisa juga klik next apabila kalian mau menjadikannya sebagai cover video.
  • Silahkan pilih cover sesuai keinginan, sellanjutnya preview dalam cover IGTV kini bisa dilihat. Dalam langkah ini, kalian bisa menyesuaikan cover sesuai keinginan.
  • Setelah sesuai, tekan next.
  • Selanjutnya isikan deskripsi dan judul IGTV. Selanjutnya kalian bisa menambahkan hashtag pada bagian deskripsi. Jika sudah, kalian bisa menambahkan hashtag pada bagian deskripsi. Lalu tekan post.

Pentingnya IGTV Untuk Bisnis

Setelah memahami cara membuat IGTV, kalian juga perlu tahu bahwa IGTV bisa meningkatkan strategi marketing di Instagram. Ini dia pentingnya menggunakan IGTV untuk bisnis :

Terkait:  Cara Upload Video di Instagram

1. Dapat Membangun Komunitas Customer

Melalui IGTV, kalian bisa memiliki kesempatan untuk memperoleh audiens, karenanya bisa membantu untuk mengembangkan bisnis kalian. Tidak hanya membantu menjalin hubungan yang baik bersama pelanggan, tetapi IGTV juga berguna untuk meningkatkan loyalitas dan kepercayaan customer, dapat menaikkan brand awareness, hingga bisa menerima saran atau masukkan dari customer untuk bisnis kalian.

2. Dapat Meningkatkan Penjualan

Untuk pebisnis, tujuan utama dalam berbisnis adalah meningkatkan target penjualan. Oleh karena itu, melalui siaran yang ditayangkan di IGTV bisa membantu membuat customer kalian lebih mempercayai usaha kalian sekaligus masuk ke dalam tahap pembelian.

Adapun cara yang bisa kalian lakukan yaitu dengan menciptakan konten promosi secara lebih spesifik, misalnya seperti tuorial, demo produk, review produk, dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, untuk membuat konten promosi harus ada unsur ajakan supaya konsumen merasa lebih yakin membeli produk maupun memesan layanan kalian.

3. Meningkatkan Engagement Bersama Konsumen

Engagement atau ikatan adalah interaksi konsumen pada sebuah produk atau brand. Engagement sebenarnya penting sekali untuk dibangun supaya bisa membangun hubungan dengan baik bersama calon konsumen kalian.

Adapun cara yang dapat kalian lakukan yaitu dengan membuat behind the scene pembuatan produk, konten edukasi, berdiskusi bersama para ahli, hingga bisa memberikan beberapa tips bermanfaat lainnya bagi calon pemmbeli.

4. Dapat Mengembangkan Branding

Melalui IGTV tentu saja memungkinkan kalian bisa lebih berkreasi ketika membuat video pormosi, berupa penentuan topik konten video maupun aspek pendukung yang lainnya. Biasanya hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan berbagai pesan branding. Seperti menampilkan kelebihan produk, melakukan promosi, memperkenalkan bisnis maupun promosi perusahaan kalian dan lainnya.

Terkait:  Cara Melihat Kunjungan Profil Instagram

Sehingga kalian bisa mengemas konten untuk branding bisnis lewat cannel maupun IGTV di IG kalian.

5. IGTV Bisa Dipakai Untuk Melakukan Cross Promotion

Tidak hanya memiliki manfaat di atas, IGTV juga bisa membantu cross promotion menuju media sosial yang lainnya. Misalnya, kalian bisa mengarahkan audiens ke IGTV kalian menuju website, melakukan subscribe kanal Youtube, hingga ajakan menjalankan event yang diselenggarakan.

Dengan begitu, aktivitas promosi menjadi semakin maksimal.

Tips Membuat IGTV Menarik

Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk membuat IGTV yang dapat menarik minat pembeli, berikut ini :

1. Membuat Minat Visual Dengan Kuat

Dengan rasio IGTV penuh 16:9. maka ini artinya dapat memenuhi semua panjang layar hp yang kalian pakai. Asalkan akun IG kalian telah terverifikasi, mempunyai 10 ribu lebih followers IG, serta telah diatur menggunakan mode IG bisnis, sehingga video IGTV kalian dapat tayang sampai 60 menit.

Melalui rasio penuh pada IGTV, kalian dapat meminimalisir gangguan karenanya tidak akan ada distraksi yang dapat mengalihkan audiens ketika menonton video kalian. Sehingga bisa membuat kalian lebih fokus terhadap apa yang kalian tayangkan.

2. Buat Thumbnail Pada IGTV

Membuat gambar kecil atau mini, seperti thumbnail IGTV bisa menambah keterlibatan calon pelanggan. IGTV memungkinkan para pengguna dapat mengunggah foto maupun memakai bidikan pada video untuk dijadikan sebagai thumbnail. Sebaiknya setiap video IGTV yang kalian unggah mempunyai thumbnail, tujuannya untuk memberikan sedikit gambaran atau kisi-kisi singkat. Kalian harus membuat thumbnail yang sedemikian rupa agar bisa mengundang penasaran audiens agar melakukan kklik, kemudian menonton tayangan.

Itulah beberapa langkah cara membuat IGTV menarik untuk mengundang minat pelanggan agar bisnis kalian lebih dikenal sekaligus dapat meningkatkan penjualan.

 

Related posts